Menikmati Keindahan Pantai Surumanis Kebumen Dari Tebing yang Menjulang Tinggi

by novput

Kabupaten Kebumen memang menjadi surganya bagi lokasi wisata alam yang masih sangat asri. Tak hanya dengan keindahan alam pegunungannya saja, namun Kebumen juga memiliki destinasi keindahan alam lainnya seperti pantai-pantai yang menghadap langsung ke arah pantai selatan. Panorama akan pesona keindahan alamnya tak hanya datang dari birunya laut yang menenangkan, tetapi juga keasrian dari masing-masih lokasi wisatanya yang masih terjaga dan akan membuat pikiran menjadi lebih segar dan menghilangkan penat.

Beberapa deretan panorama pantai laut selatan yang memiliki keindahan menakjubkan, dan tak hanya itu saja, namun pada umumnya pantai-pantai di laut selatan mempunyai ukuran ombak yang lumayan cukup besar, warna pasir pantainya yang halus berwarna putih, serta bebatuan karang yang eksotis. Sekitar pada pertengahan tahun 2017 silam, salah satu Objek wisata pantai laut selatan ini diresmikan. Memang karena lokasinya yang cukup memadai dan tersembunyi di ujung selatan kota Kebumen ini, yakni Pantai Surumanis Kebumen. Karena Objek wisata pantai baru di Kebumen ini terbilang rekreasi baru di Kebumen, dan memang kondisi di Pantai Surumanis Kebumen ini sangat bersih, asri dan bersih.

Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis

Jika kalian ingin menikmati keindahan alam pantai yang ada di Objek wisata Pantai Surumanis tersebut, kalian diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, harga tiket masuk tersebut tergolong relatif cukup murah, kalian hanya akan merogoh kocek sebesar Rp 5.000,-/orang dengan biaya parkir kendaraan bermotor sebesar Rp 2.000.- dan kendaraan mobil sebesar Rp 5.000.-. memang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan akses masuk ke lokasi wisata sejenis dengan fasilitas yang hampir sama.

Lokasi Objek wisata Pantai Surumanis memang masih sangat jarang dikunjungi parawisatawan. Oleh karena itu Objek wisata ini masih cukup asri. Untuk fasilitas yang disediakan di Pantai Surumanis ini juga masih seadanya saja, adanya tempat untuk beristirahat dan instagramable, cocok juga jika digunakan untuk kalian berfoto dan mengabadikan moment, ada pula tempat untuk beribadah, kamar mandi dan juga air bersih.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Surumanis

Pantai Surumanis terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Untuk lokasi pantai ini juga sangat mudah untuk ditemukan, terutama jika kalian menggunakan Google Maps, karena lokasinya sudah tertera di google maps, jadi kalian tidak perlu khawatir takut nyasar, karena akan ada beberapa petunjuk arah dan juga tanda jalan yang sudah dipasang untuk memudahkan wisatawan untuk menuju lokasi.

Pantai ini berada di bagian timur Pantai Pecaron. Untuk jalan menuju Pantai Surumanis ini merupakan jalur bukit yang cukup terjal. Jadi apabila kalian ingin berkunjung ke lokasi tersebut, usahakan untuk membawa kendaraan yang sehat untuk mengatasi lajur jalan yang berbukit dan naik turun. Kalian juga dianjurkan untuk tetap mengikuti arah yang telah tersedia di setiap pinggir jalan ataupun persimpangan yang ada.

Jadi sekarang jika kalian sedang berada di Kebumen, dan kalian ingin mengunjungi lokasi wisata Pantai Surumanis, kalian harus mengambil rute jalan menuju ke Pantai Pertahanan. Lalu dilanjutkan ke arah Pantai Suwuk dan selanjutnya menuju ke rute arah Pantai Karangbolong, dan dilanjutkan perjalanan kalian sampai menemui rute Pantai Ayah dan kemudian dilanjutkan rute ke Pantai Pasir.

Jika kalian sudah menemukan tanjakan dengan tikungan yang tajam dengan adanya gapura, gerbang masuk bertuliskan “Pantai Pecaron”, ikuti masuk ke arah jalur tersebut. Selanjutnya perjalanan dapat kalian lanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 km menuju ke arah Objek wisata Pantai Surumanis ini.

Objek Wisata dan Spot Foto di Pantai Surumanis

Keindahan dari Objek wisata Pantai Surumanis di Kebumen ini memang sepadan dengan keindahan pantai yang ada di Bali dan pantai di Sumatera. Mata kalian akan dimanjakan dengan diperlihatkannya panorama akan keindahan alam dari pantai ini. Keindahan alam dari Objek wisata ini juga semakin terlihat karena adanya perbukitan dari tebing-tebing hijau dan air laut yang bersih dan jernih.

Terdapat pula banyaknya karang dan bebatuan di area pesisir pantai ini yang cocok dijadikan sebagi spot-spot foto wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Apalagi ditambah dengan melihat sunrise dan sunset di pantai ini yang terlihat akan begitu indah. tak hanya itu saja kalian juga bisa berenang, diving, ataupun snorkeling di Pantai ini. Bentuk dari pantai ini juga seperti sebuah teluk.

Berikut juga ada beberapa Objek yang dapat kalian nikmati di Pantai Surumanis :

  • Pesona Pantai Pasir Hitam Berkarang

Pantai Surumanis ini memiliki pasir pantai yang berwarna hitam kecoklatan yang menyatu dengan warna laut selatan biru pekat dengan Panjang garis pantai sekitar 600 meter. Ditambah dengan bebatuan karang yang menjulang mulai dari kecil hingga besar dan memecah debur ombak pantai yang besar. Bentuk dari karang-karang yang unik juga dapat membuat bebatuan tersebut menjadi Objek background foto yang unik dan ikonik.

Objek wisata pantai ini juga dikelilingi oleh batu-batu karang, sehingga angin dan ombak yang melalui pantai ini memang tidak cukup besar jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang terletak di wilayah selatan Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan samudera hindia, karena letaknya di antara tebing. Pantai Surumanis ini juga tergolong pantai yang cukup terpencil untuk dijangkau.

  • Spot Foto yang Instagramable

Beberapa spot foto juga sudah tersedia oleh pengelola lokasi wisata di Pantai Surumanis, karena ada beberapa spot seperti rumah kayu yang lengkap dengan payung warna-warni dan background pantai dan tebing Pantai Surumanis yang akan membuat kalian terkagum-kagum akan keindahan dan keunikan dari pantai tersebut.

Spot selanjutnya yaitu pagar tebing yang berupa kayu tepi pantai, dimana sebuah tempat dengan pagar dan lantai yang terbuat dari kayu yang terletak diatas puncak bukit karang dan dengan latar belakang luas dan birunya samudera hindia. Namun, jika kalian ingin mengabadikan moment di pantai ini, kalian juga harus tetap berhati-hati dan usahakan posisi kalian tetap aman dan nyaman.

Ada pula spot angsa di Objek wisata ini, spot foto ini terdiri dari dua gambar angsa yang terbuat dari papan dan tentunya background yang berupa samudera hindia yang memiliki ombak yang cukup besar cocok untuk kalian yang inign berselfie.

Sensai mendebarkan akan terkena deburan dari ombak laut pantai selatan ditengah dek kayu berbentuk perahu yang terkena dan terbentur mengenai bebatuan karang disekitar spot-spot foto dek kayu. Itulah beberapa spot foto buatan yang sengaja disiapkan dengan para pengelola Pantai Surumanis untuk kenyamanan dan kepuasan para wisatawan.

  • Serunya Bermain Air Laut

Ombak yang terdapat di Pantai Surumanis ini memang tidak begitu besar jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang menghadap langsung dengan samudera hindia. Hal ini disebabkan karena pantai ini dikelilingi oleh beberapa batu karang yang mampu untuk memecah ombak, sehingga hanya ombak-ombak kecil saja yang sampai pada bibir pantai.

Oleh karena itu Objek wisata Pantai Surumanis ini cukup aman jika kalian ingin bermain air laut dan berenang di pantai ini. Tak hanya itu, kalian juga dapat menikmati deburan ombak pantai langsung tanpa harus takut akan terseret ombak. Namun, kalian juga perlu memperhatikan bahwa jangan berenang ataupun bermain air di wilayah air terlalu dalam.

You may also like

Leave a Comment