5 Tempat Hiking Favorit Para Pendaki

by novput

Pemandangan di Indonesia memang tak ada habisnya, tak hanya pesona keindahan alam pantainya saja, tetapi pesona gunung Indonesia juga memiliki pesona yang mengagumkan dan tak kalah indahnya. Mulai dari pemandangan padang rumput yang hijau, pemandangan matahari terbit, tebing yang curam, hingga dengan pemandangan cantik dan menakjubkan dari puncak gunung.

Dan ada sekian banyaknya gunung di Indonesia, berikut ada beberapa rekomendasi gunung dengan pemandangan yang indah dan menjadi tempat wisata paling favorit para pendaki.

Gunung Rinjani, Lombok (NTB)

Gunung Rinjani yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu dari antara sekian banyaknya gunung yang ada di Indonesia, dan Gunung Rinjani ini juga menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki, dengan ketinggiannya mencapai 3.726 mdpl, gunung ini dinobatkan sebagai gunung yang tertinggi ketiga di Indonesia. Gunung ini berdiri kokoh dan mendominasi dengan pemandangan Lombok Timur yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Gunung ini juga merupakan salah satu tujuan untuk para pendakian penjelajah gunung di Indonesia maupun pendaki mancanegara, Rinjani juga memiliki berbagai pesona yang sangat menakjubkan. Gunung Rinjani juga tak hanya menyajikan pemandangan indah gunung saja, tetapi juga bisa merasakan spot-spot wisata yang ada di Taman Nasional Gunung Rinjani.

Di Gunung Rinjani ini juga ada beberapa daya tarik untuk para pendaki selain pemandangan yang indah, yaitu tempat mendaki yang indah, pemandian air panas, danau segara anak, desa senaru dan juga air terjun yang menawan.

Gunung Rinjani di buka selama 24jam, dan untuk harga masuk ke Kawasan Rinjani berkisar Rp 800.000,- (weekday/weekend)

Gunung Gede, Jawa Barat

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung favorit yang populer untuk para pendaki dan juga merupakan salah satu Kawasan lindung di Jawa Barat yang cukup terkenal di telinga para pendaki. Gunung Gede ini juga merupakan salah satu dari lima Taman Nasional yang tertua di Indonesia yang diresmikan pada tahun 1980 yang puncak ketinggian mencapai 2.958 mdpl dan Gunung ini menjadi primadona tersendiri untuk para pendaki, salah satunya yaitu keberadaan alun-alun Surya Kencana yang menjadi spot terbaik untuk menikmati Edelweiss.

Alun-alun Surya Kencana yang merupakan kawasan paling digemari para pendaki untuk membuka tenda dan berkemah, selain memiliki pemandangan indah lantaran terdapat padang edelweiss, di tempat ini juga mengalir sumber air yang sangat diperlukan oleh para pendaki.

Menapaki Gunung Gede di Taman Nasional Gunung Pangrango juga merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan, khusunya untuk kalian yang hobby mendaki gunung. Selain itu pula kalian bisa menyaksikan kekayaan alam hutan yang ada di Indonesia, aktivitas wisata alam juga mampu melatih seseorang untuk berjiwa mandiri, pemberani, cinta tanah air, serta budayanya. Namun begitu, sebelum mendaki gunung, kalian juga perlu persiapan fisik dan mental secara khusus, agar kalian tetap fit dan selalu menjaga kelestarian hutan dengan tidak membuang sampah disembarang tempat.

Gunung Prau, Jawa Tengah

Gunung Prau yang terletak di dataran tinggi Dieng Kabupaten Bondowoso, Jawa Tengah dan memiliki ketinggian gunung mencapai 2.565 mdpl, karena mempunyai sejuta keindahan alam, Gunung Prau ini juga merupakan salah satu gunung dari sekian banyaknya gunung di Indonesia yang menjadi favorit para pendaki gunung. Gunung ini juga bukan merupakan gunung berapi, sebab itulah banyaknya pendaki yang berdatangan ke Gunung Prau ini.

Puncak di Gunung Prau ini memang tempat untuk kalian mendapatkan sunset dan golden sunrise, yang indah menakjubkan dan awan putih yang bergerak oleh angin memanjakan mata para pendaki untuk melihat panorama tersebut.

Ekosistem di Gunung Prau ini memang sangat berbeda dengan gunung lainnya. Selain Gunung lain di Indonesia ditumbuhi bunga Edelweis, di Gunung Prau ini mudah ditemui hamparan bunga Daisy yang melengkapi keindahan Gunung Prau.

Waktu yang tepat untuk mendaki ke Gunung Prau ini adalah pada pertengahan tahun karena dengan cuacanya yang sangat cerah, udaranya pun dingin sehingga embun upas mudah ditemukan.

Untuk kalian para pendaki yang ingin berkunjung ke Gunung Prau ini, kalian wajib membayar biaya masuk Kawasan ini sebesar Rp 15.000,-/pendaki gunung.

Gunung Kawah Ijen, Jawa Timur

Kawah Ijen atau Gunung Ijen yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, merupakan salah satu Gunung di Indonesia yang menjadi favorit para pendaki, gunung ini mempunyai ketinggian 2.443 mdpl diatas permukaan laut. Keindahan alam di Gunung Ijen ini memang sangat menakjubkan, terlihat dari puncak Ijen, selain terlihat panorama pemandangan cantik disebelah timur juga terlihat puncak gunung Merapi, dan bentang alam lainnya yang megah mengesankan.

Selain pemandangan kawah danaunya yang indah dan menakjubkan, ada satu hal yang sudah dikenal dunia adalah blue fire Kawah Ijen. Yang merupakan fenomena alam api yang berwarna biru dan terjadi karena keluarnya gas vulkanik yang mengandung belerang panas bersuhu 660 derajat celcius dan terbakar saat bersentuhan dengan udara. Fenomena blue fire di Gunung Ijen ini hanya dapat dilihat pada malam hari.

Untuk mencapai Gunung Ijen kalian bisa akses dari dua arah yaitu, dari arah utara dan dari arah selatan. Jika kalian melewati dari arah utara, kalian bisa menempuh melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lalu lewat Wonosari dan dilajutkan ke Paltuding dan jika kalian melewati dari arah selatan, jarak yang kalian lalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 15 Km.

Untuk kalian yang ingin memasuki Kawasan Gunung Ijen ini, kalian harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,-(weekday) – Rp 7.500,-(weekend) harga tersebut khusus wisatawan domestic, dan Rp 100.000,-(weekday) – Rp 150.000,-(weekend) untuk wisatawan mancanegara.

Gunung Kelimutu, Florez (NTT)

Gunung Kelimutu yang terletak di Pulau Florez, Provinsi Nusa Tenggara Tenggara, Indonesia. Gunung Kelimutu ini memiliki tiga buah danau yang berbeda warna di puncaknya, dan warna-warna tersebut sering sekali berubah dengan perjalanan waktu.

Gunung Kelimutu memiliki ketinggian mencapai 1.639 mdpl, di Gunung Kelimutu juga memiliki keindahan yang sangat mempesona begitu indah dan menakjubkan sehingga mampu menjadi daya tarik bagi para pendaki domestik maupun mancanegara. Pengunjung rela untuk berjalan kaki dan menaiki puluhan anak tangga dengan trek yang cukup menanjak, hanya untuk melihat lanskap Danau Kelimutu dari ketinggian. Dari atas puncak gunung, para pengunjung dapat melihat panorama 360 derajat yang mengelilingi Danau Kelimutu tersebut, Danau Kelimutu yang juga merupakan tempat tepat untuk menyaksikan panorama keindahan pada saat matahari terbit, dan para pengunjung rela untuk melakukan trekking di pagi buta hanya untuk menyaksikan keindahan sunrise dari puncak Gunung Kelimutu.

Untuk memasuki Kawasan Gunung Kelimutu, kalian wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- untuk pengunjung domestic dan Rp 150.000 untuk mancanegara, sedangkan untuk tiket parkir mobil berkisar Rp 10.000,-/kendaraan.

You may also like

Leave a Comment