Hasil gambar untuk Sungai Gulamo

Empat Pesona Wisata Di Kepulauan Riau

by novput

Riau merupakan salah satu Provinsi terbesar yang ada di Indonesia. Provinsi ini terletak di tengah Pulau Sumatera yang menawarkan beberapa destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata pantai hingga wisata alam pegunungan dan semuanya bisa kalian temui di Provinsi Riau ini.

Jika dibandingkan dengan beberapa Provinsi lainnya seperti Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Jawa Barat, Objek wisata di Provinsi Riau yang memang tak begitu besar. Tetapi mayoritas orang lebih cenderung mengenal Riau sebagai salah satu Provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia.

Dan tak hanya itu, Provinsi Riau ini memiliki luas sekitar 87.024 Km² dan saat ini telah menjelma menjadi salah satu Provinsi yang berkembang dengan komposisi penduduk yang sangat beragam, mulai dari suku Minang sampai dengan suku Jawa, dan semuanya bisa ditemui di Provinsi berpenduduk 6.6 juta jiwa ini.

Namun, di Provinsi ini juga memiliki segudang destinasi tempat wisata yang menakjubkan dan memukau, apalagi ketika kalian sedang liburan Panjang, dan daerah ini sangat cocok bagi kalian untuk menghabiskan waktu, berikut beberapa destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi ketika berlibur di Riau.

Sungai Gulamo

Wisata air terjun di Sungai Gulamo ini terletak di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Sungai Gulamo ini memiliki air yang bersih jernih membiru dan hutan yang masih asri. Wisata Sungai Gulamo ini seperti Green Canyonnya Jawa Barat menurut masyarakat setempat, karena destinasi wisata ini sangat unik dengan keindahannya, yang dapat membuat parawisatawan lokal maupun mancanegara ingin berkunjung ke wisata Sungai Gulamo tersebut.

Hasil gambar untuk Sungai Gulamo

Air Terjun Sungai Gulamo ini memiliki tinggi sekitar 3 – 5 meter dengan memberikan udara yang sejuk. Di wisata ini juga memiliki 3 tingkatan dan ketinggiannya pun berbeda. Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena di kelilingi hutan serta di bingkai oleh tebing yang menjulang, para pengunjung akan melihat batang pohon sebagai pemandangan utama dan batu besar yang indah dan dimana dulunya pepohonan ini sengaja di tenggelamkan untuk membangun sebuah bendungan. Air di Sungai Gulamo ini memiliki warna hijau terang karena air sungainya begitu jernih, dan para pengunjung akan dapat melihat pasir putih yang berada di dasar sungai. Parawisatawan yang berkunjung pun dapat melakukan aktifitas bermain dan berenang di sungai maupun dekat air terjun Gulamo.

Untuk harga tiket masuk ke Objek wisata ini memang tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis. Namun, para wisatawan yang berkunjung hanya menyediakan biaya sewa perahu untuk menuju ke lokasi tujuan.

Ulu Kasok

Destinasi wisata Ulu Kasok ini menjadi fenomenal lantaran view alamnya menyerupai Raja Ampat Papua. Karena itu, destinasi wisata alam ini dijuluki sebagai Raja Ampat Riau atau Raja Ampat Mini. Ulu Kasok ini berada di pegunungan yang terpelosok tepatnya di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XII Koto Kampar, Riau. Meskipun lokasi Ulu Kasok ini sangat jauh dari Kota Pekanbaru, namun hal tersebut bukan berarti sangat terisolir dan terpencil. Letak Ulu Kasok ini merupakan kompleks destinasi wisata alam. Dan juga ada beberapa destinasi wisata yang dekat dengan wisata Ulu Kasok ini.

Hasil gambar untuk Ulu Kasok

Objek wisata ini merupakan bukan destinasi wisata alam murni, melainkan mulanya merupakan sebuah pemukiman yang bernama Pulau Gadang. Namun, sayangnya Pulau Gadang tersebut direlokasikan ke tempat lain. Karena daerah tersebut juga akan digunakan sebagai proyek PLTA oleh pemerintah pada tahun 1991. Lalu, penduduk di Pulau Gadang menyetujui bahwa tempat tersebut harus di kosongkan.

Untuk kalian parawisatawan yang ingin berkunjung ke Objek wisata Ulu Kasok yang keindahan alamnya menyerupai Raja Ampat ini, destinasi wisata ini hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,-/org dan harga kontribusi tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Selain biaya tiket masuk, para pengunjung juga akan dikenakan biaya kontribusi parkir kendaraan motor Rp 5.000,- dan kendaraan mobil Rp 10.000,-.

Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Provinsi Riau, lokasi tepatnya berada di dataran tinggi Bukit Barisan, dan berada dalam wilayah Desa Lubuk Bigau, Pangkalan Kapas, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Air terjun ini diperkirakan memiliki ketinggian 150 meter dengan panorama alam yang sangat indah untuk dikunjungi.

Hasil gambar untuk Air Terjun Batang Kapas

Bagi parawisata yang ingin menikmati suasana alam, Air Terjun Batang Kapas yang merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Lokasinya masih dikelilingi hutan perawan dan masih memiliki berbagai macam flora dan fauna, sehingga wisatawan yang berkunjung dapat merasakan udara segar, dan tentunya sambil di hibur berbagai jenis suara kicauan burung yang mengiringi setiap Langkah wisatawan.

Leave a Comment