5 Festival Budaya Di Indonesia Yang Menarik Wisatawan

by novput

Di Indonesia dari Sabang sampai Marauke memang memiliki keanekaragaman, yaitu mulai dari suku, ras, Bahasa, tradisi, adat istiadat dan kebudayaannya yang bervariasi. Namun ada salah satu yang yang merupakan program yang inovatif yaitu festival budaya di seluruh penjuru Tanah Air ini, yang tidak hanya dinantikan oleh masyarakat lokal, tetapi juga dari mancanegara.

Berikut kita kenali beragam festival budaya yang ada di Indonesia.

  • Festival Budaya Dieng, Jawa Tengah
  • Festival Budaya Cap Go Meh, Kalimantan Barat
  • Festival Budaya Karapan Sapi, Madura
  • Festival Budaya Danau Toba, Sumatera Utara
  • Festival Budaya Jember Fashion Carnaval, Jember

Festival Budaya Dieng, Jawa Tengah

Dieng Culture Festival di Provinsi Jawa tengah, yang juga merupakan salah satu Festival Budaya yang berkonsep antara unsur Budaya masyarakat. Festival Budaya Dieng Culture diadakan setiap tahunnya di Kawasan wisata Dieng, yaitu prosesi ruwatan rambut gimbal sebagai acara inti di Festival tersebut, lalu setelahnya akan dimeriahkan dengan program lainnya seperti Pergelaran Wayang Kulit, Festival Film, Pentas Seni Budaya dan juga pertunjukan Jazz atas awan.

Festival Budaya ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2010. Ruwatan rambut gimbal yang merupakan acara inti di festival ini, yakni suatu upacara yang yang bertujuan mengusir nasib buruk pada si anak Gimbal tersebut, dan upacara ini sudah melekat dengan kebudayaan dan adat di sana.

Selain itu pula Festival Budaya Dieng Culture ini dimeriahkan dengan acara pendukung, seperti jalan sehat dan pertunjukkan seni tradisi, pesta lampion dan kembang api. Festival ini di meriahkan setiap tahunnya.

Festival Budaya Cap Go Meh, Kalimantan Barat

Festival Cap Go Meh juga merupakan salah satu festival budaya yang ada di Indonesia sejak ratusan tahun lalu, untuk perayaan festival ini dilakukan hari terakhir di bulan pertama menurut kalender China. Pada perayan Festival Cap Go Meh, masyarakat Tionghoa merayakannya secara meriah dan juga berbagai pagelaran seni budaya. Tak hanya itu, perayaan festival ini juga akan tambah sangat semarak dan menarik, mulai pertunjukkan menghias lampion di jalan, pertunjukkan barongsai, sampai pertunjukkan tatung. Semua pertunjukkan dilakukan pada saat perayaan festival Cap Go Meh tiba yang dilakukan langsung oleh masyarakat Singkawang, Kalimantan Barat.

Festival Budaya Karapan Sapi, Madura

Festival Budaya lainnya yaitu Karapan Sapi yang merupakan istilah perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Madura Jawa Timur. Festival Budaya ini, sepasang sapi menarik kereta yang semacam kereta kayu dan mengendalikan pasangan sapi tersebut, dan sepasang sapi dipacu dalam lomba tersebut, trek yang digunakan untuk lomba pacuan kuda biasanya sekitar 100 meter.

Festival Karapan Sapi juga merupakan budaya asli dari Madura yang dikenal sejak abad ke-14 masehi, dan pada zaman dahulu sapi dijadikan satu-satunya alat Transportasi tercepat yang digunakan masyarakat di Madura, khususnya masyarakat kerajaan dan masyarakat elite.

Festival Budaya Karapan Sapi ini juga salah satu contoh Budaya dan hiburan masyarakat Madura yang telah dilakukan secara turun-temurun.

Festival Budaya Danau Toba, Sumatera Utara

Festival Budaya lainnya di Indonesia yaitu Festival Danau Toba, yang dimana di Festival ini tak hanya menjadi acara wisata dan budaya saja, tetapi juga menjadi acara olahraga yang diselenggarakan sejak tahun 1980. Dan Festival kebudayaan Indonesia ini lebih dikenal dengan Pesta Danau Toba sebelum berubah menjadi Festival Danau Toba pada tahun 2011.

Festival Kebudayaan di Indonesia ini dibentuk sebagai rasa bersyukur masyarakat akan kehadiran Danau Toba sebagai sumber kemakmuran masyarakat. Festival ini juga sangat erat dengan Tradisi dan Budaya Batak dimana berbagai pertunjukkan berbagai tarian dan pertunjukkan seni Batak yang memeriahkan acara Festival Budaya ini termasuk pameran kain-kain tradisional yang khas dari Sumatera Utara.

Festival Budaya Jember Fashion Carnaval, Jember

Jember Fashion Carnaval atau biasa disebut JFC merupakan salah satu Festival Budaya yang ada di Indonesia, yang juga merupakan even karnaval busana yang digelar setiap tahunnya di Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Festival Budaya JFC ini digagas oleh Dynand Fariz, peserta yang mengikuti karnal JFC ini diperkirakan sebanyak 2000 peserta dalam 4 hari penyelenggaraan even.

Di Indonesia, JFC masuk sebagai Top 10 dari daftar 100CoE Kementerian Pariwisata sebanyak tiga kali berturut-turut.

Karnal JFC yang diselenggarakan di Kabupaten Jember ini telah mendunia karena tema busana yang dikombinasikan dari berbagai kenusantaraan, dan yang menjadi keunikan lainnya busana tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang sebagai demikian rupa adanya, karena akan menambah nilai estetika dari busana itu sendiri. Di Karnaval JFC ini, menampilkan fashion busana yang menarik, tegas, cerah, dan berumbai sesuai dengan kota tercintanya, yaitu Kota Jember.

Tak hanya itu, Karnaval JFC yang menjadi salah satu Festival Budaya di Indonesia ini juga membuat banyaknya turis mancanegara yang ingin datang dan menyaksikan langsung pergelaraan Karnaval JFC ini.

You may also like

Leave a Comment