Keindahan Wisata Taman Labirin Coban Rondo di Malang

by novput

Tak lengkap rasanya ketika berlibur ke Kota Batu tidak meluangkan waktu untuk berwisata alam. Salah satu Objek wisata yang tak boleh dilewatkan yakni wisata alam Taman Labirin Coban Rondo di Malang. Destinasi wisata ini lengkap dengan adanya air terjun yang sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu.

Kawasan wisata alam Taman Labirin Coban Rondo ini diangkat menarik karena dua hal, yaitu pemandangan alamnya yang asri dan ada juga cerita sejarah ataupun mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Labirin yang ada di Taman ini jaraknya berdekatan dengan air terjun dan juga hutan Coban Rondo. Dan perlu waktu sekitar 10 menit atau ± 200 meter untuk sampai ke area ini.

Objek wisata Taman Labirin Coban Rondo ini sangat indah dan dapat memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari. Wisata Taman Labirin Coban Rondo ini juga memiliki pesona akan keindahan yang sangat menarik untuk kalian kunjungi. Dan sangat disayangkan jika kalian berada di Kota Malang ini namun tidak mengunjungi wisata alam yang memiliki keindahan alam yang tiada duanya.

Destinasi wisata Taman Labirin Coban Rondo di Malang ini, memang sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan kalian, apalagi pada saat liburan Panjang seperti hari libur Nasional ataupun hari libur lainnya. Keindahan yang ada di wisata Taman Labirin Coban Rondo Malang ini memang sangatlah baik bagi semua kalangan yang berada di dekat ataupun kejauhan untuk berkunjung ke tempat wisata Taman Labirin Coban Rondo di Kota Malang tersebut.

Harga Tiket Masuk Kawasan Taman Labirin Coban Rondo Malang

Bagi wisatawan yang berkunjung dan ingin menikmati keindahan air terjun dan Kawasan Coban Rondo, sebelumnya akan dikenakan biaya tiket masuk. Untuk harga tiketnya masuk Coban Rondo terbilang cukup terjangkau.

  • Weekday : Rp 35.000,-/orang
  • Weekend : Rp 40.000,-/orang

Harga tiket tersebut sudah termasuk dengan akses untuk Taman Labirin, Panahan, Spot Selfie, Shooting Target, dan Air Terjun.

Jam Buka Labirin Coban Rondo

Untuk pengunjung yang ingin berwisata di Kawasan Taman Labirin Coban Rondo ini, kalian bisa datang mulai pagi hari. Karena Kawasan wisata ini sudah dibuka mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB.

Alamat & Lokasi Taman Labirin Coban Rondo

Lokasi Kawasan wisata Taman Labirin Coban Rondo ini terletak di Kota Batu Malang, Jawa Timur. Lokasi tepatnya berada di Jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Objek wisata ini lumayan dekat dengan pusat Kota Baru. Yaitu kira-kira hanya berjarak sekitar 12 Km, sementara jarak dari Kota Malang untuk sampai ke lokasi ini berjarak ± 20 Kilometer.

Fasilitas di Taman Labirin Coban Rondo

Objek wisata Taman Labirin Coban Rondo Malang ini bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa fasilitas umum dan pelayanan yang sudah tersedia, diantara lain sebagai berikut :

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Rumah Makan
  • Kamar mandi
  • Dll

Area Wisata Labirin Coban Rondo

Taman labirin ini di buat dengan konsep tanaman hijau yang memiliki tinggi labirin setinggi ± 2meter. Dan luas labirin di Taman Labirin Coban Rondo ini memang tidak begitu besar. Namun tetap saja bermain di labirin ini dapat membuat banyak wisatawan tersesat. Dan total keseluruhan luas labirin ini menempati areal 2400 meter persegi.

Tembok hijau yang tinggi menjadi pembatas kanan dan kiri jalan. Setapak dengan lebar ± 1,75 meter yang cukup untuk dilewati 2 orang. Jadi ketika berpapasan tidak akan terlalu sempit. Taman Labirin ini baru mulai diresmikan pada tahu 2014, dan seluruh area labirin ini masih sangat hijau dengan pepohonan yang alami, sehingga masih sangat sejuk udara dan suasananya.

Disekitarnya juga masih banyak pula pepohonan rimbun yang masih mengitari. Ada juga wahana flying foto yang melewati atas labirin tersebut. Selain itu, yang menjadi paling utama yaitu area foto yang bagus dan instagramable. Disini, wisatawan akan disajikan dengan banyak sekali spot-spot foto yang cantik.

Aktivitas Air Terjun Coban Rondo

Objek wisata Air Terjun Coban Rondo ini pertama kali diresmikan sebagi Objek wisata alam pada tahun 1980. Sumber air terjun ini berasal langsung dari mata air yang berada di sisi lereng Gunung Kawi, yaitu Mata Air Cemoro Mudo. Air yang mengalir cukup deras dapat menggapai 90 hingga 150 liter/detik.

Jika kalian ingin menginginkan untuk menikmati keindahan alam lainnya, disini juga terdapat kebun buah dan juga berbagai macam satwa yang hidup di sana. Selain itu, terdapat pula beragam fasilitas penunjang lainnya seperti outbound, camping ground, flying fox, sepeda gunung, hingga café pun dapat memanjakan wisatawan yang berkunjung.

Wahana Permainan di Coban Rondo

Berbagai wahana permainan untuk parawisatawan yang berkunjung juga tersedia disini. Wahana permainan yang ada di Objek wisata ini, antara lain seperti Fun Tubing, Paint Ball, hingga memetik buah di kebun. Tempat ini juga memberikan kesan yang dapat memacu adrenalin dan dapat pengalaman baru. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto di beberapa spot-spot foto yang cantik sambil menikmati suasana alamnya.

  • Fun Tubing

Di Kawasan air terjun ini, salah satu wahana yang paling banyak diminati yaitu wahana Fun Tubing. Wahana ini dapat memberikan pengalaman tambahan kepada pengunjung untuk berpetualang di sungai. Wahana Fun Tubing ini merupakan wahana yang dapat menjelajahi sungai dan akan membawa pengunjung untuk berkeliling sungai bersama dengan arus yang deras.

  • Paint Ball

Wahana Paint Ball ini seperti yang tersedia di tempat wisata lainnya. Hanya saja, disini pengunjung dapat bermain bersama kondisi yang benar-benar nyata.

Pepohonan yang digunakan pun masih sangat alami dengan banyaknya rerumputan yang tersedia disana. Untuk biayanya pun masih sangat terjangkau, untuk satu tim yang terdiri dari 6 orang hanya akan perlu membayar Rp 450.000,- dan selain mendapatkan pengalaman yang mengesankan, wisatawan juga akan dikenalkan dengan keseruan berlibur bersama keluarga disini.

Spot Foto Yang Cantik

Ditengah Taman Labirin, ada beberapa area permainan yang dapat digunakan. Selain itu tentunya bisa juga digunakan sebagai spot untuk berfoto. Misalnya seperti kolam kecil yang ada diujung akhir labirin. Wisatawan yang berkunjung juga dapat menggunakannya sebagai latar foto yang unik. Selain itu pula, ada ayunan dan kursi yang dibaluti dengan dinding tanaman hijau yang indah dan asri. Dan melalu menara, wisatawan juga dapat mengambil foto dari atas labirin.

Jadikan Teman Sebagai Pemandu

Jika kalian datang bersama rombongan, kalian dapat menunjuk salah satu teman untuk menjadi pemandu dari atas. Di area sebelum pintu masuk, terdapat pula menara yang dapat digunakan untuk melihat ke area labirin.

Melalui menara ini pula, dapat dilihat secara keseluruhan area labirin dan juga polanya. Sehingga pemandu ataupun arahan yang diberikan dari atas menara ini memberikan petunjuk kepada wisatawan yang sedang mengitari labirin ini. Jadi kalian tidak perlu khawatir tersesat ataupun tidak bisa keluar dari labirin ini.

You may also like

Leave a Comment