Tempat Wisata Hits di Kalimantan Barat

by novput

Kalimantan Barat adalah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia, yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibukota Provinsi Kota Pontianak. Memiliki luas 146.807 Km², yang menjadikannya sebagai Provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Selain itu, daerah Kalimantan Barat memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dan termasuk salah satu daerah yang dijuluki sebagai Provinsi “Seribu Sungai”. Julukan tersebut sama dengan kondisi geografisnya yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil. Selain banyaknya sungai, Kalimantan Barat ini juga terdapat banyak ‘surga’ yang tersembunyi yang layak untuk dijadikan tempat wisata favorit.

Ada beberapa daerah di Pulau ini yang menyuguhkan berbagai destinasi wisata dengan kemodernan, menarik, dan sangat eksotis untuk kalian kunjungi. Berikut tempat wisata yang ada di Kalimantan Barat.

Pantai Temajuk

Kalimantan Barat adalah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia. Masih banyak yang mengira bahwa terdapat surga tersembunyi yang ada di Kalimantan Barat. Dengan panorama akan keindahan alam yang masih hijau alami dan udara yang bersih berhasil menjadi daya tarik yang menggoda bagi parawisatawan untuk berlibur ke Kalimantan Barat. Dan memang tak bisa dipungkiri bahwa Kalimantan Barat layak untuk dijadikan salah satu destinasi wisata.

Salah satunya destinasi wisatanya yaitu Pantai Temajuk yang mungkin sudah banyak dikenal di telinga para traveller yang menyukai wisata air dan wisata alam. Dengan air lautnya yang masih jernih membuat berbagai binatang laut betah untuk menetap di pantai ini. Pantai ini diberi nama Pantai Temajuk karena letak pantai ini berada di Desa Temajuk, karena perpaduan pasir pantai yang putih kecoklatan dengan air laut yang jernih dan udara yang sejuk akan membuat kalian betah untuk berlama-lama di Pantai Temajuk ini.

Pesona keindahan alam bawah laut di Pantai Temajuk ini juga memang tidak main-main, karena kondisi air laut yang masih jernih akan membuat kalian bisa melihat secara langsung pemandangan biota laut. Maka jangan heran jika kalian berkunjung ke Pantai ini akan menemukan biota laut seperti kepiting, udang, cumi, dan ikan-ikan yang berwarna-warni. Objek wisata ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga.

Pantai Temajuk akan terlihat menakjubkan dan eksotis pada saat senja mulai menyapa, karena menjelang senja pemandangan sunset dari Pantai ini akan membuat kita menikmatinya hingga perlahan surya benar-benar terbenam.

Pantai Temajuk Sambas, Keindahan Alam Menakjubkan di Kalimantan - Borneo ID

Pantai ini terletak di Desa Temajuk, yang dimana desa ini dahulunya merupakan salah satu jalur masuk paham komunis di Kabupaten sambas. Temajuk sendiri merupakan singkatan dari tempat masuk jalur komunis. Sejak tahun 2002 Temajuk telah menjadi desa secara definitive. Desa ini juga merupakan hasil pemekaran dari Desa Sebubus, dan akhirnya Temajuk seolah menjadi magnet karena potensi keindahan dan kekayaan alamnya. Itulah asal-usul Pantai Temajuk ini menjadi salah satu destinasi wisata yang disebut sebagai surga tersembunyi di Kalimantan Barat.

Pantai ini juga tepatnya berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, dan berada tepat di ekor pulau Kalimantan. Lokasinya Pantai Temajuk ini juga berbatasan langsung dengan Malaysia. Yang hanya membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit dengan jalur darat maka akan sampai di perbatasan Malaysia.

Di Pantai Temajuk ini sudah terdapat fasilitas berupa homestay. Walaupun Pantai Temajuk belum ramai di ketahui banyak orang-orang luar, namun modernisasi sudah masuk ke dalam Objek wisata ini, yang dimana terdapat 83 penginapan berupa homestay yang siap menampung wisatawan yang berkunjung.

Homestay ini sejak tahun 2009 dulunya diprakarsai oleh atong. Bentuk homestay di Pantai ini rata-rata terbuat dari kayu yang di plitur manis dengan warna cenderung coklat yang terkesan menyatu dengan alam sekitar. Di sekitar pantai ini juga sudah banyak tempat makan sederhana dengan harga yang terjangkau.

Lubuk Semah

Kapuas Hulu memiliki destinasi wisata yang dikenal hingga mancanegara. Salah satunya yaitu Taman Betung Kerihun dan Danau Sentarum dengan kekayaan alamnya yang ada di dalamnya. Tetapi untuk mengunjungi beberapa wisata yang menawarkan akan panorama keindahan alam yang menakjubkan kalian memerlukan jarak tempuh yang cukup jauh. Dan tak banyak juga yang mengetahui desa-desa di lintas selatan yang menyuguhkan wisata alam yang juga bisa dijadikan destinasi wisata tujuan keluarga.

446 Tempat Wisata di Kalimantan Barat Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi -  Tempat.me

Salah satu desa yang menawarkan Objek wisata alam yaitu Desa Tekalong, dan salah satu Objek wisatanya yaitu Lubuk Semah, Desa Tekalong dan memiliki 15 Objek wisata.

Snorkeling di pantai lepas dengan melihat terumbu karang dan biota laut mungkin sudah umum seperti biasanya. Namun, ketika kalian bersnorkeling di sungai yang berada di tengah-tengah hutan sepertinya akan sangat istimewa. Lubuh Semah begitu banyak orang menamainya, yang dimana memiliki air yang sangat jernih hingga dasar sungainya sangat terlihat dengan jelas dipermukaan.

Salah satu destinasi wisata alam yang ada di Kalimantan Barat ini memang benar-benar akan memanjakan wisatawan yang ingin berenang atau bersnorkeling di sungai dan pemandian alami ini.

Bukit Penjamur Bengkayang

Ketika kalian sedang berlibur ke wilayah Kalimantan Barat, kalian harus menyempatkan untuk berkunjung ke salah satu wisata yang populer disana, yaitu Bukit Penjamur Bengkayang. Banyak sekali hal menarik yang bisa kalian temukan disana, dengan pemandangan awan yang tampak di bawah.

Bukit Penjamur ini merupakan bukit yang terdiri dari hamparan bebatuan yang besar. Bukit yang dikenal dengan bukit batu ini memiliki ketinggian 500 mdpl. Jika berkunjung ke tempat wisata ini, akan memberikan pengalaman baru untuk kalian. Di tempat wisata ini juga pengunjung akan disuguhi dengan keindahan awan yang tampak di bawah bukit. Dan berada di bukit ini akan membuat kalian serasa berada di negeri di atas awan.

Menikmati Lautan Awan di Bukit Penjamur Bengkayang - Borneo ID

Bukit Penjamur ini mempunyai julukan Mahamerunya Kalimantan Barat. Karena memiliki keindahan alam menyerupai pemandangan seperti di Gunung Mahamerunya Jawa Timur. Banyak wisatawan yang mengabadikan moment yang indah disini, suasana di tempat ini juga cukup sejuk dengan keasriannya yang masih terjaga.

Dari puncak bukit, wisatawan yang berkunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa pemukiman penduduk lokal, sawah serta ladang seberang lembah. Selain itu juga, kalian dapat melihat pemandangan Kota Bengkayang dari atas bukit. Dan wisatawan yang berkunjung ke Objek wisata ini dapat menikmati keindahan alam pada saat malam hari, yang berupa hamparan bintang dari atas langit serta kelap-kelip lampu Kota Bengkayang.

Air Terjun Sarai Sawi

Air Terjun Sarai Sawi merupakan salah satu wisata yang masih asri dan alami dan masih belum banyak diketahui banyak orang, tetapi keindahan alam Indonesia tak perlu untuk di ragukan lagi. Kalian dapat menikmati derasnya air terjun dan keindahan air yang turun dari ketinggian. Tingkatan di air terjun ini cukup tinggi, tetapi medannya sangat terjal sehingga kurang aman.

446 Tempat Wisata di Kalimantan Barat Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi -  Tempat.me

Di Objek wisata ini tak hanya memiliki sungai yang berpotensi saja yang menjadi spot arung jeram yang cukup menantang yaitu Gunung Duayak. Akan tetapi memiliki air terjun yang sangat indah. Air Terjun ini memiliki beberapa tingkatan yang jika di total sangat tinggi untuk air terjun tingkat pertamanya. Tetapi sulitnya medan tebing yang terjal sangat tidak memungkinkan. Jadi hanya tingkatan paling bawah saja, itupun kalian akan tetap di suguhi dengan keindahan air terjun yang memiliki air yang sangat deras. Memang masih banyak parawisatawan yang belum mengetahui salah satu destinasi wisata di Kalimantan Barat satu ini. Dan untuk kalian yang ingin mengunjungi wisata air terjun ini, kalian bisa menggunakan guide setempat untuk memandu kalian agar tidak tersesat.

You may also like

Leave a Comment