5 Spot Diving Terbaik di Indonesia

by novput

 



Untuk kalian yang berjiwa petualang, Indonesia menawarkan banyak sekali spot diving yang keren dan menarik yang kerap kali dijadikan tempat tujuan utama untuk diving bagi banyak wisatawan mancanegara karena kekayaan bawah lautnya yang mempesona dan sangat tepat untukkalian yang memiliki jiwa berpetualang.

Berikut beberapa destinasi spot diving terbaik di Indonesia :

1. Wakatobi

Pulau Wakatobi Menjadi salah satu surga bagi para pecinta diving. Pulau Wakatobi kaya akan spesies koral, dari 850 spesies koral di dunia 750 diantaranya berada di pulau ini. Dan terdapat 90 jenis ikan dan 112 jenis karang yang menambah keindahan bawah lautnya. Selain itu, Wakatobi masuk dalam Kawasan “Coral Triangle” atau segitiga terumbu karang.

Ada 4 titik yang diyakini sebagai spot diving terbaik di pulau ini, diantaranya:

Coral Garden
Coral garden memiliki kedalaman sekitar 18-25 meter dan dihiasi berbagai macam biota laut dan terumbu karang yang cantik dan primadona nya adalah kura-kura hijau dan paus ekor Pelangi hingga lobster.

House Reef
house reef wakatobi jaraknya tidak jauh dari dive resort, dapat diakses hanya dengan berenang atau menggunakan boat. Anda juga dapat melihat Siphonogorgia godeffroyi atau karang bunga sakura merah muda dari keluarga Nidaliidae yang merupakan jenis karang lunak yang dapat ditemui di House Reef.

Roma
Spot Roma memiliki keindahan bawah laut berkedalaman sekitar 15-25meter dan dihiasi terumbu karang warna-warni yang eksotis. Spot ini juga cukup aman bagi para penyelam yang baru belajar diving.

Cornucopia
Terakhir adalah Cornucopia. Di spot ini memiliki kedalaman sekitar 20-55 meter dan Anda bisa menemukan terumbu karang yang tampak seperti tembok vertikal. Untuk bisa diving disini Anda harus memiliki skill dan pengalaman yang cukup mumpuni agar bisa mencapai kedalamannya.

2. Pulau Weh

Pulau weh adalah pulau yang terletak di ujung Indonesia tepatnya di sabang,Aceh. Ombak yang cenderung tenang dan air laut yang berwarna kristal menjadi daya tarik untuk para wisatawan datang. Banyak spot diving yang berada di Pulau Weh,diantaranya adalah:

Pantee Peunateung
Pertama ada Pantee Peunateung atau yang sering disebut dengan akurarium alami karena memiliki ribuan biota laut yang menakjubkan dan mempunyai batuan koral terumbu karang dikedalaman 30meter.

Batee Tokong
Batee Tokong menjadi salah satu spot favorit para penyelam karena Anda bisa menemukan daratan yang memanjang ke permukaan yang membentuk tebing setinggi 25meter. Kawasan ini juga sering terlihat hiu dan pada kedalaman tertentu Anda dapat melihat biota laut lainnya seperti lionfish,gurita,frog fish,scorpion fish dan Nudibranchs.

Arus Balee
Terakhir ada Arus Balee yang merupakan lokasi diving yang sangat populer di pulau ini. Spot ini berada di tengah-tengah pulau kecil, yaitu Pulau Seulako dan Pulau Rubia. Arusnya yang tenang cocok dijadikan spot diving bagi para pemula.

3. Karimunjawa

Kawasan Karimunjawa merupakan Kawasan yang ditetapkan sebagai Taman Nasional pada tahun 2001. Kawasan ini juga sering dijadikan spot diving bagi para penyelam karena memiliki biota laut yang beragam,diantaranya ada penyu hijau, penyu sisik dan ikan napoleon dan tempat ini juga dikenal sebagai salah satu tempat penangkaran hiu yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

4. Bunaken

Taman Nasional Bunaken yang terletak di Manado,Sulawesi Utara ini ditunjuk sebagai Taman Nasional pada tahun 1991. Karena lokasi ini menjadi perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia. Bunaken memiliki 91 jenis ikan dan 13 jenis karang hidup yang di dominasi oleh terumbu karang tepi dan penghalang. Disini Anda bisa menikmati diving,snorkling,berjemur ataupun hanya berenang. Dan jika beruntung Anda dapat menemukan ikan duyung,lumba-lumba ataupun ikan purba disini.

5. Raja Ampat

Raja Ampat menjadi salah satu primadona pariwisata diving yang ada di Nusantara dan dikenal sebagai titik diving paling terbaik di Indonesia dan telah dikenal sampai ke Mancanegara. Kawasan ini menjadi rumah bagi biota laut yang ada disana karena memiliki 75%terumbu karang dan menawarkan keindahan bawah lautnya yang sangat menakjubkan untuk para penyelam

You may also like

Leave a Comment