Hasil gambar untuk maha vihara maitreya

4 Tempat Ibadah Di Indonesia Yang Sering Dijadikan Tempat Wisata

by novput

Hasil gambar untuk tempat ibadah yang sering dijadikan tempat wisata

Selain dijadikan tempat peribadatan,berbagai tempat ibadah di Indonesia ini sering kali dijadikan tempat destinasi untuk berwisata. Hal ini disebabkan karena arsitektur nya yang unik dan nilai sejarah yang terdapat didalamnya. Tidak mengherankan jika kini tempat-tempat ibadah di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang menyukai nilai seni.

Namun dari berbagai banyaknya tempat ibadah di Indonesia,berikut beberapa pilihan yang dapat dijadikan sebagai tempat berlibur sekaligus mengandung nilai religious.

Masjid Baiturrahman – Aceh

Hasil gambar untuk masjid baiturrahman aceh

Masjid Baiturrahman Aceh dibangun pada abad ke-18 dan menjadi salah satu bangunan yang selamat pada kejadian bencana alam tsunami pada tahun 2004 silam. Masjid Baiturrahman sendiri ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam dan sudah mengalami beberapa kali renovasi perluasan dan menambahan kubah.

Hasil gambar untuk masjid baiturrahman aceh

Di sini selain dapat melakukan ibadah,para pengunjung juga dapat menikmati keindahan arsitektur serta melihat payung-payung elektrik yang terdapat di masjid ini dan pengunjung juga dapat bersantai sambil menikmati pemandangan taman dan kolam di halaman masjid.

Lokasi : Jl.Moh Jam No.1,Kp.Baru,Kec.Baiturrahman,Kota Banda Aceh

Maha Vihara Adhi Maitreya

Hasil gambar untuk maha vihara maitreya

Objek wisata selanjutnya adalah Maha Vihara Adhi Maitera yang terletak di Medan. Tempat peribadatan ini dibangun selama 10 tahun sekaligus sebagai tempat wisata yang memiliki keunikannya tersendiri karena terdapat taman burung yang menjadi tempat singgah beberapa burung imigran dari Australia hingga Eropa.

Hasil gambar untuk maha vihara maitreya

Bangunan Vihara terbesar di Indonesia ini usianya belum terlalu lama,karena baru di bangun tahun 1991 dan baru diresmikan pada tahun 2008. Fasilitas di tempat ibadah ini cukup lengkap mulai dari lahan parkir,Auditorium,Food court atau kantin,penginapaan,toko souvenir,toilet sampai tempat bermain untuk anak-anak.

Lokasi : Komplek Perumahan Cemara Asri No. 8, Jl. Cemara Asri Boulevard Raya No.Utara, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

Pura Besakih – Bali

Hasil gambar untuk pura besakih

Pura Besakih yang terletak di Bali menjadi salah satu magnet bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tempat peribadatan yang satu ini berlokasi di lereng Gunung Agung dan di anggap sebagai pura terbesar di Bali dan dijuluki sebagai “ibunya dari pura di Bali”.

Hasil gambar untuk Pura Besakih – Bali

Pura Besakih ini adalah tempat persembahayangan umat Hindu yang ada di Bali. Selain itu di dalam area pura ini tidak hanya terdapat satu buah pura tetapi ada begitu banyak pura di dalam kawasan ini. Dan di pura ini terlihat ada banyak sekali anak tangga dan terdapat pintu gerbang yang sangat besar,gerbang inilah yang menjadi area pusat pintu masuk ke Pura Penataran Agung Besakih.


Jam buka : 08.00-18.00
Lokasi : Jl.Gunung Mas No.DS,Besakih,Rendang,Kabupaten Karangasem,Bali

Gereja Tugu – Jakarta

Hasil gambar untuk gereja tugu

Gereja Tugu yang berlokasi di Kampung Tugu ini merupakan tempat peribadatan umat protestan. Kini Gereja ini bernama Gereja Protestan Indonesia Barat atau GPIB. Gereja ini merupakan peninggalan pada zaman Portugis yang merupakan pemberian tuan tanah di Cilincing pada zaman kolonial Belanda dan dibangun pada tahun 1747 dan diresmikan pada tahun 1748.

Hasil gambar untuk gereja tugu

Tepat di samping Gereja Tugu ini terdapat pemakaman masyarakat kampung Tugu, dan lahan pemakaman ini juga diberikan oleh Vinch kepada kampung Tugu dan terdapat makam tertua dari salah satu pendeta dan makam leluhur dari keluarga Andries. Pada akhirnya pada tahun 1970 an pemerintah kota Jakarta meresmikan Gereja Tugu ini sebagai Cagar Budaya.

Lokasi : Jl. Raya Tugu Semper Barat No.20, RT. 10/6, Semper Barat, Cilincing, RT.10/RW.6, Semper Bar., Jakarta Utara

You may also like

Leave a Comment