Serunya Berwisata Menjelajahi Anak Gunung Krakatau

by novput

Wisata Krakatau | Palapa News

Sebagian dari kita tentu saja sudah tidak asing lagi dengan Gunung Anak Krakatau, apalagi di kalangan para traveler dalam negeri maupun luar negeri. Kawasan Gunung Anak Krakatau ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah serta menawan,tak heran jika da banyak sekali wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan wisata Gunung Anak Krakatau.

Informasi Tentang Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau Waspada, Wisatawan Dilarang Mendekat – Portal Berita  Bisnis Wisata

Kawasan Gunung Anak Krakatau ini sudah masuk kedalam kawasan Cagar Alam yang di lindungi. Semenjak meletusnya gunung vulkanik tersebut pada 26-27 Agustus 1883 menjadikan gunung ini sudah sangat terkenal. Letusan Gunung Anak Krakatau tersebut sangat amat dahsyat hingga memporak-porandakan kawasan tersebut hingga menelan korban sedikitnya sekitar 36.000 jiwa dan juga menimbulkan awan panas serta tsunami yang sangat dahsyat, dan tsunami yang pernah terjadi di kawasan wisata Krakatau tersebut merupakan tsunami yang paling dahsyat di Samudera Hindia sebelum tsunami yang terjadi pada tahun 2004 silam.

Konon letusan yang terjadi di kawasan wisata Krakatau tersebut terdengar hingga ke Benua Australia serta 4.653km dekat Pulau Rodrigues,Afrika. Dan letusan tersebut di perkirakan 30.000 kali lipat lebih besar dibandingkan bom atom yang pernah menimpa kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada perang dunia ke-2.

Keindahan Alam Sekitar Anak Gunung Krakatau

Gunung Anak Krakatau berada di sebuah pulau diantara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, jika kalian sedang menyebrangi selat sunda,kalian bisa melihat keindahan alam tersebut secara langsung dari kejauhan.

Setiap tahunnya, Gunung Anak Krakatau tumbuh sebanyak 4cm dan di sekitarnya terbentuk daratan kecil diatas laut yang diakibatkan oleh letusan sebelumnya yang maha dahsyat.

Jika kalian ingin mengunjungi gunung ini dan melakukan trakking sampai ke puncak kalian harus memerhatikan beberapa hal, dikarenakan gunung ini sangat berbeda dari gunung kebanyakan dan juga terbilang sangat berbahaya. Para pengunjung yang datang pun tidak di perbolehkan untuk menginap di pulau tersebut, untuk diperjalanan menuju puncak pun waktu maksimal untuk turun gunung hanya di perbolehkan sampai jam tiga sore saja.

Pendakian juga dilarang ketika sedang cuaca buruk, selain karena faktor cuaca di tempat ini juga memiliki cahaya yang kurang dan ombak yang berbahaya karena pasang. Proses pendakian menuju puncak harus di mulai pada pagi hari dan di mulai dari tepi pantai menuju hutan belantara. Perjalanan menuju puncak memakan waktu sekitar 30 menit sampai 45 menit, tidak terlalu lama akan tetapi harus tetap waspada naik sampai ke atas.

21+ Pemandangan Gunung Krakatau - Pemandangan Indah Sekali

Pesona bahari di sekitaran Gunung Anak Krakatau ini juga sangat mengagumkan. Ada banyak sekali ikan yang tinggal di terumbu karang di sekitaran lokasi tersebut. Selain itu, pengunjung yang datang bisa melakukan aktivitas snorkling, memancing di pinggiran pantai,menikmati keindahan sunset atau hanya sekadar duduk santai di pinggiran pantai.

Dulunya kawasan ini masuk ke dalam bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, akan tetapi secara administratif daratan ini sekarang masuk ke dalam wilayah Provinsi Lampung. Wilayah ini sekarang masuk ke dalam situs warisan dunia oleh UNESCO.

Informasi Harga Tiket Masuk Gunung Anak Krakatau

Untuk masuk ke kawasan ini tidak ada tiket masuk yang harus di bayar akan tetapi pengunjung yang datang harus mengurus surat ijin terlebih dahulu dan akan di mintai donasi minimal 1 juta untuk pengembangan dan pemeliharaan pulau.

Rute Menuju Lokasi Gunung Anak Krakatau

Untuk Lokasi GUnung Ankan Krakatau sendiri berada di selat sunda dan masih masuk ke dalam Provinsi Lampung Selatan. Karena lokaso ini masuk ke dalam bagian daerah konservatif yang harus di jaga dan di lindungi, maka jika pengunjung ingin masuk ke dalam pulau ini harus ijin terlebih dahulu ke pos BKSDA yang terdapat di pulau tersebut.

Jika kalian ingin mengunjungi tempat ini, kalian bisa terlebih dahulu berangkat dari Pelabuhan Merak yang berada di Banten lalu menuju Pelabuhan Bakauheni yang berada di Provinsi Lampung. Setelah sampai di Pelabuhan Bakauheni kalian harus melanjutkan perjalanan menaiki kapal menuju ke Pelabuhan Canti yang berada di Kalianda,Kabupaten Lampung Selatan. Perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Canti memakan waktu selama kurang lebih 3 jam perjalanan. Setelah itu kalian akan sampai di Pulau Sebesi dan di lanjutkan ke lokasi Gunung Anak Krakatau yang menempuh waktu kurang lebih sekitar 1 jam dengan menggunakan perahu.

You may also like

Leave a Comment