Spot Hunting Sunset Terbaik di Pantai Walakiri, Sumba

by novput

Pantai Walakiri merupakan salah satu pantai indah di Sumba Timur dengan ciri khas pantainya yang cenderung tenang, dan juga dengan hamparan pasir putihnya. Letaknya tak jauh dari pusat Kota Waingapu yaitu sekitar 24 jam dan dapat ditempuh sekitar 30 menit lamanya.perjalanan, akses untuk menuju Walakiri sangatlah mudah karena lokasinya berada tak jauh dari jalan raya menuju arah Melola, yang merupakan sebuah Kecamatan cukup besar yang ada di Sumba Timur. Wisatawan yang berkunjung juga dapat menyewa motor ataupun mobil dari Waingpau menuju ke Walakiri dikarenakan susahnya transportasi umum dalam kota Sumba.

Pantai Walakiri ini memiliki pasir putih yang bersih dan juga lembut, serta beberapa deretan pohon kelapa yang berada di bibir pantainya. Ditambah pula dengan laut yang berwarna biru serta air lautnya yang berwarna biru seakan memanggil wisatawan yang berkunjung untuk segera mengehampirinya untuk berenang.

Ada pula hal menarik yang dapat kalian jumpai ketika berada di Pantai Walakiri ini, yaitu ada dua jenis pasir dengan struktur berbeda, yaitu pasir yang berada di tepi pantai ini memiliki tekstur yang kasar berwarna putih gading, dan di segi lainnya di laut yang agak surut memiliki tekstur pasir yang benar-benar halus seperti bedak dan juga lumayan padat.

Sumba Timur ini memiliki daerah pantai yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa serta surganya untuk berselancar. Hal tersebut sudah terdengar di telinga parawisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun Pantai Walakiri ini berbeda dengan pantai lainnya yang terlihat sepi dan tak ramai akan pengunjung. Di Pantai Walkiri ini selalu ramai akan pengunjung, sebab lokasi Pantai ini sangat berdekatan dengan pemukiman warga.

Lokasi & Rute Pantai Walakiri

Lokasi Objek wisata Pantai Walkiri ini berada di wilayah Watumbaka, Kecamatan Pendawai, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk rute menuju ke Pantai Walkiri ini tak begitu sulit, karena untuk lokasinya tak berada jauh dari Jalan raya untuk menuju ke arah sebuah Kecamatan yang memadai besar di Sumba Timur, yaitu Melolo.

Untuk kalian yang ingin berkunjung menuju ke Objek wisata Pantai Walkiri ini, kalian diwajibkan untuk membawa kendaraan pribada atau bisa juga kalian menyewa kendaraan. Karena untuk menuju sampai ke Pantai Walkiri ini masih susah akses untuk transportasi di Sumba.

Jika kalian berasal dari Waingpau, kalian akan memerlukan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam untuk sampai menuju ke arah Kambajawa. Setelah itu kalian jalan terus sampai nanti melewati Jl Adam Malik, lalu kalian dapat berbelok ke arah kiri menuju Jl Prof Yohanes dan akan dilanjutkan menuju Jl Suprapto / Jl Sutomo. Kemudian kalian akan melanjutkan perjalanan sampai menuju ke Pantai Walakiri, dan sampailah kalian di tempat tujuan Objek wisata Pantai Walkiri.

Harga Tiket Masuk Pantai Walkiri

Untuk dapat menikmati keindahan alam yang ada di Pantai ini. Pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Namun, kalian akan dikenakan biaya untuk parkir kendaraan sebesar Rp 5.000,- (motor) dan Rp 10.000,- (mobil).

Jam Buka Pantai Walkiri

Objek wisata Pantai Walkiri ini dibuka selama 24 jam nonstop. Jadi wisatawan dapat berkunjung dalam waktu kapan saja.

Keindahan Pantai Walkiri

Pantai Walkiri ini merupakan pantai yang sangat indah, panorama akan keindahan alam yang ada di Pantai ini masih sangat alami. Dengan deburan ombaknya yang layak untuk berselancar, serta pohon kelapa yang melambai-lambai terkena hembusan angin pantai. Sejauh mata melihat, lautnya yang berwarna biru memanglah sangat indah.

Pengunjung dapat duduk diatas hamparan pasir yang lembut, sambil memandangi dan juga merasakan betapa indahnya pesona dari Pantai Walkiri ini. Objek wisata ini dapat menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu dengan orang tersayang.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga mampu bermain dengan aman di tepi pantai, atau pun hanya sebatas bermain pasir.

Pasir Lembut Pantai Walkiri

Pantai Walkiri ini memiliki hamparan pasir putih yang berwarna putih dan bertekstur lembut. Dan sangat nyaman sekali jika kalian berjalan kaki tanpa menggunakan alat kaki di Pantai Walkiri.

Terdapat dua jenis pasir yang ada di Pantai Walakiri, yaitu pasir yang di pinggir pantai mempunyai tekstur pasir yang kasar dan pasir dekat pohon mangrove yang sangat lembut.

Pasir di Pantai Walakiri ini berwarna putih bersih. Ketika kalian dapat melihat dengan jelas, maka perpaduannya sangat luar biasa. Antara berwarna biru laut, hijau nya pepohonan, serta pasir nya yang berwarna putih.

Spot Sunset Pantai Walkiri

Jika kalian berkunjung ke sebuah pantai, kalian dapat menikmati keindahan matahari tenggelam atau biasa disebut sunset, keindahan matahari tenggelam yaitu perubahan warna matahari yang beralih menjadi sedikit berwarna jingga, terhitung dengan keindahan matahari terbit yang singgah dari sebelah timur di Pantai Walakiri.

Yang paling penting dan sangat ditunggu oleh para pengunjung adalah ketika matahari tenggelam, yang dimana banyak satu diantara pengunjung yang berfoto atau mengabadikan moment keindahan siluet pohon Mangrove yang sangat indah.

Pohon Menari Pantai Walkiri

Adanya pohon mangrove ini yang selalu menjadi pusat perhatian dan daya tarik parawisatawan yang berkunjung ke Pantai Walakiri ini. Karena pada saat air laut sedang pasang, kalian dapat mendekati pohon menari tersebut, biasanya pohon ini disebut sebagai Pohon Mangrove/Pohon Menari. Karena memang wujudnya yang tak begitu besar dengan ukuran normal pada umumnya. Maka pengunjung dapat mendekati pohon tersebut, dan pengunjung juga dapat menjadikannya sebagai spot untuk berfoto.

Dengan keindahan serta keunikan yang dimiliki dari wilayah ini, maka Objek wisata ini sering sekali dijadikan sebagai foto Prewedding. Karena sesungguhnya Objek wisata Pantai ini sangat romantis sekali. Ada pula satu keunikan lainnya yang ada di pohon mangrove ini, yaitu rantingnya yang kecil dan berbentuk meliuk-meliuk seakan sedang menari. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang menyebutnya sebagai pohon menari.

Fasilitas Pantai Walakiri

Di Pantai Walkiri ini juga sudah tersedia fasilitas umum, seperti Area parkir kendaraan,Toilet, dan Warung makanan.

You may also like

Leave a Comment