Pesona Curug Sodong Ciletuh di Sukabumi

by novput

Curug Sodong Sukabumi

Membahas air terjun di Indonesia memang tak akan ada habisnya. Di Indonesia ini dianugerahi begitu banyak air terjun alami yang menawan. Salah satunya yaitu Curug Sodong yang letaknya berada di Kawasan Ciletuh Geopak, Sukabumi.

Sukabumi merupakan sebuah daerah yang memiliki banyak lokasi wisata air terjun. Lokasinya berada di sekitaran Gunung Gede Pangrango dan beberapa pegunungan lainnya yang menjadikan kota ini sangat sejuk, dan berbeda jika dibandingan dengan kota lainnya.

Tak hanya air terjun, namun juga terdapat banyak pantai disini. Termasuk dalam Kawasan Pelabuhan Ratu, telaga, danau, serta masih banyak Objek wisata alam lainnya yang layak untuk di eksplor disini. Namun, walaupun demikian nampaknya masih belum banyak wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi, Jawa Barat. Sehingga disetiap spotnya masih sangat bersih, asri, dan alami.

Berbicara mengenai tempat wisata yang eksotis, kota Gunung Gede ini juga terdapat sebuah curug yang penuh cerita. Warga lokal setempat mengatakan bahwa Objek wisata Curug ini menyimpan kisah misteri.

Keunikan Lain Curug Sodong Sukabumi

Curug Sodong - Harga Tiket Masuk & Spot foto Terbaru 2021

Air terjun ini juga dikenal sebagai Curug Pengantin dan Curug Kembar ini mengalir di ketinggian tebing di tengah hutan. Yang menjadi daya tarik utama, dan menjadi asal-usul dari Namanya yaitu ‘Sodong’ (Goa Sempit) yang berada dibawahnya.

Lokasi Curug Sodong ini berada di dalam Kawasan Geopark Ciletuh, berada di Jampang Kulon. Tepatnya terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Ketinggian dari curug ini cukup pendek jika dibandingkan dengan curug-curug lainnya. Yaitu sekitar 20 meter. Disekitar dekat curug ini banyak ditumbuhi dengan pohon-pohon lebat dan hijau, serta rindang. Aliran air disini termasuk cukup tinggi dan deras. Cipratan dari air curug ini juga terasa saat berada walau tak hanya di area bebatuan.

Kisah Misteri Curug Sodong Sukabumi

Curug Sodong, Air Terjun Kembar di Geopark Ciletuh Sukabumi yang Unik -  Tribun Travel

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Curug Sodong ini juga memiliki kisah misteri. Memang terkesan mistis, mungkin juga bisa disebut mitos. Cerita yang sudah beredar di kalangan warga setempat adalah lokasi air terjun yang sering digunakan untuk menguji semacam ilmu kebatinan, yang disebut kanurangan.

Ilmu mistis ini dapat dikatakan dan dapat menyatukan bagian dari potongan-potongan tubuh yang dihanyutkan dari puncak air terjun. Yang dimana potongan-potongan tubuh tersebut dipercaya akan dapat Bersatu Kembali saat telah sampai ke dasar air terjun.

Ada pula cerita mitos lainnya dari Curug ini, yaitu pasangan yang belum menikah tidak diperbolehkan untuk berenang di area air terjun. Bila dilanggar, maka pasangan tersebut akan mati tenggelam.

Sudah pernah ada korbannya, terjadi sekitar tahun 2000an. Awalnya pada saat dilakukan pencarian, jasad mereka tidak diketemukan. Kemudian pada akhirnya ditemukan dan pada saat diangkat dari kolam, airnya tiba-tiba mengering dan berhenti mengalir selama beberapa hari.

Kedua mitos tersebut memang sudah lama beredar di kalangan warga setempat. Percaya atau tidak, memang sudah seharusnya untuk menghormati sebuah tempat. Terutama bila tempat tersebut menyatu dengan alam.

Harga Tiket Masuk Curug Sodong Sukabumi

Untuk harga tiket masuk Kawasan Curug Sodong ini terhitung murah dan sangat terjangkau. Begitu juga dengan biaya parkir untuk kendaraan. Berikut harga tiket masuk ke Objek wisata Curug Sodong Sukabumi :

  • Tiket Masuk : Rp 3.000,-
  • Parkir Motor : Rp 3.000,-
  • Parkir Mobil : Rp 8.000,-

Jam Buka Curug Sodong Sukabumi

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Objek wisata Curug Sodong Sukabumi, wisatawan dapat berkunjung kapan saja, karena Objek wisata ini dibuka untuk umum setiap harinya selama 24 jam. Dan pada saat musim kemarau tiba, air di aliran curug ini akan cenderung keruh karena tercampur dengan lumpur. Dan untuk waktu terbaik mengunjungi air terjun ini yaitu pada saat musim hujan tiba.

Sepasang Air Terjun

Kawasan Ciletuh Geopark memiliki luas lebih dari 125 Km² adalah salah satu ‘lumbung’ keindahan alam indonesia. Kawasan ini menjadi rumah bagi beragam Objek wisata alam seperti hutan, pantai, laut, air terjun dan sebagainya. Geopark ini mencakup 74 desa dan juga beberapa pulau kecil di Teluk Ciletuh.

Objek wisata Curug ini merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Ciletuh Geopark. Air terjun ini mengalir dengan deras di dinding tebing Ciletuh. Ketinggian dari curug ini mencapai 20 meter yang membuat air terjun ini juga dengan mudahnya disaksikan dari jarak jauh tanpa halangan.

Dinamakan dengan nama lain Curug Kembar dan Curug Pengantin. Karena terdapat dua air terjun yang mengalir. Keduanya berasal dari sungai yang sama, dan kemudian terbagi dan mengalir sebagai sepasang air terjun yang mempesona. Dikelilingi pula oleh vegetasi liar alami, serta pemandangan yang tersaji sungguh memikat hati.

Menikmati Keindahan Curug Sodong Sukabumi

Pesona Curug Sodong Air Terjun Indah di Ciletuh Geopark Sukabumi - Media  Pakuan

Untuk dapat menikmati keindahan dari Curug Sodong. Wisatawan yang berkunjung bisa bermain di tepian telaga demi keamanan. Dan jiika wisatawan ingin berenang, ada baiknya untuk berhati-hati agar tidak ke tengah ataupun mendekati jatuhan curug. Bagaimanapun juga, aliran air dari Curug Sodong ini memang cukup besar sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan pengunjung.

Ketika kalian sedang berkunjung ke Curug Sodong tersebut, jangan lupa untuk mengabadikan kunjungan ke Objek wisata ini dengan berfoto. Pada saat musim hujan tiba, adalah saat yang tepat untuk mendapatkan warna yang terbaik dari aliran air terjun ini. Wisatawan yang berkunjung juga akan mendapatkan pemandangan air terjun yang menawan di dinding tebing yang megah, ditambah dengan Goa Sempit dan juga telaga jernih dan berwarna kehijauan.

Fasilitas Curug Sodong Sukabumi

Air terjun dari Curug Sodong ini sudah terdapat fasilitas umum seperti area parkir, toilet, dan ada beberapa warung makanan. Terapat pula sejumlah gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat untuk beristirahat. Ada juga beberapa tempat penginapan yang lokasinya tak jauh dari curug yang bisa dijadikan sebagai alternatif akomodasi. Dan wisatawan juga dapat memilih homestay yang telah disedikan di rumah warga sekitar Kawasan Curug.

Lokasi Curug Sodong

Objek wisata Curug Sodong ini juga sudah termasuk dalam Kawasan Geopark Ciletuh. Tepatnya berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi Objek wisata ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dan pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi , untuk waktu tempuhnya jika kalian dari Kota Sukabumi untuk sampai ke Curug Sodong ini, kalian membutuhkan waktu kira-kira ± 3- 4 jam perjalanan.

You may also like

Leave a Comment