Berwisata Seru Dan Menarik Di Ranca Upas Ciwidey, Bandung

by novput

Kota Bandung menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat populer di kalangan parawisatawan. Hal ini tentu saja didukung oleh banyaknya Kawasan wisata yang dapat kalian temui ketika sedang berada di kota yang memiliki julukan Paris Van Java. Selain Kawasan wisata alam, di Bandung juga dapat kalian temui wisata belanja hingga wisata kuliner. Dan tentunya akan memberikan kemudahan kepada parawisatawan.

Untuk Kawasan wisata alam, Kota Bandung telah menyajikan aneka Kawasan wisata alam yang siap memanjakan parawisatawan yang berkunjung. Mulai dari pegunungan hingga air terjun yang menampilkan panorama yang cukup eksotis. Salah satunya yaitu Kawasan wisata alam yang cukup populer yaitu Kawasan wisata Ranca Upas.

Kawasan wisata Ranca Upas merupakan salah satu Objek wisata yang terletak di sekitar Bandung Selatan. Kawasan Objek wisata ini menjadi salah satu Kawasan wisata alam terbaik dan juga menjadi salah satu Kawasan bumi perkemahan terpopuler yang dapat dikunjungi oleh para turis untuk melihat keindahan alam lebih dekat.

Objek wisata Ranca Upas merupakan salah satu Kawasan wisata yang menyajikan panorama akan keindahan alam yang mempesona. Kawasan ini berdiri di lahan yang memiliki luas hingga 215 Hektar.

Kawasan wisata alam ini menjadi salah satu Kawasan wisata hutan lindung yang berada di daerah Bandung, Jawa Barat. Selain sebagai tempat wisata, Kawasan hutan lindung di Ranca Upas ini juga menjadi salah satu tempat yang digunakan sebagai konservasi dari berbagai aneka ragam dari Flora langka.

Di Kawasan wisata ini parawisatawan dapat menemukan beberapa tanaman langka seperti Hamirug, Jamuju, Kihutan, Huru, hingga Kitambang dan juga ada beberapa fauna yang dilindungi di Kawasan wisata ini seperti burung dan juga rusa.

Kawasan wisata hutan lindung di Ranca Upas ini menjadi salah satu Objek wisata yang siap memanjakan para wisatawan di daerah Bandung Selatan. Selain Kawasan wisata alam lainnya seperti Situ Patenggang, Kawah Putih, dan juga daerah Cimanggu. Apalagi Kawasan ini sangat pas untuk di kunjungi bersama dengan keluarga, teman, ataupun dengan pasangan.

Berlibur dengan menikmati dan menyaksikan keindahan alam pegunungan yang masih sangat asri dan alami, tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri. Di tambah lagi dengan adanya suhu udara yang cukup dingin dan juga cenderung ekstrim, dan akan membuat para wisatawan serasa berada di pegunungan Alpen.

Objek wisata alam Ranca Upas ini lokasinya berada di Kawasan wisata Bandung Selatan yang masih satu lokasi dengan Kawah Putih, Kolam Cimanggu, dan Situ Patenggang. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di Kawasan wisata ini, yakni seperti berkemah, berinteraksi dengan rusa, hingga bermain di water park dan juga mandi air panas.

Harga Tiket Masuk Ranca Upas Ciwidey

Karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kawasan ini untuk berkemah. Karena itulah kegiatan ini cukup dapat mengeluarkan untuk biaya tambahan. Dan untuk harga tiket masuk ke Kawasan Objek wisata Ranca Upas Ciwidey ini, sebenarnya biayanya cukup terjangkau. Namun, untuk wisatawan yang ingin menghemat biaya berkemah, wisatawan juga bisa membawa tenda dan juga peralatan sendiri.

Harga Tiket Masuk Ranca Upas Ciwidey

Tiket Wisatawan Lokal Rp 22.000,-
Camping Wisatawan Lokal Rp 33.000,-
Tiket Wisatawan Mancanegara Rp 44.000,-
Camping Wisatawan Mancanegara Rp 55.000,-
Kolam Renang Rp 22.000,-
Shooting Rp 3.000.000,-
Pre Wedding Rp 500.000,-
Area Bermain Anak Rp 10.000,-
Berkuda Rp 50.000,-
Battle Archery Rp 30.000,-
Booking Area/Blok/Malam Rp 500.000,-

Price List Sewa Tenda dan Perlengkapan

Tenda Pleton Kapasitan 40 Orang Rp 750.000,-
Tenda Regu Kapasitan 20 Orang Rp 400.000,-
Tenda Roofi Kapasitan 10 Orang Rp 400.000,-
Tenda Charly Kapasitas 7 Orang Rp 300.000,-
Tenda Gama Kapasitas 4 Orang Rp 250.000,-
Tenda Dome Kapasitas 3 Orang Rp 150.000,-
Matras Rp 15.000,-
Sleeping Bag Rp 25.000,-
Extra Bed Rp 80.000,-
Nesting & Kompor Rp 120.000,-
Petromak Rp 80.000,-
Kayu Bakar Rp 15.000,-

Tiket Parkir Kendaraan

Parkir Motor Rp 6.000,-
Parkir Mobil Rp 11.000,-
Parkir Bus Rp 27.000,-
Parkir Motor Khusus Camping Rp 8.000,-
Parkir Mobil Khusus Camping Rp 17.000,-
Parkir Bus Khusus Camping Rp 33.000,-

Jam Buka Ranca Upas Bandung

Kawasan Objek wisata ini dibuka setiap harinya selama 24 jam.

  • Jam Wisata dan Penangkaran Rusa : 08.00 – 17.00 WIB
  • Camping : 24 Jam

Lokasi Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey

Kawasan wisata ini lokasinya berada di Jl Raya Ciwidey, Patengan No. KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih 45 KM dari pusat Kota Bandung. Sedangkan untuk waktu tempuhnya bisa sampai ke lokasi memerlukan kurang lebih 1,5 jam. Dengan menggunakan kendaraan dan melewati jalan tol Soreang.

  • Kegiatan Berkemah

√ Wisata Ranca Upas: Camping, Paket Wisata & Tiket Masuk

Objek wisata alam ini sering digunakan sebagai area untuk berkemah. Memanglah aktivitas inilah yang sesuai dengan peruntukan tempat wisata ini sebagai bumi perkemahan. Bahkan semua wisatawan bisa menikmati suasana berkemah tidak terbatas usia ataupun status sosial.

Lokasi berkemah ini memiliki area yang sangat luas, sehingga mampu untuk menampung banyak peserta. Tak hanya itu, Objek wisata ini juga sering dijadikan sebagai tempat jambore tingkat nasional dengan berbagai organisasi di Indonesia. Selain itu pula, suasana alam yang masih terlindungi ini menambah daya tarik sendiri untuk berkemah.

Bagi wisatawan yang berkunjung dan tidak membawa alat-alat berkemah, di Objek wisata ini juga sudah tersedia penyewaan. Berbagai macam alat untuk berkemah seperti tenda hingga sleeping bag pun ada disini, dan untuk harga sewa peralatan untuk berkemah pun masih cukup bersaing. Maka rasanya tak cukup untuk pengalaman yang luar biasa ini di Ranca Upas Ciwidey.

  • Berinteraksi di Penangkaran Rusa

Syahdunya Pagi di Ranca Upas

Selama di Objek wisata ini tak hanya berkemah yang bisa dilakukan wisatawan yang berkunjung. Ada pilihan lainnya yaitu berinteraksi langsung dengan rusa di penangkaran rusa yang ada di dalam Kawasan wisata alam ini. Interaksi yang sering dilakukan yaitu seringnya memberi makan sembari berfoto dengan rusa-rusa yang cantik.

Di lokasi penangkaran rusa ini, pengunjung dan rusa tidak berbatas dengan pagar, tetapi langsung turun ke habitatnya. Sementara itu, pawang akan menemani pengunjung ketika memberi makan rusa. Sedangkan, untuk makanan rusa itu sendiri, pengunjung bisa membelinya di counter yang sudah tersedia. Dan biasanya makanan yang sudah tersedia untuk rusa, yaitu wortel yang sudah terikat.

  • Kegiatan Outbound

√ Objek Wisata + Harga Tiket Masuk Ranca Upas s/d Des 2021

Kegiatan lain selanjutnya yang ada di Ranca Upas Ciwidey adalah aktivitas outbound. Hal ini yaitu bagian dari inovasi yang dilakukan pengelola untuk bersaing dengan tempat wisata lainnya. Karena memiliki latar alam yang sangat terbuka dan juga alami, aktivitas outbound di Objek wisata alam ini sangatlah menyenangkan dan juga seru.

Banyaknya wahana permainan yang tersedia, antara lain flyingfox, jembatan goyang, elvis bridge, dan masih banyak lainnya. Wahana outbound ini juga sering digunakan untuk gathering perusahaan ataupun sekolah. Baik untuk membangun Kerjasama team atau pun hanya untuk bersenang-senang bersama.

  • Spot Foto Bernuansa Alam

Tempat Wisata Keluarga di Ranca Upas Bandung | Wisatakaka

Karena wisata alam ini memiliki latar alam yang alami padang rumput, penangkaran rusa, dan juga hutan. Objek wisata Ranca Upas Ciwidey ini sering menjadi pilihan lokasi untuk berfoto. Apalagi di era digital saat ini, hampir semua orang bisa beraktivitas untuk berfoto dengan gadgetnya masing-masing. Dan beberapa foto bahkan memiliki nilai seni dan nilai jual yang sangat tinggi.

Salah satu yang menjadi kegiatan foto dan sering berlangsung di Objek wisata ini yaitu foto prewedding. Foto dengan model seperti ini memang sangatlah cocok dengan suasana yang ada disini. Karena memiliki latar belakang yang indah dan juga alami, dan hasil foto dari calon pengantin pun terlihat sangat bagus sekali.

  • Waterboom dan Kolam Renang Air Panas

Kampung Cai Ranca Upas Bandung, Menikmati Keindahan Alam Sekaligus Camping  - Java Travel

Sejauh ini pengelola Kawasan wisata ini terus berinovasi dengan menghadirkannya wahana baru. Salah satunya yaitu waterbomnya. Dengan bermain di kolam renang dan waterboom Ranca Upas Bandung, memiliki suasana yang berbeda. Hal ini karena suhu udaranya yang dingin.

Lalu ada juga beberapa fasilitas kolam pemandian air panas kampung cai. Berendam di air panas dengan cuaca yang dingin tentunya akan sangat menyegarkan. Idealnya setelah bermain air di kolam renang dan waterboom, pengunjung dapat memulihkan suhu tubuhnya dengan berendam di air panas.

You may also like

Leave a Comment