Curug Jenggala, Pesona Alam Tersembunyi di Banyumas

by novput

Untuk kalian yang ingin berlibur ke Jawa Tengah, dan ingin mencari situasi wisata baru, maka kalian dapat berkunjung ke salah satu destinasi wisatanya yaitu Curug Jenggala yang berada di Kabupaten Banyumas. Ternyata Kabupaten Banyumas ini juga memiliki destinasi wisata yang sedang hits dan instagramable sejak tahun 2016 silam. Tak hanya disebabkan dengan panorama air terjun yang indah saja, tetapi juga Objek wisata ini memiliki daya tarik yang luar biasa.

Kekuatan daya tarik tersebut yaitu berasal dari Curug Jenggala itu sendiri, ini juga yang disebabkan dengan adanya Gimmick yang terkandung dari wilayah air terjun Jenggala tersebut. Adanya kehadiran Curug Jenggala ini tentunya memberi tambahan warna baru wisata di Kabupaten Banyumas. Dan sejak tahun 2017, Objek wisata air terjun ini juga sudah ramai akan pengunjungnya dan itulah yang mengakibatkan Curug Jenggala ini menjadi salah satu destinasi wisata yang hits di Banyumas.

Tak hanya itu, dikarenakan Objek wisata curug ini memiliki ciri khas yang berbeda dan pastinya memukau, yaitu hasil dari pertemuan dua aliran sunga, dan dapat dikenali dengan jajaran tiga air terjun yang deras dan berbentuk hati.

Lokasi Curug Jenggala Banyumas

Untuk para traveler, Curug Jenggala mungkin masih kurang familiar di telinga masyarakat. Namun hal ini memang wajar, karena Objek wisata air terjun ini merupakan wisata baru yang tersedia di Banyumas. Untuk lokasi dan alamatnya yakni, curug ini berlokasi tepatnya di Komplek dusun wisata kalipagu, Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Untuk waktu tempuhnya, dari Purwokerto menuju Objek wisata ini sekitar 30 – 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Lalu rutenya yaitu Baturaden melalui Jalan Raya Baturaden hingga pertigaan Desa Ketenger, kemudian belok ke arah Curug Bayan, sesampainya di Curug Bayan, kalian dapat pilih jalan naik menuju Dusun Kalipagu.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Jenggala

Untuk wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir dengan tarif tiket masuk Objek wisata Curug Jenggala ini, karena untuk tarif tiket masuknya cukup sangat terjangkau dan berlaku untuk hari biasa ataupun hari libur. Tiket ini juga sudah termasuk tarif untuk memasuki Objek wisata Kalipagu. Seperti Curug Pengantin dan Curug Muntu. Berikut untuk harga tiket masuk Curug Jenggala :

Harga Tiket Masuk Curug Jenggala

Tiket Masuk Rp 8.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Ojek Rp 10.000,-

Dan untuk jam buka operasional Objek wisata Curug Jenggala ini, di buka untuk kalangan umum setiap harinya, mulai pukul 07:00 – 17:00. Biasanya Curug Jenggala ini ramai dikunjungi parawisatawan pada saat musim liburan, karena pada saat musim liburan tiba tempat wisata ini menjadi destinasi wisata keluarga.

Fasilitas Curug Jenggala

Objek wisata Curug Jenggala ini juga sudah tersedia fasilitas umum, antara lain seperti area parkir, toilet, mushola, ruang ganti, dan warung makanan. Tersedia juga beragam jenis penginapan yang ada disekitar Kawasan wisata. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Objek wisata ini dan tidak kuat berjalan kaki, kalian juga bisa menggunakan Ojek yang ada di Kawasan Objek wisata ini.

Pesona Curug Jenggala Banyumas

Curug Jenggala yaitu merupakan air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter yang berada di Banyumas. Air terjun ini juga merupakan salah satu rangkaian air terjun yang berada di Kawasan Gunung Slamet. Karena sebelumnya, Objek wisata Curug Jenggala ini memiliki nama Curug Tempuan, dan mewakili kondisinya yang menjadi pertemuan Sungai Mertelu dan Sungai Banjaran.

Tempat wisata ini semakin banyak wisatawan yang berkunjung, terutama dari kalangan kawula muda, setelah ditata menjadi tempat yang indah dan menarik untuk berfoto mengabadikan moment. Meskipun kalian membutuhkan waktu untuk sampai ke lokasi Objek wisata ini, namun jangan khawatir karena akses jalan untuk menuju ke Objek wisata air terjun ini sudah sangat tertata rapi. Dan rasa Lelah akan terbayarkan dengan pemandangan alam Gunung Slamet yang masih sangat terjaga dan hijau asri.

Jalur Trekking Curug Jenggala

Untuk menuju ke lokasi wisata air terjun ini, pengunjung harus melalui jalan yang setapak sekitar ±800 meter. Jalan ini juga bisa dilalui dengan berjalan kaki ataupun menggunakan jasa ojek yang ada disekitar Objek wisata curug ini, dan untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi akan diparkirkan di halaman rumah warga setempat.

Jalan setapak yang harus dilalui mulai dari area parkir berupa jalan berlapis bebatuan yang rapi dengan lebar sekitar 1 meter. Namun jangan khawatir, karena selama diperjalanan kalian akan dimanjakan oleh pemandangan alam sekitar yang indah. mulai dari jalur pipa air PLTA Ketenger, kebun, sawah, serta Gunung Slamet yang terlihat dari kejauhan. Namun, kalian juga harus tetap berhati-hati akan kondisi jalan yang semakin terjal, curam, dan licin.

Panorama Asri Curug Jenggala

Setelah kalian menyusuri jalan setapak, kalian akan tiba di gapura Jenggala. Nanti dari sini tinggal 150 meter untuk menuju ke lokasi Curug Jenggala. Jika kalian sempat, kalian dapat mengunjungi Sendang Candrakirana sebelum kalian melanjutkan perjalanan. Sendang Candrakirana ini memiliki air terjun kecil, namun dapat menampung air langsung dari mata air pegunungan. Sehingga airnya bersih dan jernih.

Curug Jenggala ini dapat dicapai setelah 150 meter menyusuri jalan setapak yang berbatu. Panorama akan tiga air terjun dari atas tebing akan langsung menyambut parawisatawan yang berkunjung ke Objek wisata ini. jika kalian ingin melihatnya lebih dekat, kalian dapat turun ke bawah melalui tangga batu dan jembatan.

Karena arus dan aliran air dari curug ini cukup tinggi, terdapat pula larangan untuk bermain air ataupun berenang di dekat air terjun. Namun, pengunjung tetap akan diperbolehkan untuk menikmatinya dari pinggir sungai ataupun dari bebatuan yang terdapat di sungai. Apalagi ditambah dengan adanya angin yang akan menghembuskan butiran-butiran air yang akan memberikan sensasi dan hawa yang sejuk.

Spot Foto Hits di Curug Jenggala

Yang menjadi ciri khas dari Objek wisata Curug Jenggala ini yaitu dek berbentuk hati yang langsung menghadap ke air terjun dari atas tebing. Jika kalian berfoto di lokasi ini, kalian akan mendapatkan background panorama Curug Jenggala secara keseluruhan. Lokasi ini menjadi tempat wajib untuk mengabadikan moment berwisata di Objek wisata ini.

Tempat lainnya yang juga cocok menjadi spot foto yang cantik yaitu jembatan cinta. Jembatan cinta tersebut berada dibawah tebing dan melintasi sungai yang dialiri air dari air terjun ini. Awalnya, jembatan cinta ini hanya berupa jembatan bamboo yang sangat sederhana. Namun setelahnya direnovasi, jembatan besi berwarna-warni ini kini berubah menjadi salah satu ikon Curug Jenggala , dan sangat sayang untuk kalian lewatkan.

Objek Wisata Sekitar Curug Jenggala

Setelah pengunjung menikmati keindahan alam yang ada di Curug Jenggala ini, tak ada salahnya jika kalian untuk berkunjung ke Objek wisata lainnya yang ada disekitarnya. Selain adanya Sendang Candrakirana, terdapat pula spot-spot untuk berfoto lainnya yang berbentuk hati saling bertumpuk. Spot ini menawarkan pemandangan langsung ke DAM PLTA ketenger.

Tak jauh dari DAM PLTA, terdapat pula curug lainnya yang tak kalah indah, yaitu Curug Muntu, Curug lainnya yang ada disekitaran Curug Jenggala adalah Curug Cipokol dan Curug Penganten yang menawan. Ada juga Pancuran Pitu dan Pancuran Tujuh, sebuah lokasi pemandian air panas alami dengan tujuh pancurannya yang sangat unik.

You may also like

Leave a Comment