Pesona Danau Linting Medan

by novput

Danau Linting merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat retakan vulkanik bukit yang mengeluarkan air panas. Danau ini memiliki luas 1 hektar terkenal dengan pesona magisnya.

Pemandangan yang hijau dengan khas pohon beringin yang akan menyambut kehadiran para wisatawan yang berkunjung ke Objek wisata ini. Kawasan yang ada di danau ini memang begitu sangat asri dan membuat wisatawan yang berkunjung betah untuk berlama disini. Danau ini juga memiliki keunikannya sendiri. Konon, tak ada yang tau berapa kedalaman dari danau ini.

Harga Tiket Masuk Danau Linting

Danau Linting yang merupakan salah satu alternatif wisata murah yang ada di Kabupaten Deli Serdang. Hanya dengan membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000,-/orang, pengunjung sudah bisa dapat menikmati keindahan danau dengan segala pesonanya yang ada.

Harga Tiket Masuk Danau Linting

Tiket Masuk

Rp 5.000,-

Jam Buka Danau Linting

Objek wisata Danau Linting ini dibuka setiap harinya mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB. Danau ini juga biasanya akan ramai pada saat libur akhir pekan ataupun hari libur Nasional. Dan waktu terbaik untuk berkunjung ke Objek wisata danau ini adalah pada saat pagi hari. Pada saat pagi hari, pengunjung dapat menikmati segar dan sejuknya udara dari tepian danau.

Jam Buka Danau Linting

Setiap Hari

08:00 – 17:00

Pesona Danau Linting

Danau Linting Keindahan Alam Penuh Misteri di Sumatera Utara -  Disporabudpar Deli Serdang

Nuansa yang asri akan langsung terasa ketika kalian mulai memasuki Kawasan Objek wisata danau ini. dengan perpaduan danau dan pepohonan yang ada disekitar menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona. Maka tak heran banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Objek wisata Danau Linting ini.

Keunikan Danau Linting

Berasal dari retakan vulkanik, maka air yang berada di danau ini merupakan air panas. Berbeda dengan air di danau lainnya, air panas yang ada di danau ini memiliki bau belerang yang sangat menyengat. Warna air di danau linting ini seringkali terlihat berubah-ubah. Biasanya air di danau ini berwarna hijau tosca atau biru kehijauan.

Objek wisata Danau Linting ini memperbolehkan wisatawan untuk berenang di danau ini. Namun, pengiunjung hanya boleh berada di tepian danau ini. Pengunjung juga dilarang untuk berenang hingga ke tengah danau. Hal ini dikarenakan bagian tengah dari danau ini tidak diketahui kedalamannya.

Danau Linting ini juga dapat mengeluarkan uap panas yang baik untuk Kesehatan. Uap panas yang dihasilkan mampu untuk Kesehatan dan menyegarkan tubuh serta menyembuhkan gatal-gatal. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang berendam di danau ini.

Spot Foto Cantik di Tepi Danau

Objek wisata alam ini juga menyajikan pemandangan yang asri dan indah. Danau yang terbentang luas ini juga sangat menyejukkan mata. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang tertarik untuk berfoto di tepi Danau Linting ini.

Di tepi danau ini juga terdapat dermaga bertingkat yang biasa dimanfaatkan sebagai spot foto oleh pengunjung. Namun, saat sedang ramai, parawisatawan biasanya rela antri hanya untuk mendapatkan pemandangan terbaik untuk latar belakang fotonya.

Bersantai di Tepi Danau Linting

Objek wisata danau ini sangat cocok untuk bersantai di sela-sela waktu aktivitas rutin. Wisatawan yang berkunjung dapat bersantai di tepian danau sambil makan bersama dengan teman maupun keluarga. Dan biasanya pengunjung akan menyewa tikar untuk bersantai di pinggir danau linting ini. Di sekitar danau ini juga terdapat ayunan yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Wisatawan yang berkunjung juga dapat menikmati makanan yang dijajakan di kedai-kedai yang ada di sekitar danau. Untuk harga makanan dan minuman yang dijual pun harganya cukup terjangkau.

Goa Emas, Goa Perak & 8 Kolam Putri

Lokasi Objek wisata Danau Linting ini dapat dikatakan cukup strategis. Karena setelahnya kalian puas berwisata di danau linting, kalian juga dapat mengunjungi Objek wisata yang berada tak jauh dari Danau ini. Kurang lebih sekitar 200 meter dari danau terdapat Objek wisata lainnya, yaitu Goa Emas, Goa Perak, dan juga 8 Kolam Putri.

Keberadaan Objek wisata ini tak lepas dari cerita misterius tentang Danau Linting. Konon, dari juru kunci danau bermimpi melihat cahaya berwarna kuning, biru, merah, dan berwarna putih. Serta sepasang kakek dan nenek. Kakek dan nenek ini meminta kepada juru kunci tersebut untuk membuatkan kolam untuk 8 putrinya di tempat yang mereka tunjuk.

Lalu kemudian, juru kunci itu mengikuti arahan sesuai dengan mimpinya. Begitu ia menggali pada kedalaman 1,5 meter, maka keluarlah air yang suhunya lebih hangat dari Danau Linting. Dan kolam inilah yang kemudian dikenal sebagai Objek wisata 8 kolam putri.

Menurut kepercayaan warga sekitar, dengan berendam di danau ini, dapat menyembuhkan beragam penyakit seperti penyakit encok, kulit, reumatik, bahkan penyakit stroke. Ada juga 1 kolam yang disebut dengan berisi air cinta. Air yang ada di kolam ini dapat dipercaya mendatangkan jodoh bagi orang yang mencuci muka disini.

Selain dengan kolam, ada pula Goa Perak dan Goa Emas. Kedua Goa ini biasanya dapat dijadikan spot untuk berfoto, karena tampilannya yang sangat unik. Namun tak hanya itu, dua Goa ini juga memiliki fenomena alam yang cukup unik.

Pada Goa perak, suhu di dalam Goa ini lebih panas dibandingkan suhu di luar Goa. Bahkan suhu di dalam Goa ini hampir mirip dengan suhu di tempat sauna. Sementara itu, Goa emas ini kebalikan dari Goa Perak. Suhu di dalam ruangannya lebih dingin dibandingkan dengan suhu di luar ruangan.

Fasilitas

Meskipun harga tiket masuk Objek wisata danau ini cukup murah. Namun Objek wisata danau ini sudah tersedia fasilitas yang cukup memadai bagi para pengunjung. Disini juga sudah terdapat tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan motor ataupun mobil. Wisatawan yang berkunjung juga dapat memanfaatkan pondok untuk beristirahat sambil beristirahat di tepi danau.

Di Kawasan danau ini juga terdapat beberapa kedai makanan dan juga minuman untuk wisatawan yang berkunjung ke Objek wisata danau ini. Selain itu pula Objek wisata ini sudah dilengkapi dengan Mushola dan toilet. Dan pengunjung juga dapat menyewa tikar jika ingin bersantai di tepi Danau Linting ini.

Lokasi Danau Linting

Objek wisata Danau Linting ini berlokasi di Rumah Rih, Sinembah Tj. Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk jarak antara lokasi danau dengan Kota Medan berjarak kurang lebih 70 Kilometer. Wisatawan yang berkunjung hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1.5 jam jika menggunakan kendaraan bermotor.

You may also like

Leave a Comment