7 Tempat Wisata Di Palembang Yang Wajib Dikunjungi

by novput


Kota Palembang adalah kota terbesar kedua yang ada di Sumatera setelah Kota Medan. Selain memiliki keanekaragaman budaya dan kuliner, kota ini juga memiliki banyak spot wisata yang menarik untuk dikunjungi jika sedang berlibur di kota ini.
Berikut ulasan beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Kota Palembang:


1. Jembatan Ampera Dan Sungai Musi


Belum lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Kota Palembang tetapi tidak mampir ke Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang. Jembatan yang membentang sepanjang 1.177meter ini menghubungkan antara daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang ditengahnya terdapat sungai musi.

Menikmati keindahan jembatan ampera yang dihiasi oleh lampu-lampu sambal menikmati kudapan khas Kota Palembang yang dijajakan oleh para pedagang bisa menjadi pilihan yang cocok untuk menghabiskan liburan anda bersama keluarga.

2. Pulau Kemaro



Pulau Kemaro menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Kota Palembang. Ada banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang kesini. Di lokasi ini terdapat vihara yang dapat dikunjungi khususnya untuk wisatawan yang beragama Budha. Disana terdapat agoda yang berjumlah 9 lantai dan dibangun pada tahun 2006 silam. Lokasi Pulau Kemaro ini berada di Sei Selayur, Kalidoni 1 ilir dan jaraknya5km dari pusat kota.

3. Museum Negeri Balaputra Dewa



Jika anda sedang berlibur ke Palembang tidak ada salahnya mampir ke Museum Balaputra Dewa ini, karena di museum ini menyimpan banyak koleksi benda bersejarah bekas peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darussalam contohnya seperti prasasti,artefak,perahu lesung dan kemudi kapal.
Salah satu koleksi terbaru museum ini adalah kapal yang terbuat dari kayu ulin yang memiliki bobot sekitar 4ton dengan panjang 7,8meter dan lebar 50cm ditemukan di sekitar Sungai Musi yang merupakan peninggalan dari zaman Kerajaan Sriwijaya. Saat ini Museum Balaputra Dewa memiliki koleksi sekitar 8.800 mulai dari zaman pra-sejarah, zaman Kerajaan Sriwijaya- zaman kolonial Belanda.

4. Tangga 2001 – Pagar Alam



Tangga 2001 merupakan sebuah Monumen di Pagar Alam yang resmi berdiri menjadi sebuah kota. Spot-spot foto yang menarik bisa diambil dengan latar Gunung Gare.
Untuk menuju lokasi hanya memakan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Pagar Alam. Sejuknya hawa pegunungan mewajibkan Anda memakai jaket bila berkunjung kesini.
Selain dapat menikmati pemandangannya, disana juga tersedia wahana seperti flying fox serta area Outbound. Fasilitas umum seperti masjid,kantin dan toilet juga tersedia disana.

5. Tugu Belido



Tugu Belido yang berlokasi di tepi Sungai Musi dan berhadapan langsung kea rah Jembatan Ampera menjadi salah satu tempat spot berfoto yang menarik bagi wisatawan. Tugu ini dijadikan ikon baru wisata kota Palembang, ikan Belido sendiri adalah ikan yang dulunya banyak ditemukan di Sungai Musi akan tetapi sekarang ikan ini sudah mulai langka.


6. Bayt Al-Quran Raksasa



Wisata religi Bayt Al Qur’an Raksasa yang berada di Gandus,Palembang ini sering dikunjungi oleh para wisatawan. Disana terdapat Al Quran raksasa yang menyita perhatian pengunjung yang datang. Setiap lembar dari Al Quran ini terbuat dari lembaran kayu trembisi dan setiap ayatnya yang dipahat.

7. Benteng Kuto Besak



Benteng Kuto Besak adalah bangunan peninggalan sejarah Keraton Kesultanan Palembang Sultan Mahmud Badaruddin I. Benteng ini dibangun sebagai simbol kesultanan sekaligus sebagai benteng pertahanan dari kolonial Belanda. Benteng ini juga menjadi salah satu wisata favorit para wisatawan lokal dan mancanegara.
Benteng ini dibuka 24jam dan tiket masuknya hanya berkisar Rp 5.000,-

Leave a Comment