Taman Wisata Favorit Keluarga di Saloka Theme Park

by novput

Saloka Theme Park merupakan destinasi wisata baru untuk keluarga khususnya warga Kawasan Joglo Semar (Jogja, Solo, Semarang) dan Jawa Tengah. Lokasinya sangat strategis di jalur utama Semarang – Solo. Saloka Theme Park ini di klaim sebagai tempat wisata yang terbesar di Jawa Tengah dengan adanya 25 wahana yang seru.

Taman wisata rekreasi keluarga ini telah resmi di buka untuk umum sejak 15 Desember 2018 dan memiliki luas area seluas 18 hektar. Dan awal mula nama Saloka Theme Park sebenarnya berasal dari legenda lokal Baru Klinthing atau seekor naga hijau yang bisa berbicara. Baru Klinthing merupakan anak Nyai Salokantara, yang mengawali terjadinya Rawa Pening. Karakter Baru Klinthing ini bersifat pemberani, jujur, cerdas, dan juga bersahabat ini pun menjadi maskot Objek wisata ini.

Hasil gambar untuk taman wisata favorit keluarga di saloka theme park

Saloka Theme Park ini menjadi satu-satunya destinasi wisata terbesar yang ada di Jawa Tengah dengan menyajikan wahana-wahana yang lengkap dan seru. Di Objek wisata ini terdapat 25 wahana yang terbagi dalam empat zona. Zona tersebut meliputi

  • Zona Pesisir

(Tempat Pembelian Tiket, Lumbung Ilmu Galileo, Pasar Seni Saloka, dan lainnya).

  • Zona Balalantar
  • Zona Arar
  • Zona Segara Prada

Taman wisata keluarga ini tidak hanya menyajikan wahana permainan saja tetapi juga suasana yang menyenangkan dan gembira. Sesuai dengan lagu temanya yaitu ‘Ceria Tiada Habisnya’, dan beberapa wahana permainan andalannya antara lain :

  • Roller Coaster

Taman wisata keluarga ini mengambil konsep kearifan lokal, pemberian nama wahana juga menyesuaikan dengan rasa masyarakat setempat. Seperti wahana Roller Coaster ini yang bernama lika-liku, dengan berbagai keseruannya, wahana Roller Coaster ini menjadi wahana favorit parawisatawan Saloka Theme Park.

  • Cakrawala Ferris Wheel

Wahana ini menjadi salah satu ikon Saloka Theme Park yang bernama Cakrawala, ketika pengunjung naik wahana bianglala ini, pengunjung akan beputar dan menikmati pemandangan indahnya Rawa Pening serta pegunungan sampai ketinggian 33 meter.

  • Galileo

Galileo merupakan menjadi unggulan wisata edukasi yang terdapat di Saloka Theme Park, di wahana ini, parawisatawan dapat menggali ilmu pengetahuan. Terdapat juga beberapa spot foto yang berlatar belakang sorotan warna warni lampu yang dapat mempercantik Gerakan tarian air mancurnya.

  • Pakubumi

Wahana Pakubumi ini merupakan salah satu wahana yang menguji adrenalin pengunjung. Di wahana ini pengunjung akan naik sampai puncak ketinggian pasak besar, lalu turun dengan kecepatan yang mendebarkan dan membuat wisatawan berteriak, sementara itu posisi duduk yang membelakangi pasa membuat wisatawan merasa seperti benar-benar jatuh dari ketinggian.

  • Jejogetan

Jejogetan merupakan dancing fountain atau air mancur menari. Wahana ini memberikan pertunjukkan sekaligus rekreasi setelah mencoba berbagai macam wahana permainan. Pada saat di malam hari, Jejogetan penuh dengan sorotan warna-warni lampu yang mempercantik gerak tarian air mancurnya.

  • Ekowisata Angon-Angon

Angon-Angon dalam Bahasa Jawa berarti hewan peliharaan. Sesuai dengan penamaannya, di wahana Ekowisata Angon-Angon ini wisatawan dapat berinteraksi dengan hewan peliharaan. Sedangkan wahana yang bertemakan lingkungan lain parawisatawan bisa ke area-area Agrowisata Ijo Royo-Royo. Wahana ini merupakan taman hortikultura, yang dimana wisatawan dapat menikmati suasana budi daya tanaman.

  • Wahana Permainan Lain

Selain wahana-wahana diatas, masih banyak wahana permainan yang lainnya di Saloka Theme Park. Contohnya Bengkak-Bengkok, Carousel, Adu Nyali, Bumper Car, Family Swinger, Fight Shark, Rapid River, Rumah Hantu, dan North Pole.

Kuliner dan Souvenir

Di sisi barat Kawasan taman bermain, terdapat pula Rimba Resto dengan arsitektur yang mencolok seperti rumah panggung dengan atap yang tinggi. Resto ini penuh dengan hiasan dan ornamen flora dan fauna. Dengan nuansa hutan yang sejuk dan teduh, tempat ini juga menjadi tempat mengembalikan tenaga dan keceriaan.

Pilihan lainnya juga sangat beragam dengan sajian makanan yang ringan hingga rumah makan. Seperti Daimaru Food Court, Food Truck, Jenju Café, hingga Food Stalls. Parawisatawan juga dapat menikmati sajian es krim, makanan ringan, burger, kentang goreng, waffle, dan juga ayam geprek. Dan untuk harganya di mulai dari harga Rp 5.000,- hingga Rp 25.000,-.

Selain itu juga jika parawisatawan ingin berbelanja, kalian bisa ke Pasar Seni Saloka. Di pasar seni ini, parawisatawan bisa membeli souvenir dan buah tangan hasil karya khas daerah lokal.

Fasilitas Saloka Theme Park

Selain dengan kelengkapan wahana, Saloka Theme Park juga sudah terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas yang ada di Objek wisata ini yaitu Ruang Laktasi, Toilet, Klinik, dan area parkir cukup luas yang dapat menampung sekitar 600 kendaraan.

Lokasi Saloka Theme Park

Destinasi tempat wisata ini berlokasi di Jalan Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah.

Jam Buka Saloka Theme Park

Destinasi wisata untuk keluarga ini di buka setiap harinya. Mulai dari pagi hari hingga malam hari pada akhir pekan, sedangkan pada hari biasa dibuka hanya sampai sore hari.

Jam Buka :

  • Weekday : 10:00 – 18:00 WIB
  • Weekend & Hari Libur : 10:00 – 19:00 WIB

Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park

Berikut harga tiket masuk taman wisata Saloka Theme Park :

  • Tiket Terusan Weekday : Rp 120.000,-
  • Tiket Terusan Weekend&Libur Nasional : Rp 150.000,-
  • Tiket Non Terusan Weekday : Rp 30.000,-
  • Tiket Non Terusan Weekend&Libur Nasional : Rp 50.000,-

Tiket Parkir :

  • Parkir Motor : Rp 5.000,-
  • Parkir Mobil : Rp 15.000,-
  • Parkir VIP : Rp 25.000,-

You may also like

Leave a Comment