Berwisata Ke Blue Lagoon, Salah Satu Surga Tersembunyi Di Yogyakarta

by novput

Blue Lagoon merupakan salah satu destinasi wisata air yang ada di Jogja dan sudah sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh parawisatawan dari berbagai penjuru daerah dan mancanegara. Banyak pula yang menganggap destinasi wisata Blue Lagoon ini sebagai wisata surga tersembunyi di Jogja.

Objek wisata Blue Lagoon ini mulai dikenal sejak tahun 2014. Di sekitar area Objek wisata ini, adanya tiga mata air yang menjadi sumber, yaitu Belik Kluwih, Sendang Lanang (putra), dan Sendang Wadon (putri). Dan ketiga sendang tersebut berada di daerah aliran Sungai Tepus.

  • Air Belik Kluwih

Merupakan berkumpul dan membentuk sebuah kedung, sementara Sendang Lanang yang membentuk kolam kecil. Maka, Kedung inilah yang akhirnya dijuluki sebagai Blue Lagoon.

  • Sendang Wadon (Putri)

Merupakan tempat pemandian para wanita yang berada di dalam sebuah bilik yang berupa kolam kecil.

  • Sendang Lanang (Putra)

Merupakan pancuran air yang berasal dari dinding tepi kali yang membentuk sebuah kolam kecil.

Menikmati Segarnya Air Blue Lagoon Jogja

Objek wisata Blue Lagoon merupakan sungai alami. Namun, sungai ini memiliki suasana alam yang alami dengan air yang jernih alami, dan akan membuat parawisatawan penasaran untuk berkunjung ke Objek wisata ini.

Berenang di Blue Lagoon

Meskipun Blue Lagoon di Jogja ini tidak seluas dengan Blue Lagoon yang ada di Islandia. Namun, wisata air yang ada di Jogja ini tak kalah menggoda dengan yang ada di Islandia. Air jernih yang berwarna biru dapat membuat wisatawan tak tertahan untuk berenang ataupun berendam. Bagi wisatawan yang tak berniat untuk berenang, terdapat pula beberapa sudut kolam yang ada semacam kedung kecil berdinding batu, bisa dipakai wisatawan untuk berendam atau sekedar bermain air.

Tetapi perlu juga diingat, untuk mendapatkan warna air tersebut yang berwarna hijau kebiru-biruan, parawisatawan ada baiknya untuk datang pada saat musim kemarau tiba. Karena pada saat hujan. Air yang ada di kolam tersebut akan bercampur dengan air Sungai Tepus, sehingga airnya menjadi berwarna kecokelatan.

Terapi Pijat di Blue Lagoon

Setelah kalian puas berenang dan berendam, parawisatawan yang berkunjung dapat mencoba sensasi pijat dengan medium air yang keluar dari pancuran.

Lokasi pancuran tersebut biasa digunakan wisatawan untuk terapi pijat yaitu dari pancuran yang paling tinggi, yang berada disebelah Sendang Lanang.

Berseluncur di Blue Lagoon

Pada saat musim hujan tiba, parawisatawan mungkin tidak bisa menikmati birunya air di kolam tersebut. Tetapi bukan berarti tak ada yang bisa dilakukan. Pengunjung dapat meminjam pelampung dan menyewa ban pada pengelola. Dengan ban dan pelampung tersebut, parawisatawan dapat berseluncur di bendungan batu yang ada disekitar kolam.

Dan tentunya, pada saat musim hujan tiba, air dari kolam tersebut akan melimpah. Dan oleh karena itu parawisatawan harus ekstra berhati-hati.

Bersantai di Blue Lagoon

Di Objek wisata ini, kalian tak hanya bermain air saja. Tetapi, wisatawan juga bisa menikmati beberapa fasilitas lainnya yang disediakan oleh pengelola, salah satunya yaitu gazebo.

Gazebo tersebut nantinya akan di sediakan disekitaran kolam, dan wisatawan bisa duduk bersantai dan juga bercengkrama sambil menikmati rimbunnya hutan yang ada disekitar kolam.

Bercengkrama Dengan Warga Sekitar Blue Lagoon

Di Objek wisata ini kalian tak hanya berwisata di kolamnya saja, tetapi di Kawasan wisata ini juga telah berstatus sebagai desa wisata yang bernama dengan Desa Wisata Blue Lagoon. Yang berarti pengelola di Objek wisata saat ini sudah semakin tertata dan profesional.

Pengelola juga sudah menyediakan beberapa homestay yang merupakan rumah milik warga setempat yang sengaja disewakan untuk parawisatawan yang berkunjung dan ingin bermalam di Objek wisata ini. Dengan begini, parawisatawan dapat melupakan kepenatan sejenak dan meninggalkan kebisingan riuhnya akan perkotaan.

Menikmati Kuliner

Setelah kalian puas berenang dan bermain air, tak lengkap rasanya jika tidak mencoba dan mencicipi sajian kuliner yang dijual di area sekitar Objek wisata ini. Beragam kuliner dapat kalian cicipi seperti jajanan pasar hingga nasi kucing bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi Wisata Blue Lagoon

Lokasi tempat wisata air Blue Lagoon ini tidaklah sulit untuk ditemukan. Dari pusat Kota Jogja kalian bisa langsung menuju ke Jalan Kaliurang. Dan sesampainya disana, kalian bisa terus melaju dan melewati Jalan Raya Besi – Jangkang dan tiba di Pasar Jangkang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Blue Lagoon

Kalian bisa menikmati kesegaran kolam alami yang ada di Objek wisata ini dan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam serta kesegaran air kolam yang alami, kalian akan dikenakan tarif untuk tiket masuknya. Namun tenang saja, untuk harga tiket masuknya juga cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 10.000,-/orang.

Dan untuk jam buka di Objek wisata ini, dibuka setiap harinya. Dari pagi hari hingga sore hari. Pada hari Senin – Minggu mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB.

You may also like

Leave a Comment