Cantiknya Pantai Karang Bolong Pacitan

by novput

Berbicara mengenai Pantai eksotis yang merujuk ke pantai-pantai yang ada di Lombok, Bali, Pulau Rote hingga Papua. Namun jangan salah, kekayaan alam dan bahari Indonesia tak hanya terletak di pulau-pulau yang sudah padat dengan wisatawan tersebut.

Tak terkecuali di Pacitan, yang terdapat di Pantai Watu Bale dengan batu karang yang khas, Pantai Klayar, dan Pantai Banyu T ibo serta air terjun yang langsung dari pegunungan yang alami.

Selain itu pula terdapat Pantai Karang Bolong yang khas dengan bongkahan tebing karang yang besar dan tinggi serta terdapat juga lubang di dalamnya. Sehingga warga sekita Kota Pacitan tentu merasa sangat terhibur ditengah Kota yang padat dan sibuk untuk dijadikan sarana untuk rekreasi yang pas.

Pantai Karang Bolong Pacitan

Lubang yang ada dalam tebing karang ini lah yang menjadi asal muasal dari Pantai Karang Bolong dengan nuansa sunset yang terlihat sangat eksotis. Pantai Karang Bolong Pacitan yang menjorok ini bukan merupakan Pantai yang berpasir melainkan daratan yang dipenuhi dengan tanaman hijau yang menyerupai sabana.

Tebing-tebing yang curam dan membuat bibir Pantai dengan daratan tidak bisa di jangkau. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pantai Karang Bolong Pacitan terletak di bawah tebing dan tidak ada kemungkinan untuk berenang karena ombak di Pantai ini terlalu besar.

Namun hal tersebut tentunya tidak akan mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Karang Bolong ini, karena sabana yang adem dan luas dapat dijadikan sarana kegiatan lain yang mengasyikkan.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat air terjun alami yang mengalir langsung ke laut. Namun untuk fasilitas yang ada di Objek wisata ini tidak begitu banyak, hanya ada area parkir, kamar mandi, dan pedagang kaki lima yang ada di tebing sabana tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Bolong Pacitan

Untuk pengunjung sebelum memasuki area Kawasan Objek wisata Pantai ini, kalian akan wajib membeli tiket masuk. Namun, kalian tak perlu khawatir, karena harga tiket masuknya sendiri masih cukup terjangkau. Kalian hanya akan merogoh kocek sebesar Rp 1.000,- hingga Rp 5.000,- per orang. Dengan harga tersebut kalian dapat melihat landscape alam dari atas tebing karang bolong.

Rute Menuju Pantai Karang Bolong Pacitan

Objek wisata Pantai Karang Bolong Pacitan ini berlokasi di sebelah Barat Pantai Klayar atau tepatnya di Dusun Donorejo, Kelurahan Sendang, Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Bagi pengunjung yang datang dari dalam Kota Pacitan dapat langsung berbelok kiri menuju Goa Gong hingga di pertigaan besar, kemudian belok ke kanan menuju Pantai Klayar. Ketika di area parkir Goa Gong, lalu ikuti jalan utama sampai pada perempatan Klayar tinggal berbelok kanan lalu sampai pada pintu masuk dan membeli tiket masuk.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Objek wisata ini, dan datang dari Surabaya. Kalian dapat melalui Kota Mojokerto, sementara pengunjung yang datang dari Solo dan Yogyakarta dapat melalui jalur raya Solo-Pacitan.

Dan untuk pengunjung yang datang dari Semarang dan sekitarnya, kalian dapat menempuh jalan Nasional III, dan yang dari Jawa Barat kalian dapat melalui Tol Cipali yang dilanjutkan ke Tol Brebes-Solo, dan kemudian keluar ke arah Pacitan.

Objek Wisata di Pantai Karang Bolong

Di Pantai Karang Bolong Pacitan, kalian dapat menikmati keindahan alam yang mempesona indah sekaligus kalian dapat melakukan banyak aktivitas-aktivitas yang dapat membuat segar tubuh dan juga pikiran kalian.

1.Batu Karang Bolong

Tebing raksasa yang terbuat dari bongkahan karang yang indah dan eksotis ini merupakan salah satu daya tarik bagi para penikmat ketenangan dan kedamaian.

Wilayah Pantai Karang Bolong di Pacitan ini memang terletak dibawah tebing sehingga membuatnya tidak dapat diakses, oleh karena itu melihat ombak laut terlihat indah dari atas tebing merupakan ide yang sempurna dan sangat direkomendasikan.

2. Sabana

Sabana yang luas dan hijau ini dijadikan sebagai pengganti tidak adanya hamparan pasir lembut yang memisahkan daratan dengan bibir pantai. Sabana juga ditumbuhi berbagai pepohonan ini menghubungkan daratan dengan tebing batu karang bolong, sehingga dapat melihat spot yang sama yang tampak menarik dan juga merasakan hembusan angin yang sejuk.

3. Air Terjun

Tidak hanya batu karang bolong yang menjadi alasan banyaknya pengunjung yang singgah di Pantai Karang Bolong Pacitan ini. Namun juga adanya air terjun yang mengalir langsung dari mata air alami. Air terjun ini bersumber langsung dari sabana diatas dan mengalir ke laut dan membuatnya Nampak seperti air terjun dalam dongeng tujuh bidadari.

4. Menikmati Sunrise dan Sunset

Dengan tebing yang eksotis serta lubang ditengahnya tak hanya dimanfaatkan untuk melihat ombak laut dan juga kejernihannya. Namun, juga dapat melihat indahnya sunrise dan sunset dari atas tebing.

Dan jika kalian berada di sisi lain yang berlawanan dengan batu karang bolong ini, kalian juga dapat melihat siklus matahari yang bergerak melalui lubang tersebut.

5. Area Camping dan Kegiatan Olahraga

Area sabana yang luas ini dapat dijadikan sebagai lahan parkir kendaraan. Selain itu pula yang paling penting yaitu areanya yang dapat dijadikan sebagai lahan camping bersama kerabat ataupun keluarga.

Di area camping ini, pengunjung juga dapat memanfaatkan lahan untuk mendirikan tenda, dan membuat api unggun hingga dapat melakukan berbagai game yang ringan.

Di Sabana ini, pengunjung juga bisa memanfaatkan waktu dengan melakukan kegiatan berolahraga ataupun aktivitas bersama-sama. Dan kalian juga dapat melakukan pesta barbeque, pinata, bersepeda, bermain music, hingga bermain sepak bola ataupun Volli Pantai yang tentunya sangat mengasyikkan.

Namun, satu hal juga perlu diperhatikan yaitu pentingnya untuk menjaga kebersihan dan juga keselamatan.

Pantai Karang Bolong ini merupakan Pantai yang eksotis dengan keindahan alam dan juga kejernihan laut yang meskipun tidak dapat diakses langsung menuju air laut. Namun keindahan dari tebing menjadi spot untuk melihat pemandangan dan Sabana untuk berekreasi sudah lebih dari cukup.

You may also like

Leave a Comment