Traveling ke Surga Tersembunyi di Indonesia

by novput

Kebudayaan Indonesia sangat beragam, di Indonesia ada banyak kekayaan alam yang berlimpah dengan keindahan alamnya yang luar biasa, yakni mulai dari kekayaan alam gugusan pegunungan, keindahan alam bawah lautnya. Di Indonesia juga masih banyak destinasi wisata yang masih belum terjamah bak surga tersembunyi. Berikut beberapa rekomendasi wisata di Indonesia yang tersembunyi dan masih jarang dikunjungi wisatawan, dan mungkin masih banyak yang belum tau keberadaannya.

  • Pantai Pulau Merah
  • Danau Kaco
  • Teluk Kiluan
  • Air Terjun Madakaripura
  • Pulau Labengki

Pantai Pulau Merah

image credit @anglurselurr_

Pantai Pulau Merah atau biasa disebut Pulo Merah merupakan salah satu Objek wisata di Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini dikenal karena terdapat bukit kecil yang memiliki tinggi 200 meter dengan tanah berwarna merah yang ada di dekat bibir pantai.

Bukit kecil ini dapat dikunjungi ketika air lautnya sedang surut dan jika air laut dipantai ini sedang pasang, maka bukit ini akan menjadi sebuah pulau yang terpisah oleh air laut di pantai ini.

Di Pantai Pulau Merah ini terdapat juga sebuah pura yang digunakan penduduk sana yang beragama Hindu untuk melakukan upacara keagamaan yaitu mekiyis, Pantai Pulau Merah ini merupakan hamparan pasir putih yang memanjang 3 km.

Di Pantai ini juga memiliki beberapa aktivitas Objek wisata yang dapat kalian lakukan jika sedang berkunjung ke pantai ini, seperti snorkeling, menikmati keindahan pantai dengan menyewa kursi Pantai seharga Rp 25.000,-/1jam, mengunjungi sebuah pura yang sudah dibangun sejak 1980-an, wisata kuliner, dan berselancar.

Untuk harga tiket masuk ke Pantai ini cukup murah, kalian hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp 8.000,-/org dan Rp 2.000,-/parkir motor Rp 5.000,-/parkir mobil.

Danau Kaco

image credit @yudakharsana

Danau Kaco yang berada di Kabupaten Kerindi, Jambi, merupakan Objek wisata tersembunyi yang bisa dijadikan tempat refreshing pada saat liburan, air yang ada di danay ini memiliki air yang sangat jernih dan berwarna kebiruan seperti kaca. Salah satu objek wisata yang belum banyak diketahui ini menawarkan panorama keindahan alam yang sangat menyejukkan dan udara yang segar.

Pesona di danau ini akan lebih terlihat pada saat malam hari dan saat bulan purnama, karena dengan cahaya bulan yang terang membuat air di Danau Kaco ini terlihat lebih bercahaya, pemandangannya juga tampak seperti cahaya besar yang diarahkan ke langit, karena itulah yang membuat beberapa pengunjung sering berkemah di Danau Kaco ini, terutama pada saat Bulan Purnama.

Teluk Kiluan

image credit @telukkiluanlampung

Teluk Kiluan yang terletak di ujung Provinsi Lampung merupakan salah satu destinasi wisata bagaikan surga yang tersembunyi, Teluk Kiluan akan menyuguhkan topografi berbukit dan lembah untuk kalian jelajahi. Selain itu, teluk ini juga dihuni ratusan ekor lumba-lumba yang berjenis lumba-lumba snipper dan lumba-lumba hidung botol dan dapat di jumpai di tengah laut yang akan menyapa ramah setiap orang yang melihatnya dengan lompat-lompatan yang indah.

Ada pula satu legenda yang sampai sekarang dipercaya oleh penduduk setempat, yaitu legenda yang berawal pada saat era mulai Islam masuk Indonesia dan runtuhnya Kerajaan Majapahit.

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke Teluk Kiluan ini, kalian wajib membeli tiket untuk memasuki area teluk sebesar Rp 5.000,-/org, dan untuk jam buka teluk ini dibuka selama 24jam.

Fasilitas yang ada di Teluk Kiluan ini terdapat penginapan yang sederhana seperti cottage dari kayu, dan ada pula penduduk sekitar menyewakan kamar dirumah mereka untuk para pengunjung dengan konsep homestay.

Air Terjun Madakaripura

image credit airterjunmadakaripura

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu air terjun yang ada di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air Terjun Madakaripura juga merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 200 meter, Kawasan air terjun yang berada di kaki Gunung Bromo ini mendapat julukan sebagai air terjun abadi dan diyakini pula sebagai tempat pertapaan Gajah Mada, dan destinasi wisata ala mini dibuka sejak tahun 1991.

Keunikan di Air Terjun ini adalah bentuk tebing yang disekelilingnya menyerupai ceruk, yang dimana membuat wisatawan seperti berada didalam botol, hal itu juga membuat guyuran air menyerupai rintik hujan, di Kawasan air terjun ini juga wisatawan yang kuat berenang dipersilahkan berenang, karena kedalamannya mencapai 6-7 meter.

Di Kawasan ini juga ada beberapa fasilitas seperti toko souvenir, kamar mandi, dan toilet. Dan di sepanjang perjalanan turun terdapat pula kotak sarang lebah buatan warga.

Pulau Labengki

Pulau Labengki yang berlokasi di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata yang eksotis dan memukau, dengan keindahan alam yang cantik, pulau ini juga sering sekali disebut surga yang tersembunyi di Sulawesi, di Pulau Labengki ini juga terdapat kekayaan alam bawah laut yang indah dan menakjubkan. Maka tak heran jika tempat ini dijadikan salah satu destinasi wisata favorit di Sulawesi Tenggara.

Di Indonesia juga memiliki beberapa pulau yang menawarkan keindahan bawah laut yang fantastis, tetapi keindahan di pulau ini sangat unik dan berbeda, pulau ini memiliki panorama yang mirip dengan Wayag Raja Ampat.

Banyak sekali wisatawan mengatakan bahwa Pulau Labengki ini sebuah miniature dari Raja Ampat, dan sangat sulit dipilih menjadi mana yang terbaik untuk destinasi liburan, tetapi tetap saja keduanya memiliki masing-masing pesona dan ciri khas tersendiri.

You may also like

Leave a Comment