Berwisata Di Tirta Gangga, Pesona Istana Air Suci Kerajaan Karangasem Bali

by novput

image credit @kaleidohope_official

Objek wisata Tirta Gangga di Karangasem Bali dulunya adalah sebuah taman air kerajaan Karangasem yang berada di Bali Timur. Pada saat ini taman air tersebut berfungsi sebagai tempat wisata di Bali Timur.

Mayoritas wisatawan yang berkungjung ke wisata ini adalah wisatwan asing,namun akhir-akhir ini juga mulai di minati oleh wisatawan lokal

Sejarah & Informasi Tentang Tirtagangga Karangasem

image credit @ivi__jenny

Objek wisata Tirta Gangga berasal dari kata Tirta yang berarti air suci dan Gangga yang merupakan nama sungai di India. Tiga hal utama yang terdapat di Tirta Gangga yaitu taman,kolam dan patung.Taman air Tirtagangga Karangasem ini di bangun pada tahun 1946 oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung yang merupakan raja Karangasem dan sampai pada saat ini taman ini masih milik kerajaan Karangasem.

Komplek Taman Tirta Gangga ini sebelumnya pernah hancur akibat dari letusan gunung Agung pada tahun 1963 dan pemerintah kabupaten Karangasem Kembali membangun taman ini dan diperuntukan untuk kawasan berwisata.

Luas area taman Tirtangga seluas 1,2 hektar yang membentang dari arah timur ke barat dan terdapat tiga tingkatan bangunan di taman Tirtangga . Di bangunan tertinggi petama terdapat mata air yang terletak di bawah pohon beringin,bangunan level kedua terdapat kolam berenang dan bangunan ketiga yang terletak di paling bawah terdapat kolam hias beserta air mancur.

Hal pertama yang akan dilihat wisatawan pada saat mengunjungi taman Tirtangga ini adalah hamparan kolam air yang terdapat terdapat sebuah candi yang menjulang tinggi dibagian kanan serta para wisatawan juga dapat melihat ikan hias yang terdapat di kolam tersebut.

Selain itu air di Taman Tirtagangga Karangasem ini sangat sejuk dan jernih,karena air kolam tersebut berasal dari mata air dan mata air tersebut di anggap sebagai air suci oleh masyarakat lokal dan juga digunakan dalam upacara keagamaan di daerah sekitar. Selain itu sepertiga dari pasokan mata air ini dikirim ke rumah penduduk dan dua pertiganya di gunakan untuk mengisi kolam dan keluaran air kolam dipergunakan untuk pertanian.

Harga Tiket Masuk Tirta Gangga Karangasem

Untuk bisa memasuki kawasan wisata Taman Air Tirtagangga pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000,-/org dan jika ingin berenang akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000,-/org.

Jam Buka & Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Tempat wisata Taman Air Tirtagangga ini buka mulai dari pukul 08.00-18.00 biasanya tempat ini sangat ramai pada pukul 12.00-16.00 dan rata-rata pengunjung menghabiskan waktu 1 jam di taman ini.

Aktifitas yang biasa dilakukan oleh pengunjung di tempat ini adalah berfoto dan biasanya memberi makan ikan. Untuk makanan ikan tersebut pengunjung dapat membelinya di toko-toko yang berada di area luar. Spot foto favorit yang paling digemari oleh pengunjung adalah pijakan batu yang terapung di atas permukaan air.

Lokasi & Cara Terbaik Untuk Menuju Lokasi

Taman Air Tirta Gangga ini berlokasi di Jl. Raya Abang Desa Adat,Ababi,Abang,kabupaten Karangasem,Bali. Jika kalian sebelumnya belum pernah mengunjungi wisata ini sebaiknya kalian menggunakan jasa sewa mobil dengan supir,hal tersebut akan menghindari kamu akan tersesat dan tidak membuang-buang waktu di jalan. Selain itu, biaya transportasi juga menjadi lebih murah karena dihitung 12 jam sehari dan kamu dapat beristirahat di dalam mobil selama dalam perjalanan

You may also like

Leave a Comment