Liburan Asik di Mojokerto,Kamu Harus Coba!

by novput

Mojokerto merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Timur, kota ini terletak di 50 Km barat daya Surabaya. Kota ini setiap mengalami peningkatan yang sangat pesat jika dilihat dari penerimaan asli daerah, Kota Mojokerto ini juga merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam Kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila.

Mojokerto juga terkenal dengan situs purbakalanya yang penuh nilai-nilai sejarah. Maka, jangan heran jika Mojokerto juga dijadikan sebagai salah satu destinasi tempat wisata yang ada di Indonesia.

Di Jawa Timur selain ada Malang dan Surabaya yang menjadi salah satu destinasi wisata yang populer. Namun, Kota Mojokerto juga patut dijadikan sebagai salah satu liburan yang asik dan menarik bersama keluarga. Siapa yang akan menyangka jika Kota kecil yang mempunyai sejuta pesona yang patut kalian kunjungi, mulai dari wisata alam sampai dengan wisata peninggalan situ bersejarahnya yang menjadi daya tarik parawisatawan, dan wisatawan yang datang pun beragam, tak hanya berasal dari Jawa Timur saja, tetapi juga dari Provinsi lain di Indonesia. Berikut ini ada beberapa destinasi wisata di Kota Mojokerto :

Patung Budha Tidur

Di Kota Mojokerto seakan tidak berhenti memanjakan wisatawan dengan pesona alamnya saja, namun juga ada sisi religinya juga. Patung Buddha Tidur raksasa ada di Mojokerto, yang merupakan perwujudan dari Budha Gautama. Yang lokasinya ada di kompleks MahaVihara Mojopahit. Patung raksasa ini didirikan untuk melengkapi vihara Mojopahit sebagai center Buddha di kawasan peninggalan Kerajaan Majapahit.

image credit @21tiaaaaaa

Selama ini kalian pastinya hanya mengetahui Patung Buddha Tidur yang ada di Thailand ataupun Myanmar, maka kalian tak perlu jauh-jauh untuk berkunjung ke luar negeri. Di Indonesia, tepatnya di Kota Mojokerto juga memiliki Rupang Sleeping Buddha atau biasa dikenal dengan Patung Buddha Tidur yang juga ukurannya 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4.5 meter. Monumen patung ini dicatat MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai Patung Buddha Tidur yang terbesar ketiga yang ada di dunia setelah ada di Thailand dan Nepal.

Patung yang mulanya dibentuk dengan bahan beton, lalu dilapisi dengan kuningan. Hal tersebut menambah kesan megah patung Buddha yang kini menjadi ikon Mojokerto tersebut. Patung Buddha Mojokerto ini dibangun diatas kolam ikan yang juga menyuguhkan panorama indah yang ada disekelilingnya.

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata ini, kalian diharuskan membeli tiket masuk yang harganya terbilang cukup murah, namun akan dibedakan berdasarkan dewasa atau anak-anak.

  • Dewasa : Rp 5.000,-/org
  • Anak-anak : Rp 3.000,-/org
  • Parkir Motor : Rp 3.000,-/motor
  • Parkir Mobil : Rp 10.000,-/mobil

Api Abadi Mojokerto

Ketika kalian sedang berlibur di Kota Mojekerto, ada salah satu destinasi wisata yang di Kota ini yang wajib kalian kunjungi yaitu Api Abadi, sumber api ini ditemukan di tahun 1993 dan seperti dengan Namanya, api ini memang tidak pernah padam sejak zaman purbakala dan juga merupakan salah satu peninggalan dari Majapahit Empire.

Konon api abadi ini pada zaman dahulu digunakan untuk membuat senjata pasukan balatentara Majapahit pada zaman dahulu, dan jika kalian tertarik dan ingin

Nyalanya Abadi, di Balik Pesona Api Tak Kunjung Padam Pamekasan mengunjungi destinasi wisata ini, ada baiknya untuk berkunjung pada saat malam tiba, karena kobaran apinya akan terlihat dengan sangat jelas.

Wisata Api Abadi Mojokerto ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik dan unik untuk kalian dikunjungi. Sayang sekali jika anda berada di Kota Mojokerto tetapi tidak mengunjungi salah satu wisata Api Abadi yang mempunyai keindahan dan tiada duanya tersebut.

Untuk masuk ke Kawasan wisata ini, kalian wajib membayar tiket masuk yang relatif murah yaitu kisaran Rp 3.000,-/org dan Kawasan ini dibuka selama 24 jam.

Wisata Api Abadi ini sudah memiliki fasiltas yang diantaranya :

  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Taman Area Bermain
  • Rumah Makan dan masih banyak lainnya.

Disarankan pula jika berkunjung ke wisata api ini, untuk kalian membawa barang tambahan seperti kamera untuk mengabadikan moment berfoto bersama keluarga dan teman anda.

Pertitraan Jolotundo

Berendam di Petirtaan Candi Jolotundo, Air Kualitas Dunia yang Tak Pernah  Kering - Batari Tour & Travel

Ada wisata yang tersembunyi di lereng bukit daerah Mojokerto, yaitu sebuah kolam eksotis tempat pemandian untuk keluarga Majapahit sejak 997 Masehi, yaitu Pertitraan Jolotundo. Menurut beberapa sumber yang di dapat, Pertitraan Jolotundo berasal dari istilah kuno, Jolo berarti air dan Tundo berarti bertingkat, yang dimana jika digabungkan kata tersebut berartikan kolam dengan air yang keluar dari pancuran yang dibuat secara bertingkat.

image credit @wisata_mojokerto

Lokasi Wisata Pertitraan Jolotundo adalah tempat petilasan pada zaman Kerajaan Majapahit. Pertitraan Jolotundo ini di anggap sakral oleh masyarakat setempat maupun wisatawan yang datang mengunjungi Petitraan Jolotundo tersebut. Jika kalian ingin berkunjung ke Pertitraan Jolotundo ini, kalian disarankan untuk menjaga norma kesopanan yang berlaku di masyarakat sekitar.

Selain candi, Raja Udayana juga membuat kolam mandi yang berisi mata air yang hingga kini tidak pernah surut. Bahkan beberapa ulasan singkat juga mengatakan bahwa air yang ada didalam kolam Pertitraan Jolotundo ini dinyatakan sebagai mata air image credit @wisata_mojokerto

terbaik yang ada di dunia setelah adanya air zam-zam. Dan pernyataan tersebut tentu saja tidak disandarkan tanpa alasan. Lokasi Pertitraan Jolotundo ini berada di kaki pegunungan vulkanik, itulah yang menjadi alasan kuat mengapa posisinya hampir disejajarkan dengan legenda air yang lain, yaitu air zam-zam.

Ketika kalian ingin mengunjungi Pertitraan Jolotundo ini, kalian akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar :

  • Dewasa : Rp 10.000,-/org
  • Anak-anak : Rp 7.500,-/org

You may also like

Leave a Comment