Destinasi Wisata Terbaik Di Bangka Belitung

by novput


Kepulauan Bangka Belitung adalah provinsi yang terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung.Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya adalah bagian dari Sumatera Selatan. Pulau Bangka Belitung juga merupakan Pulau terbesar kesembilan di Indonesia. Pulau bangka juga memiliki banyak destinasi pantai yang menakjubkan, karena pantainya yang masih alami dan jauh pula dari keramaian sehingga cocok sebagai tempat untuk melepas rasa penat, selain itu pulau pantai di Pulau bangka juga memiliki Danau kaolin Danau yang merupakan bekas galian tambang timah yang memiliki warna biru yang sangat indah. Selain itu, Pulau Bangka juga menyimpan destinasi wisata yang tak kalah indah.

Berikut destinasi wisata di Pulau Bangka Belitung :

  • Danau Kaolin

  • Pantai Tanjung Tinggi

  • Pulau Lengkuas

  • replika SD Muhamadiyah Gantong (Sekolah Laskar Pelangi)

  • museum Kata Andrea Hinata

    1. Danau Kaolin

Danau kaolin adalah danau yang memiliki daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala, Danau ini berbeda dengan Danau Kawah Putih Ciwidey yang sarat dengan bau belerang yang menyengat, karena Danau ini adalah Danau yang terbentuk dari bekas sebuah penambangan Kaolin yang telah di tinggalkan dan alam yang menyempurnakan keindahannya. Untuk airnya pun tergolong aman, maka tak jarang para wisatawan yang berkunjung bisa bermain menikmati segarnya air Danau Kaolin.

Harga Tiket & Jam Buka Danau :

  • Rp 10.000,-/org (Weekday & Weekend

  • Hari & Jam Buka :

Senin – jumat (07.30 WIB – 18.00 WIB)

2. PULAU LENGKUAS

Pulau Lengkuas merupakan sebuah pulau di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang letaknya di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Pulau yang mengelilingi Pulau Belitung ini memiliki daya tarik yaitu sebuah Mercusuar tua yang di bangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882, dan sampai saat ini mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal yang keluar masuk Pulau Belitung.

Di Pulau Lengkuas ini juga adalah Pulau yang menjadi tujuan untuk snorkling para wisatawan.

3. SEKOLAH LASKAR PELANGI

SD Laskar Pelangi merupakan jejak tertinggal dari film Laskar Pelangi. Di film tersebut didasarkan kisah novel dengan judul yang sama dengan karya Andrea Hirata. Cerita yang tertinggal di SD Laskar Pelangi tetap menjadi tempat wisata menarik di Belitung, dan hal ini tak lepas dari budaya dan nilai Pendidikan yang diangkat begitu kental, maka tak heran jika banyak kisah yang melekat dan membuat para wisatawan lokal selalu menyempatkan diri untuk datang ke tempat ini jika sedang berlibur ke Bangka Belitung dan ingin melihat secara langsung dimana anak-anak Laskar Pelangi belajar.

4. Museum Kata Andrea Hinata

Selain wisata bahari nya yang menawan, Bangka Belitung juga mempunya wisata yang menarik bagi pecinta sastra. Museum Kata berlokasi di Jalan Laskar Pelangi No.7 Gantong, Belitung Timur, Kep.Bangka Belitung 33516. Museum Kata akan membuat para pengunjung merasakan suasana seperti di dalam novel Laskar Pelangi. Di dalam museum juga terdapat banyak koleksi milik Andrea Hinata yang dapat kalian lihat dan baca.
Mirip dengan novelnya Laskar Pelangi, di dalam museum ini kita seakan diajak untuk tidak takut bermimpi. Seperti yang diungkapkan oleh Andrea Hinata “Bermimpilah,karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu”


Jam Buka Museum mulai dari pukul 09.30 – 17.00
Harga Tiket Rp 2,000,-

Leave a Comment