Pesona Raja Ampat ala Jawa Timur di Pantai Teluk Asmara

by novput

Pantai Teluk Asmoro atau biasa disebut Pantai TelukAsmara merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Malang, Jawa Timur. Wisata Pantai ini dikelilingi hamparan pasir putih dan juga beberapa pulau kecil yang tersebar disekelilingnya di pantai ini. Banyak parawisatawan yang menjulukinya sebagai miniatur dari Objek wisata Raja Ampat yang ada di Pulau Jawa.

Destinasi wisata Pantai Teluk Asmara ini mulai di resmikan pada tahun 2017. Objek wisata yang dinamakan demikian karena bentuk dari bukit kapur yang mengelilingi pantai teluk asmara ini menyerupai berbentuk hati. Jika kalian mengunjungi wisata ini, kalian akan dapat merasakan sensasi berlibur di pantai pribadi yang tenang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Teluk Asmara

Untuk kalian ingin memasuki dan mengunjungi Objek wisata pantai ini, kalian akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Harga tiket masuk ini berlaku untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000,-/oerangnya. Dan untuk jam operasional dari pantai ini dibuka selama 24 jam disetiap harinya.

Aktivitas Menarik di Wisata Pantai Teluk Asmara

Kain berwarna putih dan hitam kotak-kotak banyak dipasang membungkus tiang-tiang yang terdapat di Objek wisata Pantai Teluk Asmara. Seperti pada tiang yang ada di gapura loket karcis hingga tiang gazebo untuk tempat berteduh dari panasnya terik matahari. Dan hal ini membuat Kawasan Objek wisata ini kental seperti nuansa di Bali, ditambah pula dengan adanya suasana pantai yang tenang dan dapat membuat wisatawan yang berkunjung bebas melakukan berbagai aktivitas wisata.

Puluhan Anak Tangga Menuju Pantai Teluk Asmara

Untuk kalian dapat mencapai Pantai Asmara, wisatawan yang berkunjung harus melewati puluhan anak tangga, dan akses ini baru dibangun yang kemudian menuruni bukit untuk menikmati tepian pantai.

Di sisi kanan dan kiri tangga, pengunjung dapat melihat tumbuhan khas yaitu pohon Cemara Udan. Selain itu pula, ditempat ini jenis Cemara Udan di Indonesia ini hanya dapat kalian temui di Pantai Lombang, Madura.

Pemandangan Ketinggian

Destinasi wisata Pantai Teluk Asmoro ini menyuguhkan pesona keindahan alam yang berupa gugusan dari pulau-pulau kecil yang rimbun dengan tumbuhan hijau. Pantai ini juga sering disebut sebagai ‘Raja Ampat-nya’ yang ada di Malang karena keindahan alamnya yang eksotis.

Kalian juga dapat melihat panorama akan keindahan alam dari ketinggian. Namun, wisatawan harus naik keatas bukit. Nantinya diatas bukit tersebut, wisatawan dapat bersantai dan menikmati panorama akan gugusan pulau dan laut birunya.

Jika dilihat dari atas ketinggian, pulau-pulau kecil yang tersebar di sekelilingnya membentuk garis yang menyerupai bentuk hati. Maka dari sinilah muncul awal sebutan “Asmoro” dalam Bahasa Jawa yang memiliki arti asmara atau cinta.

Bermain Air di Tepi Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara ini memiliki suasana pantai yang ta begitu ramai, dan itulah yang membuatnya pas untuk parawisatawan yang menyukai ketenangan. Raja Ampat ala Malang ini memiliki pasir pantai yang putih dan gradasi warna pantai yang begitu indah. perairan di pantai ini juga berwarna biru cerah dengan beberapa karang yang juga ditumbuhi pepohonan.

Wisatawan yang mengunjungi Objek wisata ini juga dapat menikmati deburan ombak sambil merebahkan diri di pasir pantai putih yang bersih. Sambil merasakan sejuknya dari semilirnya angin dibawah pohon. Wisatawan juga akan merasa layaknya seperti berada di pantai pribadi. Untuk menikmati suasana dan yang ada di Kawasan Pantai Teluk Asmara ini, kalian bisa bersama keluarga atau sahabat yang juga suka bermain pasir di bibir pantai.

Berenang & Snorkeling

Ketika kalian berada di Kawasan teluk, Pantai Teluk Asmara ini memiliki perairan dengan ombak yang tenang. Hal tersebut memungkinkan parawisawatan untuk berenang dengan santai tanpa perlu khawatir. Berlatar dengan deburan ombak yang berada diantara dua bukit, perairan pantainya pun memiliki gradasi dengan warna biru toska, serta air jernih dan pasir putih.

Keindahan akan panorama dari Pantai Teluk Asmara ini tak hanya di wilayah pasir putihnya saja. Namun, perairan dan pantai ini pun menyimpan pesona alam bawah laut yang memukau dan menakjubkan. Wisatawan yang berkunjung juga dapat mengeksplorasi keindahan alam bawah lautnya dengan aneka terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni.

Menikmati Moment Sunset

Waktu yang terbaik ketika kalian ingin mengunjungi wisata Pantai Teluk Asmoro ini adalah pada saat menjelang sunset. Saat matahari mulai terbenam, siluet dari gugusan pulau-pulau kecil ini akan membentuk garis yang sangat indah, serta deburan ombak pantai selatan pun terlihat menggelora pada waktu senja.

Spot Foto di Pantai Teluk Asmoro

Salah satu aktivitas yang banyak digemari oleh parawisatawan yaitu berburu foto untuk mengabadikannya pada saat moment liburan. Wisatawan yang berswafoto berlatar belakang deburan ombak diantara dua bukit dengan warna pantainya yang cantik. Setiap moment dari setiap sudut pandang pantai dapat terlihat menarik untuk diabadikan.

Berkemah di Pantai Teluk Asmara

Menikmati suasana untuk berlibur dengan waktu yang leluasa, dan parawisatawan juga dapat menginap di Objek wisata ini. Berkemah dapat menjadi salah satu pilihan bagi parawisatawan yang ingin meresapi moment senja.

Dengan menginap bermalam di pantai ini, wisatawan dapat menikmati suasana malam dengan langit yang bertabur bintang. Pada saat pagi menjelang, wisatawan juga dapat menyaksikan moment dari terbitnya matahari di garis pantai ini. parawisatawan juga dapat membawa peralatan sendiri atau bisa pula menyewa.

Fasilitas di Pantai Teluk Asmara

Di Objek wisata ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas umum yang cukup memadai untuk parawisatawan yang berkunjung. Fasilitas tersebut seperti Area Parkir Kendaraan, Mushola, Gazebo, Toilet, hingga warung jajanan di sekitaran area pantai yang menyajikan makanan dan minuman.

Lokasi Pantai Teluk Asmara

Destinasi wisata ini memiliki jarak berkisar 73 Kilometer dari pusat Kota Malang. Perjalan untuk menuju sampai ke Lokasi Objek wisata ini dapat kalian tempuh dalam waktu sekitar ± 2jam. Lokasi tepatnya berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

You may also like

Leave a Comment