5 Wisata Seru di Purbalingga, Kamu Wajib Coba!

by novput

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terkenal dengan kreatifnya di bidang otomotif yang berhasil menembus pasar internasional. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 777 km yang terbagi atas 18 Kecamatan dan 239 Kelurahan. Kota Purbalingga merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Purbalingga, Kabupaten ini berada di tengah-tengah Pulau Jawa, sehingga Kabupaten ini tidak memiliki garis pantai.

Purbalingga letaknya berada tak jauh dari Yogyakarta, dan berbatasan dengan Kabupaten Pemalang, Banjarnegara, dan juga Banyumas. Meskipun nama Purbalingga jarang disebutkan di saat orang membahas tentang tempat wisata di Pulau Jawa, tetapi wilayah Kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk kalian kunjungi.

Bagian kalian yang tinggal di Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya ataupun untuk kalian yang sedang merencanakan liburan di Kabupaten Purbalingga, berikut ada beberapa rekomendasi destinasi tempat wisata di Purbalingga yang dapat kalian kunjungi.

Alun – Alun Purbalingga

Alun – Alun Purbalingga merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib di kunjungi ketika kalian sedang berlibur di Purbalingga, alun-alun ini juga merupakan tempat nongkrong di Purbalingga yang tak pernah sepi akan pengunjung. Sama halnya seperti alun-alun di daerah lainnya, Alun – Alun Purbalingga juga terletak di pusat daerah, yakni di Jalan Jendral Sudirman, Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Di Alun – Alun ini kalian bisa duduk-duduk santai saat sore hari sambil berwisata kuliner aneka jajanan dari pedagang kaki lima yang ada di area Alun – Alun Purbalingga ini.

Di Alun – Alun Purbalingga ini juga sudah terdapat beberapa fasilitas hasil revitalisasi, seperti wifi, kolam air mancur, permainan anak, tempat untuk bersantai, dan spot foto. Dan di sisi tengah juga tersedia jalur kursi roda sebagai bentuk ramah disabilitas. Dan untuk menjaga kenyamanan pengunjung menikmati keindahan Alun – Alun, beberapa OPD akan turut terlibat seperti penataan parkir, kebersihan, dan ketertiban masyarakat.

Ada juga tiga hal yang perlu di jaga di Alun – Alun Purbalingga ini, yaitu Pedagang Kaki Lima (PKL) dilarang masuk ke area Alun – Alun, dan masyarakat yang berkunjung juga di haruskan untuk menerapkan protocol Kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Museum Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman memang tak asing bagi bangsa Indonesia, Namanya terus di kenang sebagai Pahlawan Nasional. Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui dimana tempat beliau di lahirkan, beliau lahir pada 24 Januari 1916 silam, betempat di Kabupaten Purbalingga, tepatnya di Dukuh Rembang, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Jenderal Soedirman lahir di rumah sederhana yang berarsitektur Jawa berbentul Joglo, dengan dinding yang terbuat dari anyaman bambu. Rumah sederhana itu kini dijadikan menjadi museum, dengan nama resmi Monumen Tempat Lahir (MTL) Panglima Besar Jenderal Soedirman

Beragam ornamen juga masih tertata rapi dan ada dua kamar di dalam rumah tersebut, salah satu diantaranya merupakan kamar tempat Soedirman kecil dilahirkan. Pada kamar tersebut terlihat adanya ayunan rotan tradisional yang digunakan untuk menimang bayi Soedirman. Selain itu juga di bagian ruang tengah terdapat diorama yang mengisahkan perjalanan dan perjuangan hidup Jenderal Soedirman. Dan ada keberadaan sebuah panser dan dua buah Meriam yang di tempatkan di depan museum sebagai penanda memasuki lingkungan Museum Soedirman.

Taman Bunga Kutabawa

Purbalingga menghadirkan wisata alam yang menyejukan hati dan mata. Alamnya yang asri dapat membuat Purbalingga menjadi tempat yang tepat untuk di buat wisata alam, salah satunya yaitu Taman Bunga Kutabawa, yang tepatnya berada di bawah kaki Gunung Slamet. Taman Bunga Kutabawa ini dapat menjadi alternatif wisata bagi parawisatawan, tak hanya wisatawan lokal saja yang datang berkunjung tetapi tak sedikit wisatawan dari kota-kota besar seperti Jakarta yang datang berkunjung untuk menikmati keindahan bunga yang cantik indah dan menawan.

Suasana segar dan sejuk langsung terasa ketika menginjakkan kaki di Kawasan wisata Taman Bunga Kutabawa ini, karena Objek wisata ini berada tepat di kaki Gunung Slamet yang tingginya mencapai 3.428 mdpl. Bahkan, taman wisata bunga ini berada menjadi titik pertama pendakian. Hamparan bunga juga mewarnai lahan di Taman Bunga ini, ada yang di bentuk dan ada pula yang di biarkan menghampar. Taman Bunga Kutabawa ini memiliki berbagai jenis bunga yang di tanamnya, ini yang membuat Objek wisata ini memiliki beragam warna dan jenis bunga. Warnanya tampak cerah apalagi dipadukan dengan hijaunya rumput yang hijau.

Wisata Taman Bunga Kutabawa ini dapat kalian kunjungi mulai dari pagi hari hingga sore hari. Dan untuk tiket masuk Kawasan wisata taman bunga ini, tarifnya sangat terjangkau harga tiket masuknya hanya Rp 15.000,-/org, tetapi untuk hari libur atau musim liburan tarifnya akan menjadi dua kali lipat.

Sanggaluri Park Purbalingga

Sanggaluri Park merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga. Sesuai dengan Namanya, Sanggaluri Park juga merupakan wisata edukasi flora dan fauna, dan dibangun di area seluas 3.5 hektar. Taman rekreasi ini menawarkan wahana yang berkonsep edukasi sekaligus rekreasi alam. Sebelumnya Sanggaluri Park ini dikenal dengan Taman Reptil Purbalingga, namun saat ini Taman Wisata ini tergabung dalam grup uwabong yang juga memiliki Owabong Waterpark.

Di tempat wisata ini memperlihatkan aneka reptile hidup, dari dalam maupun luar negeri. tentu saja reptil ini jinak dan aman serta didampingi oleh pawang yang bertugas. Tak hanya melihat dari kendang saja, tetapi pengunjung juga diperbolehkan langsung berinteraksi dan berfoto dengan reptil tersebut.

Di wisata Sanggaluri Park ini juga sudah terdapat fasilitas lengkap dengan beberapa gazebo yang diperuntukkan bagi para pengunjung untuk beristirahat dan bersantai. Jika cuaca sedang cerah para pengunjung dapat melihat Gunung Slamet dari kejauhan. Untuk lokasinya berada di Jl Raya Taman Reptil, Dusun II, Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Taman rekreasi ini dibuka setiap harinya mulai pagi hari hingga sore hari, dan untuk tiket masuknya, harga tiket masuk Sanggaluri Park ini cukup terjangkau. Kalian hanya akan dikenakan biaya sekitar :

  • Senin – Jumat : Rp 15.000,-
  • Sabtu, Minggi, Hari Libur : Rp 20.000,-
  • Kepo Land Sanggaluri Park : Rp 30.000,-

Pemandian Situ Tirta Marta

Dari berbagai daerah di Indonesia, banyak yang memiliki sumber mata air asli dari pegunungan. Dengan ciri air yang bersih, bening, dan tentunya segar. Air ini biasanya mengalir dan memenuhi danau, sehingga menjadi kolam mata air alami, seperti halnya yaitu di Situ Tirta Marta Purbalingga.

Wisata Situ Tirta Marta Purbalingga seperti wisata Unggul Ponggok Klaten, yang menawarkan Objek wisata berupa danau yang berair bersih dan jernih. Disini para pengunjung dapat mandi hingga berendam di dalam kola mini, dan memiliki daya tarik utamanya yaitu berfoto underwater dengan berbagai properti unik.

Situ Tirta Marta Purbalingga merupakan sebuah danau yang berasal dari sumber mata air alami. Yang dimana terdapat tujuh sumber mata air yang mengalir langsung memenuhi danau. Danau ini pada umumnya hanya memiliki kedalaman sekitar 1.5 meter, dan tak terlalu berbahaya. Wisata ini juga masih terbilang sangat alami dan asri, begitu juga dengan lingkungan sekitarnya. Dari atas para pengunjung dapat melihat dasar kolam yang berupa bebatuan.

Objek wisata ini menerapkan harga tiket masuk yang cukup terjangkau, dan para pengunjung pun dapat berfoto dibawah air atau underwater, para pengunjung hanya cukup mengeluarkan untuk tiket masuk berkisar Rp 3.000,- dan jasa fotografer Rp 150.000,-/50 foto. Dan untuk jam buka operasional, Objek wisata ini dapat dinikmati dari pagi hari hingga sore hari, mulai pukul 09:00 – 15:00 WIB.

You may also like

Leave a Comment