10 Gambar Citumang Ciamis, Tiket Masuk Harga Body Rafting Lokasi Alamat Hotel Villa Jam Buka | JejakPiknik.Com

Citumang Pangandaran, Objek Wisata Air yang Penuh Tantangan

by novput

10 Gambar Citumang Ciamis, Tiket Masuk Harga Body Rafting Lokasi Alamat  Hotel Villa Jam Buka | JejakPiknik.Com

Pangandaran memang selalu menarik untuk dikunjungi. Karena wilayahnya dibagian selatan dan Pulau Jawa ini memang terkenal dengan Objek wisatanya yang begitu indah. Mulai dari keindahan pantai, Taman Nasional Satwa, hingga pesona wisata airnya. Di pangandaran sendiri juga terdapat sebuah wisata alam yang menyajikan akan keindahan aliran sungai yang begitu indah dan mempesona.

Objek wisata Citumang Pangandaran ini merupakan sebuah aliran sungai yang membelah hutan dengan debit aliran sedang yang menuju ke sebuah goa. Jika kalian perhatikan wisata di Pangandaran ini memang begitu mempesona, keindahan alam di sekitar sungai ini juga begitu sangat asri dengan tumbuhan hutan yang masih dapat dinikmati. Selain itu juga kejernihan air di sungai Citumang ini juga menjadi daya tarik untuk parawisatawan.

Pangandaran tak hanya populer karena estetika akan wisata pantainya. Di pangandaran juga memiliki keindahan alam yang sangat menawan, mulai dari sungai, pantai, hingga air terjunnya. Sungai di pangandaran ini memang sangat populer karena kejernihan aliran airnya, sehingga dijadikannya menjadi lokasi kegiatan seperti body rafting.

Ada beberapa lokasi yang kerap dijadikan destinasi wisata body rafting di Pangandaran, yaitu Ciwayang dan Santirah. Khusunya yaitu Citumang. Kalian akan diajak untuk menyusuri sungai yang masih sangat bersih dan jernih, dengan air biru kehijauan dengan jarak tempuh ± 2 jam. Objek wisata ini memang sangat cocok untuk memanjakan diri selama liburan sambil menikmati keindahan alam dan tentunya sangat sayang jika kalian lewatkan.

Sejarah Citumang Pangandaran

Selain terkenal dengan keindahan dan juga pesona sungai Citumang Pangandaran Jawa Barat. Ternyata dibalik dengan keindahan alamnya, tersimpan pula mitos yang sampai saat ini masih melekat kental di masyarakat sekitar. Pada zaman dahulu, masa kerajaan Indonesia mulai menapaki keruntuhannya. Lalu ada seorang utusan yang dengan sengaja mencari informasi akan penyebab runtuhnya kerajaan yang ada di Indonesia.

Di dalam perjalanan, Ia menyusuri banyak sungai. Namun, dari sungai-sungai yang telah dilalui, terdapat aliran sungai yang kering, sehingga membuatnya harus berhenti sejenak. Aliran sungai yang kering tersebut membuat para rombongannya untuk tidak melanjutkan perjalanan dan lebih memilih menepi di aliran sungai tersebut.

Anehnya sang utusan dan rombongannya hilang hingga tak ada yang mengetahui penyebabnya. Namun, usut punya usut, didalam aliran sungai terdapat pula sosok astral yang menyerupai buaya putih. Yang diduga utusan dan para rombongan menjadi sasaran makhluk astral seperti buaya putih yang ada di sungai Citumang.

Dibalik cerita mistis Citumang Pangandaran, nama Citumang sendiri diberikan bukan tanpa alasan. Sungai yang mengalir deras setelah hilang para utusan dan juga rombongannya, ternyata di ujung sungai terdapat sebuah curug yang berbentuk mirip dengan tungku. Tumang yang memiliki arti tungku menjadi dasar dari timbulnya nama sungai  Citumang Pangandaran ini.

Swafoto di Citumang Pangandaran

Sungai Citumang Pangandaran, Keseruan dan Keceriaan Akhir Pekan Bersama  Teman atau Keluarga

Bagi kalian yang suka dengan menjelajah akan keindahan alam yang ada di Indonesia, maka kalian tak perlu segan untuk berkunjung ke Kawasan Sungai Citumang Pangandaran Jawa Barat. Keindahan wisata sungai ini begitu menarik sehingga dapat kalian jadikan sebagai spot foto terbaik untuk hunting.

Berbagai spot foto terbaik bisa kalian ambil dari sudut manapun. Panorama akan keindahan alam dengan hutan yang masih sangat alami dan juga berwarna hijau yang dikelilingi dengan aliran sungai yang begitu bersih jernih. Dapat membuat foto kalian yang dihasilkan dari tempat wisata Pangandaran ini akan semakin menarik. Namun, sebagai solusinya kalian bisa berkunjung ke Objek wisata Sungai Citumang ini untuk menemukan angle foto yang terbaik.

Harga Tiket Masuk Sungai Citumang Pangandaran

Sebagai salah satu Objek wisata alam yang terbuka dan ada di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, dan membuat wisata Citumang Pangandaran belum memberlakukan harga tiket masuk untuk menikmati keindahan alam yang ada di Objek wisata alam ini untuk parawisatawan yang berkunjung.

Sehingga parawisatawan yang berkunjung dan ingin menikmati keindahan alam yang ada di Sungai Citumang ini, akan bebas masuk tanpa adanya tarif untuk biaya tiket masuknya. Namun, pengunjung hanya akan dikenakan biaya untuk tiket parkir kendaraan. Dan untuk pengunjung yang ingin menyewa alat untuk mencoba rafting di Objek wisata ini juga telah menyediakan alat untuk sewanya.

Berikut harga tiket masuk Sungai Citumang :

Body Rafting Rp 85.000,- / orang

Tiket Masuk WNI 

Senin – Jumat Rp 19.000,- / orang
Sabtu – Minggu Rp 24.000,- / orang

Tiket Masuk WNA

Senin – Jumat Rp 24.000,- / orang
Sabtu – Minggu Rp 29.000,- / orang

Jam Buka Sungai Citumang

Untuk jam buka Objek wisata Citumang yang ada di Kabupaten Pangandaran ini, dibuka secara umum. Dan taka da Batasan wktu untuk jam buka yang ada di lokasi Objek wisata ini. Untuk wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini juga bebas untuk berkunjung kapan saja. Namun, sangat disarankan untuk datang sebelum matahari terbenam.

Body Rafting di Sungai Citumang

28 Tempat Wisata di Ciamis dan sekitar yang Wajib dikunjungi saat Liburan

Citumang merupakan nama dari salah satu sungai yang mengalir di Pangandaran Jawa Barat. Sekilas dengan Namanya, mungkin akan mengingatkan pada nama anjing peliharaan tokoh legenda Sangkuriang, yaitu Si Tumang, dan sesungguhnya kata ‘Tumang’ dalam Bahasa Sunda memiliki arti ‘Tungku’.

Sungai Citumang memiliki aliran air yang bening dan berwarna biru kehijauan. Aliran airnya yang tenang dan juga mempunyai air terjun yang rendah. Di kanan dan kiri sungai juga terdapat hutan yang masih sangat asri. Untuk kalian yang menyukai dengan aktivitas yang menantang adrenaline, kalian dapat melakukan body rafting di Citumang dan pastinya akan menambah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Persiapan Sebelum Memulai Tubing di Sungai Citumang

Untuk menempuh sampai ke lokasi, titik diawalnya kegiatan body rafting, peserta harus melewati akses jalan yang cukup sulit. Kondisinya tak terlalu bagus dan sempit. Sehingga hanya cukup untuk dilalui kendaraan yang sangat kecil. Ada baiknya peserta membuat reservasi untuk menghindari antrian, selain itu untuk harganya akan lebih murah.

Dan untuk sebelum memulai, setiap peserta akan diberikan kelengkapan untuk keselamatan, seperti helm dan baju hangat pelampung. Dan pemandu akan menginfokan untuk panduan aktivitas dan juga rute. Kemudian setelah selesai, peserta akan melakukan pemanasan untuk melemaskan otot-otot.

Body rafting merupakan kegiatan yang memerlukan Gerakan hampir dari semua tubuh. Sehingga pemanasan memang harus dilakukan untuk menghindari cedera yang dapat membahayakan. Setelah pemanasan dilakukan, kemudian sempatkan diri juga untuk mencelupkan kaki di kolam ikan nilam yang tersedia.

Seperti kolam ikan terapi pada umumnya, ikan-ikan di kolam ini juga akan menggerogoti kulit mati pada kaki manusia. Namun, belum terbukti jika kola mini juga yang menjadi tempat Latihan bagi para peserta untuk membiasakan diri dengan gigitan kecil dari ikan-ikan dikolam tersebut.

Objek wisata Sungai Citumang juga merupakan habitat ikan-ikan, sehingga tak jarang akan ada segerombolan ikan yang menggigit kaki peserta ketika sedang menjalani body rafting.

Menyusuri Sungai Citumang Pangandaran

Setelah seluruh peserta sudah selesai persiapan, para peserta akan dibawa menuju lokasi body rafting. Nantinya seluruh peserta harus berjalan kaki untuk menyusuri tepian sungai. Rutenya untuk menuju ke lokasi body rafting, peserta harus melewati kebun, tebing-tebing, dan juga menuju goa yang dihiasi dengan formasi stalaktit.

Kemudian para peserta akan melewati sungai satu per satu. Rasakan sensasi air sungai yang dingin, adem, bersih, yang ada di Sungai Citumang. Dan pemandu akan mengawal peserta untuk menelusuri aliran sungai ke sejumlah spot. Sebagian diantarnya merupakan air terjun, bendungan, dan juga akar gantung.

Pemandu juga akan diminta kelompok untuk membentuk formasi. Dan dibagian sungai yang luas dan hening, pengunjung bisa bergandengan dan Menyusun lingkaran besar. Pengunjung akan saling berkait kaki dan Menyusun ular-ularan. Aktivitas body rafting memanglah layak untuk meningkatkan keakraban dan kekompakan.

Fasilitas Body Rafting Sungai Citumang

Objek wisata Sungai Citumang ini juga sudah tersedia dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti :

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Warung makanan
  • Toilet, dll.

Disekitar Kawasan Objek wisata ini juga terdapat beberapa opsi staycation bagi pengunjung yang ingin bermalam. Sementara untuk biaya dan tarif untuk paket body rafting di Sungai Citumang, sudah termasuk dengan beberapa sejumlah fasilitas seperti kelengkapan body rafting, asuransi, pemandu tamasya, makan siang, dan juga dokumentasi.

Lokasi Body Rafting Sungai Citumang

Sungai Citumang ini berada di Pangandaran, Jawa Barat. Sungai ini termasuk ke dalam komplek Objek Liburan Citumang, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dan letaknya berada di tengah hutan dengan akses jalan yang kecil dan terbatas.

You may also like

Leave a Comment