Tempat Wisata Paling Menarik Di Aceh

by novput

Banda Aceh merupakan ibu Kota Provinsi Aceh di Indonesia. kota Aceh menjadi pusat kegiatan social, budaya, ekonomi dan politik. Kota Aceh juga merupakan kota Islam yang tertua di Asia Tenggara. Kota Aceh ini memiliki keindahan alam yang cantik dan menarik, mulai wisata pantai dan alamnya. Setelah mengalami bencana alam tsunami pada tahun 2004 lalu mengalami kerusakan termasuk tempat wisatanya. Namun, saat ini Aceh Kembali menata sector pariwisatanya dengan baik. Untuk kalian yang ingin berlibur ke kota Aceh, berikut akan membahas beberapa destinasi wisata di kota Aceh :

  • Air Terjun Blang Kolam
  • Pantai Lhoknga
  • Museum Tsunami
  • Pantai Lampuuk

Air Terjun Blang Kolam

Kota Aceh adalah provinsi ujung barat Indonesia yang kaya potensi alamnya, mulai dari wisata pulau, wisata kuliner, wisata danau, dan wisata pantainya. Salah satu yang menjadi destinasi wisata di Aceh adalah Air Terjun Blang Klom yang biasa juga disebut surga yang tersembunyi, Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 75 meter, yang tampak asri dan indah karena dikelilingi dengan rimbunnya pepohonan dan suasana hutan yang cukup lebat. Tetapi untuk kalian yang berkunjung ke Air Terjun ini, kalian akan disuguhi dengan suasana pedesaan yang sejuk dan juga pemandangan yang cantik dan menarik. Untuk menuju ke Air Terjun ini, kalian harus menuruni 99 anak tangga dan setelahnya barulah para wisatawan akan di sambut dengan bunyi deburan air yang mungkin akan menyembuhkan semua penat yang ada. Di Air Terjun ini parawisatawan akan disediakan fasilitas yang cukup, dan disekitar Air terjun ini kalian akan menemukan penjual makanan dan minuman yang berjualan di Kawasan sekitar, jadi kalian tak perlu khawatir saat terasa lapar. Tempat wisata ini juga cukup terjaga, karena disekitar air terjunpun sudah banyak penjaga, dan juga mempunyai lahan parkir yang dijaga dengan baik.

Untuk memasuki wisata ini, kalian cukup membayar hanya Rp 5.000,-/org untuk kendaraan Rp 5.000,- untuk motor dan Rp 10.000,- untuk mobil.

Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga merupakan salah satu destinasi wisata ketika kalian sedang berlibur di Aceh dan dikenal karena memiliki salah satu prot surfing yang terbaik di kota Aceh, tak hanya di Indonesia tetapi pantai ini juga mendapat pengakuan dunia internasional akan gelombang ombaknya. Dan cocok untuk semua penggemar surfing. Pesona yang ditawarkan di Pantai Lhoknga adalah gelombang yang mempunyai karakteristik yang berbeda, selain menjadi tempat favorit untuk berselancar, Pantai Lhoknga ini memiliki panorama pantai yang indah dan cocok untuk parawisatawan pada sore hari menunggu fenomena sunset yang indah dan memukau. Tak lupa juga ketika kalian berkunjung ke pantai ini dan menikmati keindahan sunsetnya, tak lupa juga jagung bakar yang akan menjadi santapan yang wajib untuk kalian coba ketika selepas Lelah bermain surfing di pantai ini.

Untuk kalian yang berkunjung ke Pantai Lhoknga ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000,-/org dan untuk jam buka pantai nya pukul 07:00 hingga jam 17:00.

Museum Tsunami

Museum Tsunami adalah sebuah museum di Aceh yang dibuat sebagai monument simbolis untuk bencana tsunami dan gempa bumi Samudra Hindia pada tahun 2004 silam dan sekaligus menjadi pusat bencana dan tempat perlindungan darurat jikalau bencana tsunami tersebut terjadi lagi. Museum Tsunami ini mempunyai beberapa bagian yang menarik untuk dieksplorasi, dengan dilengkapinya 7 maket, 22 alat peraga dan 26 foto mengenang bencana alam tersebut. Di Museum ini juga mengadakan mengenang 15 tahun tsunami Aceh, di pameran ini menghadirkan sisi refleksi pengungsian di Aceh yang di balut dalam Teknik rekonstruksi. Dan disana kalian juga bisa tahu apa yang dirasakan warga Aceh yang bertahan hidup pada saat terkena bencana Tsunami beberapa tahun silam.

Untuk kalian yang penasaran dengan uniknya Museum ini, kalian hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000,- untuk anak-anak dan Rp 3.000,- untuk dewasa, dan jam buka operasionalnya mulai pukul 09:00 hingga pukul 16:00 wib.

Pantai Lampuuk

Di Indonesia dikenal dengan kekayaan destinasi pantai-pantai yang indah dan menakjubkan, tak hanya ada di Pulau Bali saja tetapi ada juga pantai yang cukup menarik perhatian parawisatawan yang menyukai destinasi pantai, yaitu Pantai Lampuuk yang ada di kota Aceh. Pantai Lampuuk ini juga merupakan salah satu destinasi yang menjadi pantai primadona di Aceh. Pantai Lampuuk ini juga dikenal dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih serta berwarna biru kehijauan. Untuk wisatawan yang berkunjung ke Pantai ini, kalian bisa menyaksikan sederet pegunungan yang hijau dan pepohonan pinus yang rimbuh. Tak hanya tentang keindahan alam yang cantik dan air yang jernih, para pengunjung juga bisa mengunjungi satwa penyu yang berlokasi tak jauh dari pantai. Dan konservasi penyu ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung lokasi wisata di sini.

You may also like

Leave a Comment