Pesona Wisata Pulau Sumba

by novput

Pulau Sumba merupakan sebuah pulau misterius dan ”liar´ yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT) di Indonesia. Sebelah barat daya Flores, yang luas wilayahnya sekitar 10.710 km. Pulau Sumba Juga memiliki wisata yang eksotis dan wajib dikunjungi parawisatawan yang ingin berlibur dan petualang ke Pulau Sumba. Pulau Sumba juga merupakan salah satu dari sekian banyak dataran megah di Nusantara, yang keindahan alamnya tak kalah jika dibandingkan dengan Hawai.

Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Pulau Sumba :

  • Waikelo Sawah
  • Persawahan Mauliru
  • Danau Weekuri
  • Pantai Ratenggaro
  • Pantai Mandorak

Waikelo Sawah

Waikelo Sawah merupakan salah satu Objek wisata Pulau Sumba yang letaknya di Kabupaten Sumba Barat Daya Provinsi Nusa Tenggara Timur, Objek wisata dengan spot utama air tawar yang tidak pernah kering. Ditambah lagi kondisi luas hutan yang dijadikan sebagai sumber serapan air utama, yang semakin berkurang dari tahun ke tahun yang tentu saja membuat Waikelo Sawah sebuah Objek Wisata. Dan terdapat pula beberapa daya tarik yang bisa dinikmati para traveler yaitu pesona alam disekitar, pesona air tawar dan gua, ada pula sejarah Waikelo Sawah sendiri. Bangunan yang dimulai pada tahun 1976 dijadikan menjadi sumber mata air yang alami dengan kandungan air yang berlimpah, serta pembangunannya difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Objek wisata Waikelo Sawah yang ada di Pulau Sumba ini tidak dikenakan biaya tiket masuk, karena belum ada pengelola khusus yang menentukan tarif masuk dan Objek wisata ini di buka setiap hari 24jam, jadi untuk parawisatawan yang penasaran dengan keindahan pemandangan yang populer ini bisa berkunjung kapan saja.

Persawahan Mauliru

Pulau Sumba adalah salah satu pulau terindah di dunia, sebab pulau ini banyak menyimpan obyek-obyek wisata, mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata religi, maupun wisata budya. Khususnya di Sumba Timur, ada Objek wisata alam yang cukup dikenal yaitu Persawahan Mauliru. Yang dimana Persawahan Mauliru ini dijadikan latar foto yang instagramable karena pemandangannya yang bagus dan mempesona, yang membuat parawisatawan juga bisa menyaksikan panorama sunset, warna kuning keemasan terpancar pada saat matahari terbenam dan menghadirkan keteduhan yang romantis di puncak Bukit Persaudaraan.

Pemandangannya yang mempesona dan hamparan sawah yang unik, perbukitan yang anggun dan juga lautan yang biru dari kejauhan mata melihat.

Untuk biaya masuknya tidak akan dikenakan biaya, dan untuk jam masuknya dibuka 24 jam.

Danau Weekuri

Danau Weekuri yang terletak di Desa Kalenarogo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Danau yang berwarna hijau kebiru-biruan ini merupakan danau yang unik jika dibandingkan dengan danau-danau pada umumnya di Indonesia. Dengan kandungan airnya yang payau dan asin, membuat danau ini terdapat beberapa titik sumber mata air yang membuat gradiasi warna air di danau ini bervariatif, selain dengan itu pula parawisatawan dapat menjelajahi dan juga menikmati keindahan dari ketinggian. Untuk parawisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Weekuri ini diharuskan hati-hati karena adanya bebatuan karang yang sangat lancip dan tajam. Tetapi jika sudah berada dari atas puncak bukit karang, wisatawan akan merasakan sensasi yang berbeda dan akan jauh lebih indah menikmati panorama keindahan Danau Weekuri dari atas bukit karang ini.

Pantai Ratenggaro

Pantai Ratenggaro yang terletak di Desa Ratenggaro Kabupaten Sumba Barat Daya adalah salah satu destinasi yang ada di Pulau Sumba, yang identik dengan adat budayanya yang masih sangat kental, dan memang Pantai Ratenggaro belum cukup populer di kalangan wisatawan. Tetapi, untuk wisatawan yang gemar dengan wisata sejarah tentunya akan cukup tertarik karena adanya kubur-kubur batu tua yang sudah ada pada jaman Megalitikum di Pantai Ratenggaro Nusa Tenggara Timur.

Pantai ratenggaro ini masih sangat alami dan bersih, untuk lokasinya memang cukup menarik karena tepat berada di muara sungai dengai air biru dan jernih. Destinasi wisata Pulau Sumba ini tentunya sangat menarik selain alamnya yang indah, namun cerita bersejarah juga bisa disaksikan. Di Pantai Ratenggaro di Sumba ini juga memiliki ombak yang besar dengan long roll, dan sangat cocok sekali untuk kalian yang suka surfing.

Untuk jam buka Pantai Ratenggaro ini, dibuka setiap hari 24jam, dan untuk biaya masuknya berkisar Rp 15.000,-

Pantai Mandorak

Pantai Mandorak merupakan salah satu destinasi yang berlokais di Desa Pero Batang, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Pantai Mandorak juga merupakan sebuah pantai indah dan cantik dengan pasir putih yang menawan. Pasir putihnya yang terlihat berkilau dibawah sinar matahari dan berpadu mesra dengan air laut yang jernih dengan khas Samudera Hindia. Dengan air laut yang berwarna biru tosca, pengunjung bisa melihat dasar laut dan kehidupan di dalamnya hanya dari permukaan pantai. Pantai mandorak yang berada di balik dua tebing yang sangat curam dengan jaraknya yang kurang lebih 5 meter. Di Pantai Mandorak ini juga terdapat curug yang dapat digunakan untuk mandi oleh para pengunjung. Dan pengunjung juga bisa naik keatas tebing untuk melihat keindahan laut lepas di baliknya, untuk wisatawan yang memiliki nyali yang besar, wisatawan bisa melakukan jump clif dari atas tebing. Namun juga harus memperhatikan unsur keamanannya.

Dan untuk berkunjung ke Pantai Mandorak ini, wisatawan tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

You may also like

Leave a Comment