Curug Bellarosa, Air Terjun yang Memukau di Bandung

by novput

Curug Bellarosa merupakan salah satu curug yang ada di Bandung. Seperti yang kalian ketahui bahwa di Bandung Jawa Barat terkenal dengan memiliki banyak curug. Dan hampir di setiap daerahnya bisa kalian temui berbagai macam curug dengan panorama dan keindahan alamnya masing-masing.
Curug ini sebelumnya mempunyai nama Curug Keraton Cibodas. Curug ini menjadi curug yang baru terkuak keindahannya. Curug Bellarosa ini berada di tengah hutan belantara sehingga keberadaannya sempat tak dipedulikan. Namun, semenjak Kawasan itu dikelola oleh perhutani dan atas peran serta masyarakat, curug ini mulai dikenal untuk umum.

Untuk bisa mengetahui letak dan pesona secara cepat berasal dari curug keraton harus jalankan tracking khususnya terlebih dahulu. Jalur tracking yang harus di lewati tidak tergolong ringan dan membutuhkan waktu kira-kira ±30 menit.

Walaupun suasana tracking cukup menguras tenaga akan jalur yang berbentuk jalanan yang menanjak. Namun, dengan kondisi jalur setapak itu masih terlampau natural alami. Dan hampir di sepanjang pinggir jalur dipenuhi dengan jajaran pinus yang mengakibatkan situasi menjadi sejuk dan asri. Tetapi walaupun hanya berupa tanah, tetapi untuk kondisinya cukup tandus, sehingga walaupun hujan, tanah tidak akan becek.

Selain itu pula, suasana tanah termasuk sudah rata dan lumayan mulus. Hal ini disebabkan suasana tracking jadi cukup aman walau tidak dilengkapi dengan pengamanan.

Jalur tracking tersebut terhitung tidak begitu berbahaya. Karena dalam perjalanan hanya akan melewati hutan, bukan tebing yang tinggi. Karena akan perihal ini maka banyak orang yang tidak segan untuk datang ke Curug Bellarosa ini.

Harga Tiket Masuk Curug Bellarosa

Untuk kalian bisa menikmati panorama akan keindahan alam yang ada di Curug Bellarosa ini, sebelumnya kalian akan diwajibkan untuk membeli tiket masuk bagi setiap pengunjungnya. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena tarif yang di patok untuk masuk ke Kawasan Curug ini terbilang relatif murah. Kalian hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,-/orang. Untuk biaya parkir motor Rp 3.000,- dan Rp 5.000,- untuk biaya parkir mobil.

Dengan tarif yang terjangkau tersebut, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam yang ada di Curug Bellarosa. Selain itu, di area curug ini juga pengunjung bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang sudah tersedia disana. Fasilitas yang sudah tersedia disana juga semakin membuat nyaman wisatawan yang berkunjung.

Fasilitas Curug Bellarosa

Curug Bellarosa juga menyediakan beberapa fasilitas yang cukup memadai, dengan adanya fasilitas yang tersedia di Objek wisata ini mampu di manfaatkan untuk parawisatawan yang berkunjung. Fasilitas tersebut seperti :

  • Area Parkir
  • Musholla
  • Toilet
  • Food Court
  • Spot Foto
  • Camping Area
  • Area Bonfire
  • Area Pemancingan
  • Jungkat Jungkit

Salah satu hal yang wajib dilakukan Perhutani dalam mengelola Objek wisata Curug Bellarosa ini yaitu, dengan menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Fasilitas-fasilitas tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas yang telah tersedia :

  • Saung

Saung yang berada di Curug Bellarosa ini sangat unik. Bentuknya menyerupai seperti jamur, maka tak heran jika siapapun yang melihatnya akan menyebutnya sebagai saung jamur. Saung ini digunakan sebagai tempat tempat beristirahat bagi pengunjung yang kelelahan. Selain itu pula, karena keunikan dari bentuknya seperti jamur ini, pengunjung pun dapat berfoto dengan background saung ini.

  • Area Bonfire

Bonfire/Api Unggun menjadi salah satu hal yang dilakukan pada saat bermalam di hutan. Di Objek wisata ini juga telah disediakan tempat api unggun bagi para pengunjung yang ingin menikmati malam di Curug bellarosa ini. Kesyahduannya langsung terasa, dengan api yang bercahaya di atas tempat api unggun ditambah dengan gemercik suara air terjun dan juga dinginnya malam yang menusuk kulit.

  • Area Pemancingan

Jika kalian memiliki hobi memancing maka Objek wisata Curug ini bisa kalian jadikan salah satu tujuan untuk berlibur dan berkunjung. Hal ini dikarenakan disekitaran curug dibangun area pemancingan. Maka tempat ini merupakan pilihan yang tepat, dan tentunya sangat jarang ditemui ada Objek wisata yang juga dilengkapi dengan area pemancingan.

  • Area Jungkat Jungkit

Fasilitas lain yang ada di Objek wisata Curug ini yaitu area bermain jungkat-jungkit. Area bermain ini bisa pengunjung pakai ketika mulai bosan dengan bermain air. Namun, enggan meninggalkan keindahan alam yang tergambar di Kawasan wisata ini.

  • Food Court

Kurang lengkap rasanya jika suatu Objek wisata tidak adanya warung makanan dan minuman. Warung yang tersedia ini merupakan warung-warung yang telah dikelola oleh masyarakat setempat. Dan perekonomian warga sekitar juga sedikit terbantu dengan adanya keberadaan Curug Bellarosa ini.

Spot Wisata Curug Bellarosa

Air Terjun Bellarosa

Spot utama memang sudah menjadi bagian inti dari destinasi wisata alam Curug Bellarosa itu sendiri dengan ketinggian ±5meter. Pesona dari Curug Bellarosa ini memang benar-benar unik. Tebing yang menjadi tempat curug ini juga mempunyai kondisi yang tidak tegak lurus. Melainkan berundak yang tidak berarturan.

Kondisi tersebut dapat membuat aliran air terlihat seperti menempel tempat pada tebing. Dengan kondisi undaran tebing yang tidak beraturan, justru menjadi ciri khas dari pesona alam Curug Bellarosa. Karena air terjun di Curug Bellarosa ini tergolong berundak. Maka suasana arus airnya pun tidak begitu deras, jadi cukup aman jika di dekati. Tak jauh dari wilayah air terjun, terdapat pula sebuah kolam yang tidak begitu luas. Kolamnya yang termasuk lumayan dangkal dengan kondisi air yang tenang.

Bamboo Spot Foto

Keberadaannya berasal dari Bamboo Spot Foto yang menjadi ciri khas Curug Bellarosa. Pemanfaatan bambu dalam curug tersebut menjadi sebagai area spot foto, sebenarnya bukan hal yang baru. Tetapi spot foto bambu di Curug Bellarosa ini muncul dan benar-benar natural. Hal ini juga menyebabkan kesan yang berasal dari spot foto keluar yang sedikit berbahaya, namun cukup menantang. Kondisi spotnya yang tidak termasuk ekstrem karena memang tidak begitu tinggi.

Batu Cinta

Spot foto ini sebenarnya didedikasikan spesifik untuk pengunjung yang camping di Objek wisata Curug Bellarosa ini. Namun karena kondisinya yang sangat menarik, batu cinta dijadikan spot foto yang khas dan menarik.

Spot foto ini berbentuk sebuah perapian untuk api unggun yang mempunyai wujud Love Sign. Perapian tersebut dikelilingi bersamaan dengan kursi kayu yang juga ditata rapi sehingga berbentuk love sign.

Lokasi dan Rute Curug Bellarosa

Lokasi Objek wisata Curug Bellarosa ini terletak di Jalan Maribaya Timur Desa Suntenjaya, Cibodas, Lembang, Bandung Barat. Posisinya dekat dengan Kawasan wisata Kampung Pasir Angling. Kawasan Bandung Barat memang terkenal dengan berbagai macam Objek wisata yang baru dan terus berkembang. Curug Bellarosa ini juga merupakan salah satu Objek wisata yang sedang dikembangkan.

Curug Bellarosa ini juga dapat kalian kunjungi 24 jam pada setiap harinya. Dan juga dapat bermalam di sekitaran Curug Bellarosa ini. karena fasilitas penunjang juga telah disiapkan oleh pihak pengelola curug, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir lagi.

Untuk rute lokasi Curug Bellarosa sendiri, paling mudah yaitu Rute Pasar Panorama, Lembang. Dari pasar, nantinya kalian akan di arahkan menuju ke area Maribaya. Setelahnya, kalian akan melalui destinasi wisata Maribaya hot spring dan kebun begonia, dan di lanjutkan perjalanan sampai ke Desa Cibodas.

Dalam perjalanan tersebut kalian akan melewati The Lodge Maribaya. Dari destinasi wisata ini kalian lurus terus sampai melewati 2 buah minimarket. Pada minimarket kedua kalian akan menjumpai perempatan, yang kemudian kalian dapat ambil arah ke kiri yang berasal dari perempatan tersebut. telusuri jalan tersebut sampai ke arah hutan pinus/kalian dapat ikuti petunjuk arah yang ada.

You may also like

Leave a Comment