Destinasi Wisata Menarik di Dieng

by novput

Wonosobo adalah salah satu daerah favorit untuk tujuan wisata di Dieng Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Magelang. Wonosobo yang berada di titik tengah pulau jawa didominasi mempunyai dataran tinggi membuat kota ini juga mendapatkan julukan Negeri Di Atas Awan. Selain itu pula Dieng di Wonosobo merupakan sebagai kota penghasil kentang yang berkualitas, dan banyak sekali destinasi tempat wisata di Dieng Wonosobo yang wajib kalian kunjungi seperti wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner, dan wisata sejarah. Di Dieng tak hanya erat dengan beragam wisatanya tetapi juga memiliki perayaan adat yang dikenal dengan Dieng Culture Festival.

Berikut beberapa rekomendasi wisata Dieng yang wajib di kunjungi :

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna di Dieng merupakan salah satu objek wisata yang di Kawasan dataran tinggi di Dieng Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Telaga yang berada di ketinggian 2000 mdpl dan juga dikelilingi oleh bukit yang tinggi dan menambah pesona keindahan alam disekitar Telaga. diberikan karena keunikan fenomena alam di tempat ini, yaitu warna air telaga tersebut yang berubah-ubah, terkadang airnya berwarna kuning, berwarna hijau, atau berwarna-warni seperti Pelangi. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Telaga ini adalah di waktu pagi atau siang hari, karena jika mengunjungi pada sore hari akan ada kabut tebal yang menutupi daerah sekitar Telaga ini.

Untuk kalian yang ingin mengunjungi Telaga Warna, berikut informasi harga tiket masuk Telaga Warna Dieng :

Untuk hari Senin – Jumat biaya masuknya berkisar Rp 12.500,- dan untuk Sabtu dan Minggu biaya masuknya berkisar Rp 15.000,-

Bukit Sinukir

Bukit Sinukir merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan saat berkunjung di Negeri Di Atas Awan Dieng yang ada di dataran tinggi Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, tepatnya di Desa Sembungan Kec Kejajar. Bukit Sinukir dijadikan tujuan favorit wisatawan karena parawisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbit.

Bukit Sinukir ini mempunyai ketinggian 2.306 mdpl. Daya tarik Bukit Sinukir ini yang membuat wisatawan ramai mengunjungi tempat ini karena dapat menikmati Golden Sunrise yang indah. Untuk wisatawan yang ingin mengunjungi Bukit Sinukir, waktu terbaik adalah saat bulan Juli hingga Oktober, karena pada bulan-bulan ini di dieng sedang memasuki musim kemarau yang dimana kemungkinan besar tidak ada kabut tebal. Dan dengan tidak adanya kabut tebal maka akan membuat pemandangan Sunrise akan semakin sempurna, belum lagi ditambah dengan penggumpalan awan yang berada di bawahnya yang akan membuat hamparan negeri di atas awan lebih menakjubkan. Dan untuk harga tiket masuknya sendiri berkisar Rp 10.000,-/org mulai buka pukul 02:00 – 18:00 WIB.

Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan salah satu dari sekian banyak candi yang terletak di atas ketinggian 2093 mdpl merupakan Candi Tertinggi di Indonesia, Candi Arjuna yang berada di Dieng Wonosobo Jawa Tengah ini mempunyai cerita sejarah yang Panjang. Ornamen candi-candi yang ada di Kawasan Candi Arjuna tersebut terlihat begitu memukau dengan gaya yang arsitektur karena dipengaruhi oleh budidaya jawa kuno. Candi Arjuna memiliki luas sekitar 36 meter persegi dan atap candi ini memiliki struktur berjenjang dan adanya menara kecil di setiap sudut candi.

Untuk parawisatawan yang berkunjung ke Dieng Wonosobo, ada baiknya untuk berkunjung yang menjadi salah satu destinasi wisata ini, dan untuk harga tiket masuknya sendiri berkisar Rp 10.000,- s/d Rp 20.000,-/org dan untuk jam buka 24 jam.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang yang terletak tepatnya di Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Merupakan Objek wisata unggulan Dieng yang mudah dinikmati dibandingkan dengan kawah-kawah lainnya di Dieng. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kawah Sikidang hanya untuk menyaksikan vulkanik yang dapat disaksikan secara langsung. Dataran Tinggi Dieng gunung berapi raksasa dan kawah-kawah bekas bekas letusan yang ditempati penduduk. Kawah Sikidang ini sangat fenomenal pada waktu-waktu tertentu saja, dalam 4 tahun sekali kolam kawah akan berpindah seolah melompat dalam satu Kawasan, itulah mengapa kawah fenomenal ini dinamakan Kawah Sikidang.

Untuk wisatawan yang ingin memasuki Kawasan wisata Kawah Sikidang ini, kalian akan dikenakan biaya tiket masuk dan merupakan tiket terusan dari Candi Arjuna berkisar Rp 10.000,-/org dan harga tiket tersebut sewaktu-waktu dapat berubah.

You may also like

Leave a Comment