Sejuta Pesona Wisata Di Mandalika

by novput

Lombok memang banyak sekali tempat wisata yang istimewa di Indonesia, khususnya di Lombok Tengah ada satu Kawasan yang digarap untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian warga Nusa Tenggara Barat (NTB) secara umum, yaitu di Mandalika. Melalui Pemerintahan Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata. Dengan luas wilayah sekitar 1.036 hektar dan menghadap ke Samudera Hindia, Kawasan Ekonomi Khusus di Mandalika ini diharapkan bisa mengangkat sector pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di Mandalika mempunyai potensi wisata cukup menjanjikan, tetapi tidak banyak juga yang mengetahui akan keindahannya. Mulai dari keindahan alam dan keindahan alam bawah lautnya yang sangat menarik dan memukau. Berikut ada beberapa destinasi tempat wisata bernuansa eksotis dan tropis di Mandalika yang wajib kalian kunjungi jika sedang berlibur disana.

  • Desa Adat Sade
  • Bukit Merese
  • Pantai Kuta Mandalika

Desa Adat Sade

Berlibur ke Lombok kalian jangan hanya menikmati wisata alam dan lautnya saja, tetapi kenali pula kehidupan dan tradisi budaya yang ada di Lombok Tengah khususnya di Desa Sade di Mandalika. Di sana tak hanya punya keindahan alam dan lautnya saja tetapi juga kaya akan budaya yang masih sangat terjaga sampai saat ini, dan salah satunya budaya dan tradisi di Desa Sade di Mandalika Lombok Tengah. Pengunjung yang berkunjung ke Desa ini akan dimintai mengisi buku tamu dan akan dipersilahkan untuk melihat-melihat dan didampingi dengan salah satu warga yang berprofesi sebagai guide di Desa Adat Sade tersebut. Keunikan dari rumah yang ada di desa ini adalah warga lokal sekitar menggunakan kotoran sapi sebagai perekat untuk menguatkan lantai dirumah mereka yang dipercayai lantai tersebut supaya tidak keropos. Jika kalian wisatawan yang berkeliling ke desa ini, kalian akan melihat beberapa wanita yang menawarkan dagangan kain tenunnya serta aksesoris dari benang, karena perempuan yang tinggal di Desa Sade diharuskan bisa menenun, bahkan mereka baru diperbolehkan menikah jika sudah bisa menenun. Dan ada tradisi unik lainnya di Desa Adat Sade ini yaitu sebuah pernikahan yang tidak biasa pada umumnya, kawin culik dan sampai sekarang masih mempertahankan tradisi tersebut, maka cocok sekali Desa Adat Sade ini dijadikan salah satu wisata wajib yang harus kalian kunjungi ketika kalian sedang berlibur ke Mandalika Lombok Tengah.

Bukit Merese

Lombok Tengah yang tepatnya di Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu Bukit Merese yang merupakan salah satu objek wisata yang juga termasuk salah satu dari beberapa destinasi Pariwisata Prioritas yang dikembangkan pemerintah. Di Bukit Merese juga menawarkan pemandangan yang mempesona dan juga pantai-pantai di sekitar Mandalika yang terlihat dari atas bukit, sekaligus juga bisa menikmati sunrise serta sunset. Untuk mencapai ke atas bukit tersebut kalian harus membutuhkan waktu untuk mendaki sekitar 10 menit, untuk treknya pun cukup bersahabat untuk didaki, selama pengunjung mendaki keatas bukit, pengunjung akan ditemani suasana sejuk di pagi hari dan tidak akan terasa sudah sampai saja di atas bukit. Untuk kalian yang ingin berkunjung ke Bukit Merese pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk tetapi kalian hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000,- untuk biaya parkir.

Pantai Kuta Mandalika

Pulau Lombok banyak menampilkan destinasi wisata cukup menarik untuk wisatawan kunjungi. Dan kepopuleran wisata Lombok ini sudah banyak sekali dikenal hingga ke mancanegara. Hal ini karena banyaknya destinasi wisata yang ditawarkan , yaitu mulai dari air terjun, gunung, hingga gili. Keindahan alam bahari disana juga tak kalah indahnya, yaitu seperti Pantai Kuta Lombok Mandalika. Objek wisata pantai ini wajib dikunjungi ketika sedang berlibur ke Lombok. Pesona akan keindahan alamnya pun dapat menarik hati, mulai dari kejernihan air lautnya, pasir yang menyerupai merica, hingga batu yang cantik. Objek wisata Pantai Kuta Mandalika ini terletak di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini juga cocok untuk kalian yang berlibur bersama keluarga, karena di area sekitar pantai ada playground untuk bermain anak-anak. Untuk jam buka dipantai ini selama 24jam dan untuk harga tiket masuk ke pantai ini tidak dikenakan biaya untuk masuk, hanya dikenakan biaya untuk parkir saja yang juga biayanya relatif murah berkisar Rp 5.000,- untuk parkir motor dan Rp 10.000,- untuk parkir mobil.

You may also like

Leave a Comment