4 Desa Wisata Indonesia Yang Mendunia

by novput

Indonesia dikenal kaya akan destinasi wisatanya. Berkat kekayaan alam,suku,tradisi dan adat istiadat daerah setempat serta meraih penghargaan membuat Indonesia berhasil dikenal oleh dunia. Selain kaya akan destinasi wisata bahari nya, desa-desa di Indonesia juga bisa dijadikan alternatif wisata lain jika jenuh dengan objek wisata yang itu-itu saja. Baru-baru ini terdapat empat desa wisata yang masuk dalam Top 100 Destinasi Wisata Berkelanjutan.

Program ini merupakan penghargaan program tahunan Green Destination Foundation yang tujuannya untuk memamerkan destinasi wisata di seluruh dunia. Penasaran? Berikut beberapa ulasannya.

1.Desa Wisata Panglipuran – Bali

image credit @raranoes

Banyak yang tidak tahu akan salah satu keindahan desa wisata di Bali ini. Desa Adat Panglipuran Bali ini di dominasi oleh wisatawan Mancanegara. Semenjak menjadi tempat shooting televisi minat wisatawan domestic untuk mengunjung desa ini semakin tinggi.

image credit @erwingunawanss

Bagi pengunjung yang belum pernah berkunjung ke Desa Wisata Panglipurna ini disarankan agar menyewa rental mobil untuk sampai ke lokasi karena untuk menghindari tersesat dijalan karena sampai saat ini belum ada transportasi umum untuk sampai ke desa wisata ini.

  • Tiket Masuk Wisatawan Domestik

Dewasa Rp 15.000,-/org
Anak-anak Rp 10.000,-/org

  • Tiket Masuk Wisatawan Asing

Dewasa Rp 30.000,-/org
Anak-anak Rp 25.000,-/org

Jam Buka : 24jam
*untuk hari Jum’at buka jam 08.00-17.00

Lokasi : Jl.Panglipuran,Kubu,Kec.Bangli,Kabupaten Bangli,Bali

2. Desa Wisata Pemuteran – Bali

Kinaara Resort & Spa, Resort di Tengah Desa Wisata Favorit Wisatawan Asia

Desa Wisata Pemuteran dahulunya adalah desa yang kumuh. Desa ini dulunya terkenal dengan para nelayannya yang menangkap ikan dengan cara di bom dan potas. Namun, berkat inisatif dari ketua ketua Yayasan Karang Lestari yang melihat potensi tersembunyi dibalik kehancuran terumbu karang dan mulai mengembangkan destinasi desa wisata.

image credit @whenmagicisbali

Banyak wisatawan Mancanegara yang berkunjung ke Desa Wisata ini terutama yang berasal dari Amerika,Perancis dan Australia. Suasananya yang sangat tenang dan jauh dari kebisingan bar,café dan musik klub malam sehingga tidak meherankan wisatawan yang berlibur kesini hanya ingin menikmati keindahan pantai serta alam bawah lautnya dan sekadar menikmati keindahan. Lokasinya berada di Desa Pemuteran,Kecamatan Gerokgak,Buleleng

3. Desa Wisata Nglanggeran – Yogyakarta

image credit @pawonpurba

Desa Nglanggeran yang terletak di Yogyakarta ini selama beberapa tahun belakangan menjadi destinasi desa wisata unggulan. Desa ini terkenal karena wisata gunung ,air terjun dan embung nya. Mengusung konsep edukasi,konversi,geowisata,Pendidikan dan berbudaya menjadikan desa ini menjadi juara dalam ASEAN Community Based Tourism 2017 lalu.

image credit @rena.majid

Jika kalian ingin berkunjung ke desa wisata ini sebaiknya melakukan reservasi online terlebih dahulu karena adanya keterbatasan kuota pengunjung per hari nya yang hanya 500 orang perhari.

Harga tiket masuk : Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,-/org
Jam Buka : 08.00-18.00
Lokasi : Desa Nglanggeran,Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Desa Wisata Petingsari – Yogyakarta

Desa Wisata Pentingsari | Foto, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas

Desa Wisata Petingsari merupakan salah satu desa wisata yang terletak di bawah kaki gunung Merapi. Suasana di desa ini sangat asri dan sejuk walaupun pada siang hari ataupun sore hari. Desa Petingsari dikembangkan menjadi desa wisata sejak tahun 2008 dan sampai sekarang banyak dikunjungi oleh wisatawan local maupun mancanegara.

Desa Wisata ini juga sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan memadai. Diantaranya ada, penginapan/homestay,menyewa outbond/camping ground dll, yang akan menambah kenyaman bagi para pengunjung yang datang ke desa wisata ini.

Jam Buka : 08.00-16.00
Lokasi : Petingsari,Umbulharjo,Cangkringan,Sleman Yogyakarta

You may also like

Leave a Comment