Curug Sumba Wisata Alam Tersembunyi di Purbalingga Jawa Tengah

by novput

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini menyimpan beberapa Objek wisata tersembunyi dan menawan. Salah satunya yaitu Curug Sumba yang letaknya berada di Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Barat. Curug ini merupakan air terjun yang memiliki pesona keindahan alam dengan nuansa pegunungan.

Walaupun wisata alam ini letaknya tersembunyi namun tak jarang juga ada pengunjung yang datang ke Curug ini. Curug Sumba ini juga memiliki ketinggian sekitar belasan meter, dan memiliki nuansa hutan dengan pohon-pohon dan bebatuan yang mengelilinginya.dan juga dapat menambah suasana alami tempat ini. di Objek wisata ini kalian bisa bermain air, bersantai, atau hanyak sekedar melepas rasa penat di Curug Sumba untuk merehatkan pikiran sejenak dari kepenatan akan pekerjaan.

Pada saat musim kemarau tiba, Curug Sumba ini memiliki kondisi air berwarna biru bening dan hanya terdapat satu aliran air terjun saja. Namun, ketika musim hujan tiba, maka debit air disini akan meningkat sehingga terdapat tiga aliran air terjun yang jatuh ke genangan yang sama. Namun, pengunjung juga harus tetap behati-hati jika pengunjung ingin berenang atau mandi, karena pada saat musim hujan aliran air menjadi cukup tinggi, sehingga dapat dihimbau untuk para pengunjung untuk tidak berjalan ke tengah.

Warga sekitar lokasi Objek wisata Curug Sumba ini, biasanya memanfaatkan air terjun mungil ini untuk mandi ataupun mencuci pada saat musim kemarau, atau kadang hanya sekedar bersantai. Sehingga pada saat ini di Kawasan Curug Sumba masih belum di komersilkan untuk pihak manapun.

Objek wisata Curug Sumba ini menyajikan keindahan pesona alam yang akan menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya. Ketika kalian sudah merencanakan untuk mengexplore keindahan alam dari Curug Sumba di Purbalingga ini. berikut ada beberapa informasi dari Objek wisata curug ini.

Harga Tiket Masuk Curug Sumba Purbalingga

Untuk harga tiket masuk Objek wisata air terjun ini, tarifnya memang cukup terjangkau. Tarif tiket masuk Objek wisata alam Curug Sumba ini sebesar Rp 5.000,-/orang dan parkir motor Rp 3.000,-/motor dan Rp 5.000,-/mobil, untuk biaya kendaraan.

Ketika kalian sudah memiliki planning berlibur ke Purbalingga dan ingin mengunjungi Objek wisata Curug Sumba ini, destinasi wisata ini dibuka setiap harinya mulai pukul 06:00 – 16:00 WIB.

Harga tiket masuk Objek wisata Curug ini, bisa berubah-ubah setiap waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Namun, kalian jangan sampai melewatkan wisata dengan harga terjangkau di Jawa Tengah, ketika kalian explore keindahan alam di Purbalingga yang menakjubkan.

Fasilitas Curug Sumba Purbalingga

Destinasi wisata Curug Sumba ini sudah dilengkapi dan terdapat beberapa fasilitas yang menarik, meskipun tergolong sangat baru. Ketika kalian mengunjungi wisata alam Curug Sumba tersebut, kalian juga dapat menikmati pesona alam bersama sarana yang menarik di dalamnya. Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini yaitu :

  • Area parkir kendaraan
  • Kolam renang
  • Warung jajanan
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Tempat bersantai
  • Dan masih banyak fasilitas lainnya.

Alamat dan Rute Curug Sumba Purbalingga

Wisata alam Curug Sumba ini memang sedang populer akan pesona keindahan alamnya yang indah. Terdapat pula sudut dan spot foto yang instagenic yang rekomended untuk kegiatan berswa foto yang kece dengan keluarga atau kerabat tercinta. Destinasi wisata curug ini berlokasi di Kemojing, Desa Tlahab, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Kalian juga dapat mengexplore panorama keindahan alam yang ditawarkan Curug Sumba menggunakan kendaraan bermotor ataupun kendaraan mobil.

Untuk dapat sampai ke lokasi wisata curug ini, dapat kalian tempuh berjarak kurang lebih 16 Km dari pusat kota.

Spot Wisata Curug Sumba Purbalingga

Akan ada banyak kegiatan seru dan menarik yang dapat kalian dapatkan ketika berkunjung di wisata Curug Sumba ini. Dengan pemandangan alam yang indah dan kondisi menenangkan di Curug Sumba Purbalingga, dan kalian akan mendapatkan perjalanan idaman kalian.

Selain bisa menikmati keindahan alamnya yang indah bersamaan dengan kondisi pemandangan menarik dan menakjubkan. Banyak pula kegiatan yang menarik lainnya. Seperti bermandi-mandi di Objek wisata Curug Sumba yang aliran airnya sangat jernih dan kebiruan. Kalian juga dapat merasakan untuk merelakasasi akan kepenatan.

Di Curug Sumba ini juga terdapat kolam renang yang dapat memanjakan kesibukan wisata dengan keluarga tercinta.

Banyaknya sudut dan spot yang instagenic yang termasuk recommended untuk kalian berselfie dan hunting fotografi. Jika kalian sudah memiliki rencana untuk berlibur ke Jawa Tengah, tepatnya di daerah Purbalingga, ada baiknya untuk tidak melewatkan untuk mengunjungi Objek wisata Curug Sumba yang satu ini.

You may also like

Leave a Comment