Pesona Pulau Sombori, Miniatur Raja Ampat punya Sulawesi Tengah | merdeka.com

Menguak 5 Wisata Tersembunyi Di Sulawesi

by novput

Kepulauan Togean, Surga Tersembunyi dari Sulawesi - MerahPutih

Pulau Sulawesi memang jangan diragukan lagi akan keindahannya. Jika kalian ingin mengeksplor wisata selain di Pulau Jawa kalian bisa mencoba mulai dari mengeksplor Pulau Sulawesi. Selain terkenal dengan Taman Laut Bunaken nya, ternyata masih banyak sekali wisata tersembunyi di Sulawesi yang dapat kalian eksplor. Mau tau apa saja wisata tersembunyi di Pulau Sulawesi? Simak ulasan berikut ini.

1.Pulau Sombori

Menpar Akan Jadikan Banggai Sebagai Destinasi Wisata Mancing

Wisata tersembunyi di Sulawesi yang pertama ada Pulau Sombori, pulau yang terletak di Kabupaten Morowali ini dianggap sebagai destinasi wisata yang mirip dengan Raja Ampat nya Papua. Pulau ini sering dijuluki sebaga “Surga tropis” yang tergolong masih baru di Morowali,Sulawesi Tengah, disebut masih baru karena memang masih banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengenalnya seperti Raja Ampat.

Pesona Pulau Sombori, Miniatur Raja Ampat punya Sulawesi Tengah |  merdeka.com

Keistimewaan yang terdapat di pulau ini adalah air nya yang masih sangat jernih dengan air yang berwarna hijau kebiruan dan dikelilingi oleh pulau-pulau dan tebing karst yang sangat indah untuk di pandang,lalu disana terdapat juga stalagmite dan hidden lagoon yang dapat dicapai dengan trekking.

Spot favorit para wisatawan untuk berfoto adalah di Puncak Khayangan,karena di puncak ini para pengunjung yang datang dapat menikmati lanskap pemandangan pulau sombori secara utuh.

Lokasi : Mbokitta,Kec.Menui,Kab.Morowali,Sulawesi Tengah

2. Rammang-Rammang Maros

Pesona Keindahan Rammang-Rammang Maros - Celebes

Wisata tersembunyi di Sulawesi selanjutnya adalah Rammang-Rammang Maros,wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Awal terbentuknya kawasan ini adalah bekas gugusan pegunungan kapur atau karst yang cukup luas dengan adanya sungai dan sawah di sekitarnya. Kawasan ini terbentuk sejak 30 juta tahun yang lalu,akan tetapi baru dihuni oleh manusia sejak 40 ribu tahun yang lalu.

Rammang Rammang Maros, Tempat Wisata di Sulawesi Selatan

Biasanya pada liburan atau akhir pekan jumlah pengunjung yang datang lumayan banyak. Selain itu juga pengunjung dapat menemukan wisata yang lainnya di tempat ini seperti,Taman Batu Kapur dan Telaga Bidadari yang tentunya belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Tips untuk berwisata Rammang-Rammang Maros :

  • Datang pada pagi hari agar dapat menikmati matahari terbit.
  • Menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman,agar terasa nyaman dan tidak menggagu selama perjalanan.
  • Menggunakan topi dan sunblock karena udara di sana cukup terik.

Lokasi : Desa Salenrang,Kec.Bontoa,Kab.Maros,Provinsi Sulawesi Selatan

3. Sungai Tamborasi

Sungai Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia yang Ada di Indonesia - Minews  ID

Sungai Tamborasi merupakan salah satu destinasi wisata tersembunyi yang ada di Sulawesi. Sungai Tamborasi ini di nobatkan sebagai sungai terpendek di dunia dengan panjang hanya sekitar 20 meter dan untuk lebarnya hanya sekitar 15 meter. Akan tetapi aliran air tersebut nantinya akan mengarah langsung ke arah bibir pantai, sebab dari itu sungai ini disebut sungai Tamborasi oleh masyarakat.

Danau Biru Di Jakarta Tenggara

Daya tarik dari sungai ini selain air nya yang jernih adalah memiliki suhu yang bervariasi,sehingga suhu antara hulu dan hilirnya akan memiliki perbedaan. Suhu yang berada di hulu umumnya akan memiliki kecenderungan lebih dingin dan yang di hilir akan memiliki temperatur lebih hangat.

Lokasi : Tamborasi,Kolaka,Kabupaten Kolaka,Sulawesi Tenggara

4. Hutan Mangrove Desa Bontolebang

Hutan Mangrove Desa Bontolebang: Tempat Wisata Andalan di Masa Depan

Hutan Mangrove Bontolebang yang terletak di Kepulauan Selayar ini di prediksi akan menjadi tempat wisata andalan di masa depan, akan tetapi pada saat ini hutan mangrove tersebut sedang mengalami masa pembenahan. Jika dilihat dari ketinggian Hutan Mangrove Bontolebang ini memiliki hamparan membentuk seperti labirin dan juga membentuk seperti pulau-pulau kecil.

FOTO: Cantiknya Wisata Hutan Mangrove Desa Bontolebang Selayar - Tribun  Timur

Selain sebagai objek wisata hutan mangrove juga banyak memiliki manfaat, diantaranya sebagai pencegah abrasi dan erosi, sebagai rumah dari berbagai biota laut dan sebagai pemecah gelombang. Dan di harapkan nantinya hutang mangrove ini bisa menjadi wisata edukatif bagi masyarakat sekitar

Lokasi : Bontolebang,Bontoharu,Kab.Kepulauan Selayar,Sulawesi Selatan

5. Danau Napabale

Destinasi Danau Napabale di Sulawesi Tenggara

Jika kalian mengunjungi Danau Napabale berarti kalian sedang mengunjungi danau sekaligus pantai. Karena di danau ini terdapat terowongan alam yang panjangnya sekitar 30 meter dan lebar nya sekitar 9 meter yang menghubungkan antara Danau Napabale dengan pantai di Selat Buton.

Danau Jernih dan Asin Ini Bisa Kamu Jumpai di Sulawesi Tenggara

Danau Napabale ini di kelilingi oleh tebing yang tinggi dan bukit yang dipenuhi oleh tumbuhan-tumbuhan. Di danau ini para pengunjung dapat berenang dan melakukan snorkling sambil menikmati keindahan bawah laut yang jernih dan tenang.

Lokasi : Kabupaten Muna,Sulawesi Tenggara

You may also like

Leave a Comment