Air Terjun Kedung Pedut, Surga Tersembunyi di Tengah Hutan

by novput

Berwisata ke air terjun sebenarnya memang sangat menyenangkan. Terlebih jika air terjunnya bersih dan juga jernih agar nyaman untuk berenang. Lagi-lagi di Kabupaten KulonProgo ini menarik perhatian parawisatawan dengan adanya Objek wisata alamnya yang cantik dan sangat menawan, yaitu Kedung Pedut.

Air terjun ini berada ditengah Kawasan Gunung dan dikelilingi hutan yang masih sangat asri. Tak hanya sekedar air terjun, warna airnya yang kehijauan serta batuan kapur yang mengitari menjadi daya tarik utamanya.

Objek wisata yang satu ini berupa air terjun dua warna yang berlokasi di Pegunungan Menoreh, tepatnya berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, salah satu yang menjadi daya tarik utamanya dari Objek wisata yang letaknya cukup tersembunyi yakni, karena warnanya yang unik, berwarna hijau tosca dan putih jernih serta keberadaannya yang dibuat seperti waterpark tradisional, seperti pancuran bambu, papan seluncur kayu, dan masih banyak lagi. Tentunya juga pesona akan keindahan alamnya yang luar biasa.

Jika kalian ingin berkunjung ke Objek wisata ini, dari pusat Kota Yogyakarta kalian bisa menuju ke arah barat, yaitu arah Jalan Godean. Lalu kalian bisa lanjutkan perjalanan hingga di Goa Kiskendo. Lokasi ini yang merupakan patokan pertama, lalu kalian belok saja ke arah kiri dan setelah perjalanan sekitar 5 Kilometer kalian akan menemukan papan petunjuk arah ke Kedung Pedut.

Untuk dapat menikmati keindahan akan panorama keindahan alam yang ada di Objek wisata ini memang butuh perjuangan lho. Kalian harus berjuang mendaki dan menuruni perbukitan karena memang letaknya dari air terjun ini diantara bebatuan di Pegunungan Menoreh. Selain itu pula, jalanan yang dilalui nya pun juga masih belum begitu bagus, yang artinya beberapa jalanan beraspal ini masih dalam kondisi rusak dan masih belum proses perbaikan.

Rekreasi Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun Kedung Pedut merupakan salah satu air terjun wisata yang ada di Kabupaten KulonProgo. Air terjun ini berada di Kawasan Gunung Kelir yang juga merupakan rumah bagi setiap Sebagian tempat wisatawan. Kedung Pedut ini juga tergolong area wisata favorit bagi kawula muda. Destinasi wisata ini baru resmi dibuka pada tahun 2015. Meskipun belum lama diresmikan, tetapi wisata Kedung Pedut ini sudah ramai akan wisatawan yang berkunjung. Hal ini tak lain dikarenakan pesona akan keindahan alamnya yang luar biasa tak ada duanya.

Area Air Terjun di Tengah Hutan

Untuk bisa sampai ke lokasi Objek wisata air terjun Kedung Pedut ini, wisatawan harus berjalan kaki dari area parkir. Jarak yang harus ditempuh dari parkiran hingga ke air terjun berjarak ±300 meter dengan berjalan kaki.

Wisatawan dapat menyusuri jalur setapak yang berlapis semen yang baru. Di Sebagian lainnya juga terdapat jalan yang terbuat dari tanah. Jalan setapak ini merupakan tangga yang mengalami penurunan ke bawah. Tangga ini mengelilingi area hutan yang dibiarkan alami. Hutan rimbun ini juga menutupi Kawasan jurang. Namun kalian tenang saja, jika kalian Lelah, kalian dapat beristirahat sebentar, sambil berfoto atau mengisi perut kosong.

Kedung Merak Urang

Kawasan wisata Kedung Pedut ini tak hanya mewakili satu air tejun saja. Namun, Kawasan ini memiliki beberapa air terjun dan juga sungai. Disepanjang jalan menuju air terjun utama, sudah tersedia lebih dari satu air terjun dan air mata yang dapat kalian temui.

Spot pertamanya yaitu air terjun yang di namai dengan Kedung Merak Urang. Air terjun ini tak memiliki ketinggian yang amat tinggi seperti kebanyakan air terjun lainnya. Air yang mengalir dalam derasnya kolam alami. Ciri dari khasnya air terjun ini yaitu memiliki Goa disampingnya. Airnya yang berwarna biru dan jernih, dapat terdengar air sungai yang mengalir sangat deras.

Perjalanan tak hanya sampai disini saja, namun masih banyak wisatawan yang masih diharuskan melanjutkan perjalanannya dan harus melewati Sebagian jembatan bambu, jembatan bambu tersebut merupakan dari ciri khas Kedung Pedut itu sendiri. Jembatan itu melewati sungai dan jurang, dan menyuguhkan panorama akan keindahan alam yang begitu cantik.

Spot Foto di Kedung Pedut

Selain dapat menikmati bermain air dan berenang, wisatawan juga dapat hunting foto di Objek wisata ini. Pemandangan alam yang cantik dipadupadankan dengan kreativitas pengelola Kedung Pedut. Dan hasilnya, terkandung lebih dari satu spot foto yang menarik.

Di samping spot foto, ada pula termasuk wahana yang menantang dan patut untuk dicoba. Bagi penyuka tantangan, Kedung Pedut ini memiliki wahana sepeda gantung. Wahana ini melintasi air terjun dan juga sungai dengan ketinggian mencapai 20 meter.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Kedung Pedut

Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Objek wisata Air Terjun Kedung Pedut ini, sebelum kalian memasuki Kawasan dan menikmati keindahan alamnya. Kalian akan diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Namun, kalian tak perlu khawatir, karena untuk harga tiket masuknya masih cukup terjangkau. Kalian hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,-/orang (weekday) dan Rp 20.000,-/orang (weekend). Kemudian kalian juga akan dikenakan biaya untuk parkir sebesar Rp 2.000,-/motor dan Rp 10.000,-/mobil. Di Objek wisata ini juga kalian menyewa pelampung yang sudah tersedia disana, harga penyewaan pelampung tersebut sebesar Rp 10.000,-/pelampung.

Objek wisata Kedung Pedut ini di buka setiap harinya, mulai pukul 07:00 – 17:00 WIB. Pada saat hari libur tiba, Objek wisata ini memang ramai dipadati oleh pengunjung. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Kedung Pedut ini yaitu, pada saat musim hujan ataupun musim kemarau, karena aliran air dari kedung ini mengalir dengan cukup tinggi dan warna hijaunya terlihat sangat jelas.

You may also like

Leave a Comment