Destinasi Wisata Goa Yang Eksotis di Indonesia

by novput

Ada banyak destinasi keindahan alam di Indonesia yang bisa kalian jelajahi, mungkin yang terlintas di kepala kalian saat mendengar wisata di Indonesia? wisata pantai? Atau lainnya? Ya, salah satu wisata yang akan kita bahas disini yaitu wisata yang dapat di jelajahi di Indonesia, salah satunya adalah Goa. Ada banyak sekali wisata Goa yang bisa kalian kunjungi lengkap dengan keindahannya yang masih sangat asri, berikut beberapa destinasi wisata Goa yang ada di Indonesia :

  • Goa Gong di Pacitan
  • Goa Barat di kebumen
  • Goa Jomblang di Gunung Kidul Yogyakarta
  • Goa Petruk di Kebumen

Goa Gong di Pacitan

Goa Gong yaitu Goa yang berada di Provinsi Jawa Timur di Indonesia tepatnya di Pacitan. Diwilayah ini dianugerahi dengan keindahan bawah tanah yang sangat mempesona berupa Goa kapur yang cukup terkenal akan keindahannya yaitu Goa Gong. Keindahan yang ada di Goa ini salah satu Goa yang terkenal di Pulau Jawa bahkan ada yang menyebutkan bahwa Goa ini adalah Goa terindah di Asia Tenggara. Untuk kalian yang berkunjung ke Goa ini, dan ingin menjelajahi di seluruh bagian dalam Goa yang seluruh terdapat lorong di Goa ini , kalian memerlukan waktu sekitar 2 jam. Di dalam Goa yang juga terdapat beberapa ruangan, yaitu ruang bidadari, ruang kristal dan ruang marmer. Selain akan keindahan stalaktit dan stalakmit yang digunakan untuk menghiasi ruangan Goa, ada pula mata air yang menurut warga sekitar memiliki kekuatan untuk menyembuhkan beragam bagi mereka yang mempercayainya. Kalian para traveler yang menyukai wisata alam, Goa ini bisa dijadikan salah satu destinasi wisata kalian, dan untuk harga tiket masuk Goa ini berkisar Rp 5.000,- s/d Rp 15.000,-/org dan untuk jam buka operasionalnya mulai pukul 07:00 – 16:00.

Goa Barat di Kebumen

Kalian parawisatawan yang ingin merasakan wisata dengan suasana yang berbeda dan lebih menantang, wisata Goa cocok untuk dijadikan salah satu destinasi wisata alam untuk kalian parawisatawan yang masih menyukai keindahan dan keasrian alam. Salah satunya Goa Barat yang berlokasi di Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Wisata Goa Barat ini merupakan salah satu wisata alam yang cukup extreme dan menantang, karena Goa Barat ini memiliki kedalaman yang belum bisa ditentukan. Tetapi wisata Goa Barat ini cukup aman untuk di eksplor. Goa Barat ini memiliki tipe goa yang cukup unik karena trak yang digunakan untuk menelusuri goa yaitu berupa trek air, tetapi tenang saja di Goa Barat ini ada pengelola yang sudah menyediakan alat savety seperti helm, sepatu khusus caving, dan pelampung. Yang membuat Goa Barat ini menarik yaitu memiliki serratus air terjun yang terletak di dalam goa, selain itu juga panorama bebatuan yang runcing menjulur dari atas langit-langit Goa yang eksotis dan menakjubkan. Untuk biaya masuknya sebesar Rp 50.000,-/orang tetapi biaya tersebut sudah termasuk biaya peralatan dan pemandu.

Goa Jomblang di Yogyakarta

Kota Yogyakrta merupakan kota yang terkenal dengan budayanya yang masih sangat kental dan keramahan masyarakatnya, dan kota ini pula dijadikan salah satu destinasi wisata dari parawisatawan lokal maupun mancanegara. Tetapi siapa sangka di Yogyakarta ini juga ada destinasi wisata yaitu wisata Goa Jomblang yang tak kalah menarik dari destinasi wisata lainnya di Yogyakarta, yang lokasinya di Kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Dan Goa Jomblang juga termasuk salah satu Goa purba di dunia, tak hanya menawarkan keindahan dari goanya saja tetapi juga wajib dikunjungi untuk kalian parawisatawan yang suka akan wisata adrenaline. Di nganGoa Jomblang ini nantinya kalian akan disuguhi dengan keindahan yang berupa pancaran cahaya yang masuk ke dalam Goa Jomblang ini, dan dapat dilihat di dalam Goa Jomblang ini sangat menakjubkan karena banyaknya tumbuhan serta ornament yang menghiasinya, seperti tumbuhan paku ornemen, stalagmite dan juga stalaktif. Dan untuk biaya tiket masuk Goa Jomblang ini berkisar Rp 450.000,- s/d Rp 1.000.000,- untuk 5org harga terserbut sudah termasuk menyusuri yang ada di Goa Jomblang. Dan untuk harga parkir motor berkisar Rp 3.000,-

Goa Petruk di Kebumen

Wisata Goa Petruk yang berlokasi di Kebumen Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu destinasi wisata. Wisata Goa Petruk merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada weekday maupun weekend. Goa Petruk memiliki keindahan pesona alamnya yang sangat menarik untuk dikunjungi, dan juga sangat cocok untuk mengisi liburan kalian pada saat libur nasional maupun hari libur lainnya. Dalam Goa Petruk ini kalian paratraveler akan disuguhi dengan bebatuan dan pemandangan yang cukup indah dan mempesona, dan mengapa dinamakan Goa Petruk karena dalam Goa tersebutlah terdapat batu yang mempunyai wujud seperti hidungnya petruk, dan karena ulah Belanda yang waktu itu melakukan penambangan phosfat, hidung petruk yang sangat mancung menjadi panorama yang cukup indah. Dan untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Goa Petruk ini, kalian cukup mengeluarkan biaya untuk tiket masuk berkisar Rp 8.000,-/org untuk weekday maupun weekend. Dan untuk jam buka mulai pukul 08:00 – 17:00.

You may also like

Leave a Comment