Surganya Pecinta Alam di Kalimantan Timur

by novput

Di Indonesia memiliki banyaknya destinasi wisata yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Karena keindahan alam dan warisan budayanya yang masih kental, kerap destinasi wisata seperti Lombok dan Bali kerap menjadi pilihan utama para wisatawan.

Jika kalian sudah puas untuk menjelajahi Sebagian besar destinasi wisata yang ada di Bali, Pulau Jawa, dan juga Lombok. Kali ini waktunya kalian untuk mencoba alternatif lainnya dari pulau-pulau tersebut.

Destinasi wisata di Kalimantan Timur juga tak kalah indah dan menawan, dan Sebagai pulau terbesar kedua di Indonesia, Kalimantan Timur juga memiliki banyak destinasi wisata lainnya, diantaranya :

Pulau Derawan

Pulau Derawan yang letaknya berada di Provinsi Kalimantan Timur, Pulau Derawan juga merupakan gugusan kepulauan yang terkenal dengan keindahan pantai-pantainya. Tak hanya keindahan pantai saja, destinasi wisata di Kepulauan Derawan juga meliputi panorama alam dan juga eksotisme akan pemandangan bawah laut yang sangat memukau dan menakjubkan. Maka, tak heran rasanya jika Objek wisata ini kerap menjadi salah satu destinasi wisata pilihan parawisatawan, karena panorama keindahan alamnya seperti surga yang tersembunyi.

image credit @rezaarianda

Pulau Derawan memilik daya tarik tersendiri, salah satunya yaitu sensasi bermalam di pinggir pantai yang ada di kepulauan derawan, karena kepulauan derawan dengan penginapan-penginapannya yang dibangun diatas permukaan air laut di tepi pantai, dan tentunya bermalam di salah satu tempat penginapan disana akan memberikan kalian pengalaman yang tak terlupakan saat liburan ke Pulau Derawan.

Pulau Kakaban

An amazing aerial view of Kakaban Island, East Borneo, #Indonesia Photo by:  IG @droneflyosophy | Lautan, Indonesia, Beautiful

Pulau Kakaban merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Pulau ini juga sangat menarik untuk kalian kunjungi saat liburan. Pulau Kakaban memiliki luas yang didominasi danau hingga 80% dibandingkan daratan, Pulau ini memiliki luas wilayah 774,2 hektar yang masuk Kecamatan Maratua, tepatnya berada di payung-payung.

Pulau Kakaban memiliki keistimewaan yaitu merupakan habitatnya ubur-ubur mini yang tidak menyengat dalam jumlah ribuan. Ada dua jenis ubur-ubur di pulau ini, yaitu Moon Jellyfish dan Golden Jellyfish, dan yang masing-masingnya berbeda warna, ada yang berwarna mulai dari jingga, kemerah-merahan, putih, bahkan ada yang warnanya terlihat seperti berwarna ungu muda.

Jika kalian ingin menuju ke Pulau ini, nantinya dari Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau, kalian bisa dilanjutkan dengan speedboat dengan kapasitas 200 PK selama 3 jam perjalanan. Atau, kalian juga bisa melalui jalan darat, kalian terlebih dulu menuju Tanjung Batu selama 2 jam perjalanan yang akan dilanjutkan perjalanan menggunakan speedboat sekitar 1 hingga 2 jam.

Pulau Maratua

Maratua masih berada dalam gugusan Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, dan menjadi salah satu pulau terluar di Provinsi Kalimantan Timur, yang masih berbatasan dengan Filipina Selatan dan Sabah, Malaysia Timur. Kalimantan Timur juga merupakan daerah yang masih berbatasan dengan Malaysia, dan ternyata juga memiliki beberapa destinasi wisata yang eksotis. Selain itu juga di Pulau ini ada sensasi menyelam bersama Ikan Pari Manta di Derawan, yaitu salah satu propinsi yang ada di sisi timur pulau Borneo, dan juga menawarkan sensasi wisata bahari yang tak kalah dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia.

image credit @yukianggia

Pulau Maratua juga menjadi salah satu wisata bahari yang ada di Kalimantan Timur, jadi jika kalian sedang berlibur ke Kalimantan Timur, wisata ini wajib kalian kunjungi. Dan sebagai pulau kecil dan kondisi lingkungan yang khas akan perairan tropis, ternyata di Pulau Maratua juga mampu menyedot perhatian parawisatawan yang berdatangan untuk berkunjung dan menikmati liburan di pulau eksotis ini.

Ada hal yang menarik dan unik di Pulau Maratua ini, yaitu tempat penginapan yang terapung dan dapat kalian sewa untuk menginap. Dan sebenarnya ada dua macam penginapan, diantaranya Water Villa yang lokasinya ada diatas air, dan ada pula Beach Challet yang lokasinya ada diatas pasir pantai.

Di Pulau Maratua ini memiliki banyaknya spot untuk snorkeling dan divingnya yang indah menakjubkan. Spot untuk diving diantaranya Turtle Traffic, Eel Garden, Jetty Dive, Mid Reef, Cabbage Garden, Hanging Garden, dan The Channel Spot. Dan untuk kalian yang ingin mencoba melakukan diving ada baiknya kalian harus memiliki license, dan untuk kalian yang ingin melakukan snorkeling ada baiknya pula kalian untuk membaca tis snorkeling bagi pemula sebelum mencoba snorkeling.

Danau Labuan Cermin

Indonesia memang tak akan ada habisnya dengan kekayaan pesona keindahan alamnya. Bukan hanya Budaya dan Adatnya. Salah satunya yaitu wisata yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, yang terlintasi garis khatulistiwapun memiliki daya tarik yang luar biasa. Kalimantan Timur yang memiliki kekayaan alamnya cukup besar menjadi salah satu pulau yang wajib kalian nikmati keindahan alamnya. Tempat ajaib yang cukup unik ada disini, namanya Danau Labuan Cermin.

image credit @tegarsatyapratama

Danau Labuan Cermin merupakan wisata alam yang berada di Hutan Belantara Timur Kalimantan. Wisata Danau Labuan Cermin ini memang sering dibicarakan oleh parawisatawan yang hobby dengan wisata air. Bukan tanpa adanya alasan, karena kejernihan air di danau ini dapat memanjakan mata parawisatawan yang datang ke lokasi wisata tersebut dengan keindahan alamnya.

Danau ini berlokasi tepatnya di biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. dari bandara Samarinda, kalian memerlukan waktu sekitar 6-8 jam perjalanan, walau waktu tempuhnya cukup lama, tetapi tenang saja semua akan terbayar ketika kalian sampai dilokasi tersebut. Di sepanjang perjalanan nantinya kalian akan melihat banyak panorama keindahan alam yang indah dan menakjubkan. Dan uniknya, untuk perjalanan ke arah Danau Labuan Cermin, akan melewati Kutai Nasional Park, yaitu hutan lindung yang ada di Kalimantan Timur.

You may also like

Leave a Comment