Pantai Sumur Tiga Sabang,Keindahan Tersembunyi Di Aceh

by novput

Keindahan Indonesia memang sudah terkenal sampai ke mancanegara, mulai dari Sabang sampai Merauke terbentang akan keindahan alamnya. Mengelilingi Indonesia di setiap wilayahnya mempunyai keindahan alam yang beraneka ragam. Begitu pula halnya jika kalian berkunjung ke ujung Barat wilayah Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatera. Di sini ada banyak tempat wisata yang menarik yang wajib kalian kunjungi, salah satu wisatanya yaitu Pantai Sumur Tiga yang letaknya berada di Kota Sabang, Provinsi di Aceh.

Pantai Sumur Tiga merupakan sebuah pantai yang masih alami dan asri di Aceh, Pantai ini memiliki pohon palem dan pohon kelapa yang dapat menambah keeksotisan dari pantai ini. Pantai Sumur Tiga ini juga begitu dekat dengan benteng sisa penjajahan Jepang yang dapat kalian eksplorasi. Jika kalian beruntung, kalian bisa melihat lumba-lumba yang muncul di pantai ini.

Hasil gambar untuk Pantai Sumur Tiga – Sabang

Pantai Sumur Tiga yang berpasir putih ini memiliki garis pantai yang Panjang dengan air lautnya yang berwarna biru muda, dan lengkap dengan pohon-pohon kelapa yang tersebar di sepanjang bibir pantai ini. Maka, tak heran jika banyak orang yang menyebut Pantai Sumur TIga ini sebagai Hawaii nya Sabang.

Ada yang menarik dari Pantai Sumur Tig aini yaitu di pantai ini kalian bisa memancing dengan berbagai perahu yang ada di Pantai ini. Pantai yang memiliki warna biru jernih yang sangat menenangkan jiwa dan sayang sekali untuk kalian lewatkan ketika kalian sedang berlibur ke Kota Aceh.

Pantai Sumur Tiga ini juga memiliki keindahan alam yang luar biasa, di pantai ini juga terdapat ombak yang mengeriak sehingga tepat sekali untuk menguji adrenaline kalian.

Sejarah Nama Pantai Sumur Tiga Sabang

Awal mula penamaan sebuah tempat lokasi memang sangat erat dengan peristiwa, tokoh, dan benda lainnya yang dianggap keramat, legenda, sebagai bentuk penghormatan, begitu pula dengan nama Pantai Sumur Tiga. Pada dahulu kala disekitar pantai ini terdapat tiga sumur yang menjadi mata air bagi warga sekitar dan sangat luar biasa, karena air yang di hasilkan dari pantai ini bukanlah air asin, melainkan air tawar. Namun, saat ini sumur tersebut sudah tidak dipergunakan lagi oleh warga sekitar, tetapi menjadi sejarah akan masalalu yang membanggakan.

Pantai ini dinamai Pantai Sumur Tiga, sesuai dengan Namanya, pantai ini memiliki tiga sumur air tawar yang berada di sepanjang pantai ini. Pasir di Pantai Sumur Tiga ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pantai lboih atau Pantai Gapang.

Sumur tiga pesisir ini memiliki air yang berwarna bersih putih meskipun airnya bisa di katakan memiliki sedikit ombak. Pantai ini sangat ideal dijadikan destinasi wisata bagi kalian yang ingin berbulan madu. Selain kalian bisa menikmati pasir dan ombak pantai yang indah, di pantai ini juga dilengkapi dengan perbukitan hijau dan juga hutan tropis.

Daya Tarik dan Spot Wisata Pantai Sumur Tiga

  • Snorkeling dan Diving

Di Pantai Sumur Tiga ini tak hanya akan keindahan alamnya yang tampak saja, tetapi juga keindahan alam bawah lautnya dapat di eksplor, dengan kegiatan diving ataupun snorkeling. Warna air di Pantai ini berwarna biru kehijau-hijauan, yang menunjukkan bahwa kehidupan dibawah laut masih terjaga dengan baik. Pantai Sumur Tiga ini merupakan surga bagi wisatawan yang menyukai akan kegiatan snorkeling ataupun diving, karena warna laut di pantai ini sangat bersih dengan warna bak langit dan di pantai ini ombaknya yang tak terlalu besar dan lautnya yang tidak terlalu dalam. Banyak juga wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung untuk bisa menikmati keindahan alam bawah laut sampai membawa peralatan menyelam sendiri.

  • Terdapat 3 Sumur Air Tawar

Salah satu yang menjadi keunikan dari Pantai Sumur Tiga ini yaitu adanya sumur yang merupakan air tawar di sekitar air laut yang asin. Walaupun sumur hanya berjarak 15 meter dari air laut, namun sumber air yang ada di ketiga sumur ini tetap tawar. Namun, ketiga sumur tersebut menjadi primadona pada masanya, walaupun saat ini sudah tak lagi dipergunakan dan menjadi sebuah saksi sejarah.

  • Benteng Sejarah

Pantai Sumur Tiga posisi tepatnya menghadap Selat Malaka. Berdasarkan sejarah Sabang merupakan tempat persinggahan Jepang pada jaman pertama kali di Indonesia. Jepang mulai membangun benteng pertahan di seluruh pesisir pantai untuk persiapan menghadapi Perang Asia Pasifik. Karena lokasinya yang strategis, dan membuat Sabang digunakan sebagai wilayah pertahanan Jepang.

  • Berwisata Kuliner

Di pantai ini kalian bisa berwisata kuliner karena makanan dan minuman di Pantai Sumur Tiga ini sangat lezat, ada beberapa menu khas Aceh dan kuliner daerah Sabang ini yang akan menyajikan berbagai makanan seafood karena mengingat letaknya yang berdekatan dengan laut. Salah satunya menu yang bisa kalian coba di Pantai Sumur Tiga ini adalah mie Aceh dengan pilihan seafood.

  • Belanja Souvenir

Jika kalian berkunjung ke Pantai Sumur Tiga ini dan kalian ingin berbelanja souvenir, di Pantai ini kalian juga dapat mencari souvenir yang menarik di Jalan Perdagangan, walaupun letaknya agak jauh dari pantai ini, namun toko-toko souvenir di sepanjang Jalan Perdagangan ini menyediakan banyak sekali souvenir yang bahan dasarnya terbuat dari batok kelapa, dan souvenir ini adalah hasil karya dari komunitas Desa Ujung Kareung.

image credit @ferasaputri24

Penginapan

Karena seringnya wisata Pantai Sumur Tiga ini menjadi tujuan wisata nasional ataupun mancanegara, maka sudah tersedia fasilitas di area pantai ini cukup untuk memenuhi kebutuhan parawisatawan yang berkunjung, termasuk pula penginapan.

Alamat dan Lokasi

Pantai Sumur Tiga ini lokasinya berada di Desa le Muelee, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Provinsi Aceh, Indonesia.

Rute Menuju Pantai Sumur Tiga

Jarak Kota Sabang menuju dengan lokasi Objek wisata Pantai Sumur Tiga ini, berjarak kurang lebih 2,4 Km, dan jalur terbaik untuk menuju lokasi ini adalah melalui Cik Ditiro dan Jalan Agus Salim.

Dan jarak yang dekat dengan Kota Sabang untuk menuju Pantai Sumur Tiga ini, kalian hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 15 menit saja dari Kota Sabang. Parawisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai ini, hanya tinggal menuju Kecamatan Sukajaya, lalu menuju Desa le Mulee.

Harga Tiket Masuk Pantai Sumur Tiga

Untuk kalian yang ingin berkunjung berwisata untuk menikmati keindahan alam yang ada di Pantai Sumur Tiga ini, kalian tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

You may also like

Leave a Comment