Destinasi Wisata Flores Barat

by novput

Flores merupakan sebuah pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. dengan luas wilayah 14.300 km², bersamaan dengan NTB dan Bali, Flores juga merupakan gugusan Kepulauan Sunda Kecil. Keberadaan wisata Pulau Komodo juga berada di Flores Barat, tak hanya itu wisata di Flores Barat juga membuat banyaknya wisatawan domestik maupun mancanegara yang berdatangan untuk berlibur di wilayah Flores Barat ini, karena begitu menakjubkannya keindahan alamnya yang sangat menarik yang menjadi daya tarik parawisatawan yang berlibur di Flores Barat. Dan tak hanya Pulau Komodo yang menjadi destinasi wisata yang ada di Flores Barat, namun masih ada destinasi lainnya yang tak kalah indah dan menarik yang ada di wilayah Flores Barat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Flores Barat :

  • Kampung Adat Waerebo
  • Pantai Koka
  • Pulau Kanawa
  • Goa Liang Bua

Kampung Adat Waerebo

Kampung Wae Rebo merupakan kampung tradisional yang letaknya di dusun yang terpencil yang letaknya di Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Desa ini dikenal dengan kampung diatas awan. Keindahan yang ada di Desa Wae Rebo ini memang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata, karena di Desa adat ini mempunyai atap yang menjulang tinggi ditengah bentangan perbukitan hijau.

Desa Wae Rebo ini juga merupakan salah satu desa tertinggi di Indonesia, karena ketinggiannya mencapai 1.200 meter mdpl dan setiap paginya di Desa ini dihiasi dengan kabutnya yang tipis setiap pagi hari. Tak hanya itu, di Desa Waerebo ini juga mempunyai tujuh rumah utama yang ada disana, tak hanya itu di desa ini juga memiliki hari spesial yang dimana penduduk di Desa ini tepatnya setiap bulan November membuat perayaan untuk mengucap syukur akan hasil panen yang mereka dapatkan. Dan walaupun desa ini merupakan desa terpencil, akan tetapi warga disini juga memasangkan bendera di atas rumah adat mereka pada saat upacara kemerdekaan.

Pantai Koka

Pantai Koka yang berada di Desa Wolowiro memang tidak terdengar asing untuk masyarakat di Flores, pantai ini juga merupakan salah satu pnatai yang cantik, dan pemandangannya tak beda jauh dan tak kalah indah seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Pulau Flores. Tetapi hanya saja sedikit berbeda karena pantai ini memang sangat dekat dengan jalan raya Maumere, mungkin jaraknya hanya sekitar 100 meter dari jalan raya. Karena dengan keindahan lanskapnya yang alami dan asri, maka beberapa wistawan kerap menjadikan pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai untuk keluarga.

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa adalah sebuah pulau kecil dengan beribu bintang laut yang ada di sepanjang pantainya. Pulau ini disebut dengan Pulau Kanawa karena di pulau ini juga merupakan salah satu keindahan wisata yang ada di Pulau Flores. Pulau Kanawa ini juga selain adanya ribuan bintang laut yang ada di sepanjang pantainya, namun di pulau ini juga memiliki air laut yang jerning sebening kristal dengan pasir pantainya yang putih, serta terumbu karang yang indah.

Pulau ini juga memiliki warna air laut berwarna biru, sehingga cocok sekali dijadikan untuk tempat menghilangkan penat pikiran karena sibuknya pekerjaan. Sambil menikmati keindahan yang ada di pantai ini, serta rindang pohon yang akan membuat kalian dibuat terpesona dengan keindahan alam yang ada disana.

Maka dari itu Pulau Kanawa ini dijadikan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi pada saat berlibur di Pulau Flores, tak hanya wisatawan lokal saja tetapi juga sangat diminati dengan wisatawan mancanegara.

Goa Liang Bua

Untuk berlibur ke Nusa Tenggara Timur memang impian hampir semua orang, terutama kalian yang senang dengan travelling, karena dengan adanya pesona alam yang sangat indah dan berbagai keanekaragaman yang ditawarkan di salah satu Provinsi yang eksotis di Indonesia, salah satunya yaitu Goa Liang Bua yang merupakan salah satu goa yang bersejarah di dunia arkeologi pada penemuan besar tahun 2001 silam. Di Goa ini juga adanya fosil yang bersejarah, namun Goa yang terkikis secara alami dengan hujan selama jutaan tahun ini membentuk suatu pahatan yang menggantung diatas dan menonjol dibawah dinding yaitu stalagtit dan stalagmite. Dan karena adanya sinar matahari yang menyoroti dalam goa yang membuat bentukan goa tersebut menjadi semakin menarik dan eksotis.

You may also like

Leave a Comment