Tempat Wisata Di Papua Barat Yang Pemandangan Alamnya Eksotis

by novput

Papua merupakan provinsi terletak di bagian paling timur Papua milik indonesia. Provinsi yang sebelumnya bernama irian jaya, tetapi sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua Provinsi, dengan bagian timur yang tetap memakai nama Papua dan bagian lainnya memakai nama Papua Barat. Selain itu, Papua Barat juga memiliki keindahan alam yang menjadi surga tersendiri bagi penggemar wisata alam, tak hanya itu Papua Barat juga menyimpan budaya lokal yang menjadi sebuah pengalaman menarik. Jika kalian yang sedang berkunjung ke Papua Barat dan bingung harus ke mana selama di sana, disini akan membahas beberapa destinasi tempat wisata yang harus kalian kunjungi.

  • Raja Ampat
  • Pulau Biak
  • Danau Sentani
  • Taman Nasional Teluk Cenderawasih
  • Puncak Jayawijaya

Raja Ampat

Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat, yang juga memiliki 4 pulau utama yang paling besar, yaitu Pulau Batanta, Pulau Misool, Pulau Waigeo, Pulau Salawati. Dan salah satu dari 10 perairan terbaik di dunia karena berdasarkan penelitian tentang kekayaan dan kelestarian alam laut yang juga memiliki banyak hal menarik di permukaan lautnya, tak hanya itu tetapi juga memiliki berbagai kesenian dan kebudayaan yang sangat menarik dan unik, maka dari itu maka dijadikan salah satu destinasi tempat wisata jika kalian berkunjung ke Papua. Dan berikut sebagai informasi harga tiket ke Raja Ampat.

Untuk parawisatawan yang ingin berkunjung bisa menggunakan speedboat dari Sorong. Dan ada dua pilihan tarif yaitu Rp 215.000,- untuk kelas eksekutif dan Rp 100.000,- untuk kelas ekonomi. Dan untuk parawisatawan lokal maupun asing yang pertama kali datang, harus membayar tiket masuk sebesar Rp 500.000,- dan Rp 1.000.000,- untuk wisatawan asing. Disana juga menyewakan mobil atau bus, dengan biaya Rp 700.000,- hingga Rp 800.000,-/per hari.

Pulau Biak

Papua memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa dan itu tak perlu diragukan lagi. Papua lebih dikenal dengan Raja Ampat yang memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Namun, Pulau Biak merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih dan memiliki beberapa objek dan pesona wisata yang sangat menakjubkan yang wajib kalian kunjungi. Salah satu tempat wisata yang wajin kalian kunjungi di Biak adalah pantai Bosnik dan menikmati senja di Talut Sorido.

Danau Sentani

Papua dikenal memiliki keindahan alamnya yang luar biasa, ada banyak sekali wisata alam memiliki panorama yang begitu mempesona di Papua, salah satunya adalah Danau Sentani. Danau Sentani merupakan yang terluas di Papua, keindahan alam di Danau Sentani memang tidak perlu di ragukan lagi dan tak kalah indahnya dengan keindahan di Raja Ampat. Untuk harga tiket Danau Sentani hanya sekitar Rp 10.000,- sedangkan untuk sewa mobil, kalian perlu merogoh sekitar Rp 650.000,-. Waktu yang tepat untuk mengunjungu Danau Sentani, adalah bulan Juni, pasalnya Festival Danau Sentani yang memang digelarnya setiap bulan Juni. Festival Danau Sentani biasanya diisi dengan adat di atas perahu, upacara adat, sajian kuliner dan tarian-tarian.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang terletak di Teluk Cenderawasih provinsi Papua Barat dan merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia yang terdiri dari daratan, terumbu karang, perairan lautan, dan dataran berbagai pulau. Teluk Cenderawasih menjadi salah satu destinasi yang dapat dikunjungi parawisatawan, dengan beragam budayanya yang khas penduduk setempat dan julukan surga dunia yang amat cocok disandangkan kepada papua. Kawasan taman nasional ini berada diantara dua provinsi, dan terkenal dengan panorama bawah laut yang indah dan di penuhi dengan berbagai macam species terumbu karang dan species ikan yang menjadikan Teluk Cenderawasih menjadi lokasi menyelam terbaik di Indonesia.

Leave a Comment