Objek Wisata Unggulan di Provinsi Indonesia

by novput

Di Indonesia memang gudangnya akan keindahan alam. Saking banyaknya, keindahan di Indonesia bukan hanya dari sisi alamnya saja. Tetapi juga kaya akan peninggalan bersejarahnya, kesenian, budaya, kerajinan, hingga kulinernya.

Disini kita akan mengajak kalian berkeliling wisata yang ada di Indonesia, melalui beberapa Objek wisata unggulan yang ada di Provinsi Indonesia.

Pantai Parai Tenggiri, Kepulauan Bangka Belitung

Destinasi wisata pantai yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, yaitu Pantai Parai Tenggiri. Pantai ini berjarak ± 40km dari Bandara Depati Amir, Bangka. Di Pantai memiliki kontur tanah dengan ombak yang relatif kecil. Seperti di kebanyakan pantai lainnya, di pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih, tetapi yang membedakan yaitu air laut di Pantai Parai Tenggiri ini air lautnya berwarna hijau tosca yang membuat kesan eksotisme pantai ini. image credit @icharenisha

Kawasan wisata Pantai Parai Tenggiri ini merupakan Kawasan wisata yang sering di sebut dengan Parai Green Resort, sebagai bentuk menyelamatkan lingkungan. Maka dari itu, Pantai Parai Tenggiri ini menjadi pantai andalan di Kepulauan Bangka Belitung. Selain dengan pesona keindahan air laut yang berwarna hijau tosca, pantai parai tenggiri ini juga memiliki daya tarik tersendiri yaitu bebatuan yang berserakan di hamparan bibir pantai dengan berbagai ukuran dan bentuk yang menjadi nilai tambah keindahan di pantai ini, di Pantai Parai Tenggiri ini kalian juga bisa menikmati suasana pantai ini dengan cara duduk diatas bebatuan tersebut dan kalian dapat mengabadikan moment indah tersebut bersama keluarga ataupun kerabat anda.

Selain itu juga jika kalian berlibur ke wisata pantai ini, kalian bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling ataupun memancing. Atau jika kalian penasaran dengan panorama keindahan bawah laut yang ada di pantai ini, kalian bisa menyelam untuk menikmati keindahan-keindahan bawah lautnya. Dan kalian tidak perlu menghawatikan soal peralatannya, karena di pantai ini sudah terdapat tempat untuk persewaan peralatan untuk kalian snorkeling yang lengkap dengan pemandu dan perahunya. Ada pula aktivitas olahraga air lainnya seperti parasailing, banana boat, dan jetski yang juga dapat memacu adrenaline kalian.

Pantai Parai Tenggiri ini berlokasi tepatnya di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Pulau Sumatera. Dan rute perjalanan untuk kalian bisa sampai di Kawasan wisata ini, di mulai dari Bandara Depati Amir Bangka, dan kalian dapat menyewa mobil dengan biaya sewa sebesar Rp 250.000,- atau kalian juga bisa menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota dari Pangkal Pinang untuk menuju ke Sungai Liat, setelah itu sesampainya di Sungai Liat, kalian dapat melanjutkan dengan menggunakan becak motor menuju Pantai Parai Tenggiri.

Untuk biaya tiket masuk ke Objek wisata ini kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000,-/orang. Namun, Pantai Parai Tenggiri ini sudah di fasilitasi lengkap, yaitu Parai Beach Resort&Spa, dan juga beberapa fasilitas lainnya yaitu penginapan, spa, resort, tempat memancing, outbound, dan ada instruktur-instruktur professional yang dapat mendampingi kalian ketika kalian melakukan berbagai olahraga air di Pantai Parai Tenggiri ini.

Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

Sulawesi merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan keindahan alam yang eksotis. Bahkan pesona alamnya mampu menghipnotis kalian yang meski hanya dari gambar sekalipun. Salah satu yang menjadi daya tarik yang luar biasa di Sulawesi yaitu Pantai Tanjung Bira Bulukumba yang letaknya berada di Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai Tanjung Bira ini juga menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Pulau Sulawesi, karena keindahan alamnya mampu menyamai dengan pantai-pantai di Pulau Bali. Jadi jika kalian sedang berlibur ke Sulawesi Selatan, wisata di Pantai Tanjung Bira ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata kalian.

image credit @aldiriandana

Pantai Tanjung Bira yang terletak di Jl Tanjung Bira, Bonto Bahari, Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, untuk sampai ke wisata ini kalian butuh jarak tempuh selama 6 jam dari Makassar, dan untuk perjalanan dari Kabupaten Bulukumba ke pantai ini hanya berjarak 40 km, atau sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan.

Untuk kalian yang ingin menjadikan Pantai Tanjung Bira ini menjadi salah satu destinasi wisata kalian, akan dikenakan biaya tiket masuk untuk memasuki pantai ini, kalian akan dikenakan biaya sebesar :

Wisatawan Domestik : Rp 10.000,-/org

Wisatawan Mancanegara : Rp 20.000,-/org

Parkir Motor : Rp 5.000,-/motor

Parkir Mobil : Rp 10.000,-/mobil

Desa Wisata Religi Bongo

Bubohu atau Bongo merupakan salah satu desa adat yang ada di Gorontalo, dan masyarakat di desa ini memeluk erat ajaran Islam. Desa yang terletak di Kecamatan Batudaa Pantai, yang jaraknya berkisar ±30 kilometer dari Bandara Jalaludin. Desa Wisata Bongo ini telah ditetapkan sebagai Kawasan Wisata Religius oleh pemerintah setempat, karena di Desa ini memiliki pesantren dan bangunan Maa Taduwolo yang dimana menyimpan berbagai sumber sejarah pada jaman Kerajaan Gorontalo.

Tempat wisata di Desa Bongo ini selalu menjadi daya tarik parawisatawan yang berkunjung, karena di tempat wisata ini memiliki berbagi sumber yang berkaitan dengan sejarah Gorontalo, seperti ‘wombohe’ yang menjadi khas Desa Bongo Wisata Religi .

image credit @firasenduk_

Desa Bongo ini juga memiliki museum fosil kayu yang usianya lebih dari jutaan tahun. Disana juga adanya foto-foto sahabat Nabi Muhammad SAW, juga ada beberapa ulama Gorontalo yang bisa menambah pengetahuan.

Parawisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini juga bisa menyaksikan Kawasan burung merpati yang dilepasliarkan pihak pengelola.

Pantai Sulamadaha, Maluku Utara

image credit @baninda

Pantai Sulamadaha merupakan salah satu destinasi wisata yang luar biasa, pantai yang paling terkenal di Ternate. Pantai Sulamadaha  juga memiliki keindahan alam yang luar biasa, Hamparan pasir yang berwarna kehitam-hitaman dengan lautan berwarna biru jernih, Deburan ombak, dan terumbu karang di sekitar pantai yang membuat semakin menambah keeksotisan tempat wisata ini.

image credit @anna_soetjipto

Pantai Sulamadaha berada di Desa Sulamadaha, Ternate, Provinsi Maluku Utara. Dan rute untuk menuju tempat wisata ini kalian memerlukan waktu sekitar 30-60 menit perjalanan dari pusat kota, kalian bisa menggunakan transportasi angkutan umum, mobil sewaan, ataupun taksi. Untuk jam buka di pantai ini dibuka selama 24 jam, dan untuk kalian yang ingin memasuki Kawasan Pantai Sulamadaha, tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis, namun jika kalian ingin melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, ataupun berkeliling dengan perahu kuno, kalian akan disediakan tarif tersendiri.

Di Pantai Sulamadaha ini juga sudah dikelola fasilitas oleh warga setempat, seperti warung-warung makanan dan pengelola pantai pun sudah dikerjakan oleh warga setempat, tetapi operasionalnya tetap dibawah pengawasan pemerintah daerah Ternate.

You may also like

Leave a Comment