Berwisata Bahari Serta Sejarah Di Tepi Utara Jakarta

by novput

Pelabuhan Sunda Kelapa Jadi Gelanggang 'Perang Salib' | Republika Online

Tidak jauh dari kawasan Kota Tua Jakarta terdapat lokasi murah dan cenderung tersembunyi, kawasan tersebut adalah Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan Sunda Kelapa dikenal sejak abad ke-12 yang kala itu merupakan Pelabuhan yang terpenting bagi kerajaan Pajajaran. Lalu kemudian masuknya Islam dan para penjajah dari Benua Eropa yang merebutkan Pelabuhan Sunda Kelapa ini.

Pada akhirnya Pelabuhan ini di kuasai oleh Belanda selama kurang lebih 300 tahun lalu mereka mengganti nama menjadi Pelabuhan Kelapa. Namun pada awal tahun 1970-an nama Kelapa kembali digunakan sebagai nama resmi yaitu ”Sunda Kelapa”.

Daya Tarik Pelabuhan Sunda Kelapa

10 Gambar Wisata Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta, Tiket Masuk Angkutan Umum  Ke Lokasi | JejakPiknik.Com

Di Pelabuhan Sunda Kelapa ini terdapat banyak fotografer yang sudah siap mereka bidik dengan kamera professional. Dan di area tersebut juga banyak terdapat atraksi dari anak kapal akan tetapi mereka tidak memasang tarif untuk sekali atraksinya, tapi biasanya para pengunjung memberi makanan,minuman ataupun uang jajan seikhlasnya untuk mereka.

Jika kalian menyukai wisata yang memacu adrenalin, di area ini tersedia banyak sampan yang siap di sewakan untuk para pengunjung yang datang. Tentunya harga yang di berikan pun sangat terjangkau dan juga di tiap sampan nantinya akan di temani oleh seorang pemandu yang akan duduk di paling belakang.

Museum Bahari atau Museum Maritime

Yuk Lebih Mengenal Sejarah Maritim di Museum Bahari Jakarta! | gomuslim

Museum Bahari ini memiliki koleksi sekitar 126 benda-benda sejarah tentang kelautan dan terdapat 19 koleksi perahu yang masih asli dan 7 buah miniatur. Khususnya koleksi kapal-kapal dagang tradisional yang telah mengarungi samudera di seluruh dunia yang tentunya akan menambah pengetahuan tentang kekayaan alam laut serta teknologi perkapalan pada masa silam.

Di museum ini juga terdapat 2 buah Meriam, yang pertama adalah Meriam tanpa alas dan yang kedua Meriam yang menggunakan alas roda.

Untuk dapat menikmati kawasan Museum Bahari dan Menara Syahbandar Jakarta pengunjung harus membeli karcis masuk sebesar Rp 2.000,-/org untuk anak-anak dan Rp 5.000,-/org untuk dewasa dan beroperasi pada hari Selasa-Minggu dari pukul 09.00-15.00 WIB. Jika kalian sudah puas berkeliling dan belajar tentang sejarah museum tersebut kalian bisa ber swafoto di kapal-kapal kayu yang bersandar serta tumpukan container yang cantik serta instagramable untuk dijadikan objek fotografi.

Lokasi : Jl. Pasar Ikan No.1 RT.11/RW.4, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440

Tips Dan Saran Mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari

Tips dan saran untuk kalian sebelum berkunjung ke Pelabuhan Sunda Kelapa di Penjaringan Jakarta Utara adalah terlebih dahulu melihat keadaan cuaca agar tidak menghambat aktivitas liburan kalian. Lalu selanjutnya adalah mempersiapkan keperluan seperti bekal makan,air minum dan lainnya. Dan barang tambahan lainnya seperti kamera untuk mengabadikan momen,tissue basah,obat-obatan serta atiseptik agar liburan kalian berjalan dengan lancar.

Harga Tiket Masuk

Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta ketika menjelang sunset - LiburMulu.Com

Untuk tiket masuk ke Pelabuhan Sunda Kelapa akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,-/org dan jika kalian ingin mencoba wisata adrenalin di Pelabuhan yaitu menaiki sampan. Dalam satu sampan menampung 6-4 penumpang. Harga satu sewa sampan nya akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,-/org akan tetapi kalian harus berhati-hati karena tidak disediakan pelampung.

Informasi Lokasi

10 Gambar Wisata Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta, Tiket Masuk Angkutan Umum  Ke Lokasi | JejakPiknik.Com

Lokasi wisata Pelabuhan Sunda Kelapa terletak di Kelurahan Penjaringan,Kota Jakarta Utara Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Akan tetapi jika kalian masi bingung lokasi letak wisata tersebut,disarankan untuk menggunakan Google Maps.

Lokasi : Sunda Kelapa. No.16 RT.11/RW.4, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430-

You may also like

Leave a Comment