Beberapa Destinasi Tempat Wisata Di Kota Jawa Tengah

by novput

Kota Solo merupakan kota yang di bawah Provinsi Jawa Tengah ini merupakan kota terbesar ketiga di pulau Jawa Tengah bagian Selatan setelah Bandung dan Malang menurut jumlah penduduknya. Solo juga merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang punya segalanya yang tak kalah menarik untuk di kunjungi oleh para wisatawan. Disini akan membahas beberapa destinasi tempat wisata yang menarik para wisatawan jika berkunjung di Kota Solo ini.

  • The Heritage Palace
  • Museum Manusia Purba Sangiran
  • Air Terjun Jumog
  • Keraton Kasunanan Sukarta
  • Pura Mangkunegaran

1. The Heritage Palace

The Heritage Palace adalah bangunan yang dulunya bekas pabrik gula gembongan peninggalan jalan colonial Belanda, bangunan ini yang berdiri sejak tahun 1892 ini dan luas tahan sekitar 2,2 hektar yang saat ini di jadikan salah satu destinasi tempat wisata yang ada di Jawa Tengah. Karena bangunan ini peninggalan zaman Belanda, maka nuansa Eropa klasik dan banyak sekali transportasi yang kuno. Salah satu yang menarik parawisatawan untuk berkunjung kesini adalah bentuk bangunan yang nuansa nya sangat tempo doeloe, karena akan nuansa yang klasik inilah sering dipakai para pengunjung untuk berfoto, karena banyak pula spot fota yang cantik, unik dan instagramable di sana.

Harga Tiket The Heritage Palace Solo

Jenis Tiket

Hari Biasa

Akhir Pekan& Musim Liburan

Tiket Gate Outdoor

 

Rp 25.000,-

Tiket Terusan Outdoor+Indoor

Rp 55.000,-

Rp 65.000,-

Tiket Indoor

Rp 45.000,-

Rp 55.000,-

Untuk jam buka tepatnya mulai pukul 09.00 s/d pukul 16.00 WIB

2. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran adalah salah satu Objek wisata yang menarik di Sragen Jawa Tengah.di Museum ini juga selain menjadi tempat wisata sekaligus belajar mengenai jaman prasejarah, di Museum Sangiran menyimpan puluhan ribu fosil dari jaman pleistocen atau lebih dari dua juta tahun yang lalu. Tak hanya itu di Museum ini yang diurus Dinas Pariwisata Sragen, juga mempunyai fasilitas lainnya seperti Gudang fosil, ruang slide, laboratorium dan juga terdapat kios-kios menjual berbagai pernak Pernik dan lainnya.

Untuk berkunjung ke Museum Sangiran ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 8.000,-/org.

Dan untuk jam buka mulai dari hari Selasa – minggu pukul 08:00 – 16:00 WIB.

3. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog yang berada di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, yang juga merupakan sebuah destinasi wisata favorit. Di sini para wisatawan bisa menikmati indahnya air terjun yang di kelilingi bukit dan pepohonan asri, di sediakan pula area kolam renang untuk anak-anak dan kuliner. Objek wisata ini di buka untuk umum sejak tahun 2004, walaupun air terjun nya tidak terlalu tinggi namun tetap memancarkan uniknya keindahan alamnya.

Jika para wisatawan ingin berkunjung dan menikmati Air Terjun ini, akan di kenakan biaya tiket namun tenang saja, untuk harga tiketnya pun bisa dikatakan cukup murah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog

Wisatawan Lokal

Rp 10.000,-

Wisatawan Mancanegara

Rp 25.000,-

4. Keraton Kasunanan Sukarta

Keraton Kasunanan Sukarta yang terletak di pusat kota Solo ini menjadi salah satu destinasi yang ada di Jawa Tengah, jika parawisatawan ingin mengunjungi Keraton Kasunanan Sukarta ini, pengunjung harus mematuhi peraturan yang ada disana, seperti tidak memakai celana pendek dan kacamata hitam. Keraton Solo ini jika dari arah depan akan terlihat susunan kota lama khas Jawa, di dalam keraton ini pengunjung dapat menyaksikan benda-benda peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta dan ada beberapa fragmen candi yang di temukan di Jawa Tengah.

Untuk kalian yang ingin mengunjungi Keraton Kasunanan ini akan ada biaya tiket masuk per orangnya. Tetapi tenang saja untuk biaya nya masih sangat cukup murah, untuk per orang nya akan dikenakan Rp 15.000,-/org dan jika kalian membawa rombongan harga tiket masuk akan lebih murah Rp 10.000,-/org. Akan tetapi jika kalian mengunjungi Keraton Kasunanan dengan membawa rombongan sebaiknya reservasi terlebih dahulu via telepon, untuk Museum Keraton Kasunanan ini dibuka Senin – Jumat pukul 09:00 – 14:00 WIB.

5. Pura Mangkunegaran

Selain Keraton Kasunanan Surakarta, di kota Solo ini juga memiliki istana yang megah dan indah yaitu Pura Mangkunegaran, yang didirikan pada tahun 1757 melalui sejarah yang cukup Panjang. Pura Mangkunegaran ini juga merupakan salah satu destinasi Objek wisata jika Anda berkunjung ke Solo. Selama anda mengunjungi Pura Mangkunegaraan, selama berkunjung akan di temani seorang tour guide, dan begitu memasuki area Pura Mangkunegaran Anda akan melihat hamparan halaman yang begitu luas dan akan menemukan bangunan bergaya Eropa bertuliskan Kavelerie Artillerie.

Berikut harga tiket masuk Puro Mangkunegaran.

  • Harga tiket domestic : Rp 20.000,-/org
  • Harga tiket turis : Rp 40.000,-

Dan untuk informasi jam buka Pura Mangkunegaran :

  • Weekday : 08:30 – 14:00 WIB
  • Weekend : 08:30 – 13:00 WIB

You may also like

Leave a Comment