4 Destinasi Wisata Hits di Kudus Yang Wajib Dikunjungi

by novput

Kudus merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kudus berada di jalur pantai timur laut Jawa Tengah, diantara Kota Semarang dan Kota Surabaya, dan Kota ini berjarak 51 kilometer dari timur laut Jawa Tengah.

Banyak yang mengatakan jika Kota Kudus dikenal identik dengan adanya pemuka agama ternama, yaitu Sunan Kudus. Walaupun Kudus dikenal sebagai Kota Santri, namun banyak destinasi wisata alam ataupun edukasi lain yang menarik untuk dikunjungi. Banyak pemandangan alam yang masih terjaga dan asri kelestariannya di kota ini.

Kota Kudus ini dapat kalian kunjungi pada saat hari libur bersama teman ataupun bersama keluarga, berikut terdapat beberapa destinasi tempat wisata yang ada di Kudus.

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus merupakan salah satu peninggalan Wali Songo yaitu Sunan Kudus. Masjid ini dibangun pada masa Sunan Kudus menyebarkan agama Islam di daerah Kudus, dan dibangun pada tahun 1549 Masehi atau 956 Hijriah, dengan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertamanya. Masjid Menara Kudus ini memiliki 5 pintu di sebelah kanan, 5 pintu disebelah kirinya, 4 buah jendela dan 8 tiang besar didalam masjid yang keseluruhannya berasal dari kayu jati.

Masjid Menara Kudus yang masih lestari ini telah menjadi salah satu tujuan wisata religi di Jawa Tengah dan juga menjadi Landmark Kota Kudus. Masjid Menara Kudus ini lokasinya berada di daerah Kauman, Kecamatan Kota Kudus, jaraknya sekitar 1,5 km ke arah barat pusat kota.

Masjid ini juga memiliki keunikan pada pintu gerbangnya yang berbentuk candi. Menara Masjid Kudus ini memiliki ketinggian sekitar 18 meter dengan bagian dasar berukuran 10×10 meter dan sekeliling bangunannya dihias dengan piring-piring yang bergambar dan berjumlah 32 buah. Di dalam menara ini juga terdapat tangga yang terbuat dari kayu jati yang dibuat sejak tahun 1895 Masehi, menara ini juga dihiasi antefiks yaitu hiasan yang menyerupai bukit kecil dan diukir dengan tradisi Jawa-Hindu.

Desa Wisata Rahtawu Kudus

Kudus di Jawa Tengah memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi, mulai dari menyajikan wisata alam hingga kearifan lokal dengan beragam keunikan dan keindahan alam didalamnya, salah satunya yaitu Desa Rahwatu, merupakan sebuah desa yang memiliki banyak potensi wisata alam. Desa ini berlokasi di Kecamatan Gebog, Kudus. Dengan memiliki ±1.627m dari permukaan air laut, di desa ini parawisatawan yang berkunjung dapat menikmati panorama alam pegunungan yang indah mempesona dan masih asri dengan udara yang bersih, segar, dan sejuk. Tidak hanya itu, di desa wisata ini parawisatawan juga dapat menikmati wisata alam dari atas pegunungan Muria.

Desa Wisata Rahtawu di Kudus Jawa Tengah ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan bersama keluarga dan teman tercinta pada saat hari libur Panjang ataupun hari libur Nasional. Di Desa Wisata Rahtawu ini juga memiliki pemandian alami yaitu Kedung Gong, dan parawisatawan dapat menikmati air yang segar dan dingin dengan sungai dengan bebatuan besar yang dapat menambah keaslian alam. Tak hanya itu, Objek wisata ini juga memiliki wisata air terjun yang berasal dari tebing, air terjun ini termasuk salah satu air terjun yang unik yang juga menjadi salah satu ikon wisata di Desa Rahtawu Kudus.

Brown Canyon Kudus

Brown Canyon merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kudus, Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Wisata Brown Canyon ini sangat indah dan memberikan sensasi yang berbeda dan selalu ramai dengan wisatawan yang berkunjung ke Objek wisata ini pada saat hari libur.

Wisata Brown Canyon ini juga memiliki pesona keindahan yang sangat unik dan menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Wisata Brown Canyon ini tampak mirip dengan yang ada di Semarang. Kesamaannya bisa dilihat dari fungsinya yang sama-sama sebagai area tambang pasir dan batu. Banyak kawula muda yang datang berkunjung ke Objek wisata ini pada libur akhir pekan, hanya untuk berburu spot foto yang berlatar belakang tebing-tebing tinggi yang Nampak mirip dengan Grand Canyon di Arizona, yang mulai populer sejak tahun 2010.

Untuk menikmati keindahan alam di Kawasan Brown Canyon ini, kalian hanya perlu membeli tiket masuk sebesar Rp 5.000,-/org dan tempat wisata ini di buka selama 24 jam. Di Objek wisata ini juga sudah memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan umum diantaranya seperti Area Parkir, Mushola, Kamar Mandi, Penginapan, dll.

The Hills Vaganza Kudus

The Hills Vaganza merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kudus, Jawa Tengah. Objek wisata ini sangat menarik dan bisa dijadikan referensi tempat wisata yang patut untuk dikunjungi, sebab di Objek wisata ini kalian bisa menemukan berbagai spot foto yang keren dan instagramable. Seperti yang kalian ketahui, Kudus merupakan sebagai Kota yang terkenal dengan Kota Santri dan penghasil rokok kretek terbesar di Jawa Tengah.

Objek wisata ini menyungsung konsep wisata yang memadukan resto dengan tempat rekreasi yang asik, dan juga panorama area perbukitan yang indah serta berbagai spot foto yang menjadi favorit bagi kawula muda. The Hills Vaganza juga menawarkan suasana liburan yang menarik dan menyenangkan, yaitu khas dengan pegunungan yang asri dan sejuk. Dan para pengunjung juga dapat menyaksikan pesona alam yang istimewa sambil menikmati hidangan yang nikmat khas Kudus dan kuliner berbagai daerah Jawa Tengah.

Pihak pengelola di tempat wisata ini sudah menyediakan sarana lengkap seperti Area Parkir, Toilet, dan Gazebo. Untuk akses menuju lokasi wisata ini juga sudah beraspal, dekorasi bunga, spot foto berbentuk love, pohon plastik berwarna putih pink, balon udara, kolam air terjun, hingga jembatan layaknya sedang berada di negara Jepang yang disertai kecantikan bunga Sakura. Walaupun spot foto yang ada di wisata ini kebanyakan hanya buatan, namun keindahannya begitu memanjakan mata wisatawan yang berkunjung. Setelah kalian Lelah beraktivitas di lokasi wisata, ada aktivitas lainnya yaitu mencoba kuliner yang ditawarkan di Objek wisata tersebut, yakni menu makanan mulai dari Chinese Food dan beragam menu Seafood, dengan harga menu makanan dan minuman cukup terjangkau.

The Hills Vaganza Kudus ini mulai diresmikan pada tahun 16 Juni 2018, yang berada di pegunungan Muria, lokasi tepatnya berada di tepi jalan utama menuju Makam Sunan Muria, Desa Kajar, Kecamatan Dewe, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya hanya 13 kilometer dari pusat kota atau jarak tempuh ±sekitar 30 menit saja.

Jika kalian sedang berlibur di Kudus dan ingin menikmati Objek wisata ini, kalian wajib membayar tiket masuk wisata sebesar Rp 10.000,-/org harga tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Untuk jam operasionalnya dibuka mulai pukul 08:00 – 21:00 WIB.

You may also like

Leave a Comment