Wisata Akhir Pekan di Penangkarang Rusa Cariu Bogor

by novput

Bogor merupakan sebuah kota dengan beribu keindahan. Kota hujan dan berhawa sejuk ini telah berkembang menjadi Kawasan wisata dengan berbagai keindahan pesona alamnya. Bukan hanya Kawasan puncaknya saja yang layak untuk dikunjungi, tetapi masih ada pula beberapa tempat wisata yang terdapat di Bogor lainnya yang tak kalah menariknya. Salah satunya ada tempat wisata yang juga bisa dijadikan wisata alternatif di Bogor, yaitu Penangkaran Rusa Cariu Bogor.

Penangkaran Rusa Cariu Bogor juga bisa dikatakan taman rekreasi yang cukup unik di Bogor. Di taman ini pengunjung tak hanya melihat puluhan rusa tetapi juga bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa yang ada di Objek wisata ini. Di tengah suasana alam yang masih asri ini, sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata bersama keluarga.

Taman wisata ini juga dikenal sebagai Taman Rusa Giri Jaya dan Taman Rusa Tanjungsari, yang juga menawarkan pengalaman untuk bisa berinteraksi dengan rusa-rusa yang sudah jinak, sambil menikmati keasrian alam, parawisatawan juga bisa mendapatkan pengalaman memberi makan rusa secara langsung.

Harga Tiket Masuk Penangkarang Rusa Cariu

Para pengunjung bisa mendapatkan pengalaman bercengkerama dengan rusa di alam bebas dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau. Tiket ini belum termasuk dengan biaya outbound, berkemah, dan juga berenang.

Berikut Harga Tiket Masuk Penangkarang Rusa Cariu :

  • Tiket Masuk Kawasan : Rp 5.000,-
  • Tiket Masuk Penangkaran Rusa : Rp 10.000,-

Jam Operasional Penangkaran Rusa Cariu

Para wisatawan bisa mengunjungi wisata Penangkarang Rusa Cariu pada saat setiap harinya. Dan waktu yang paling tepat untuk bertemu dengan rusa-rusa tersebut pada pukul 10:00 WIB dan antara pukul 14:00 hingga 16:00 WIB.

Jam Buka Penangkarang Rusa Cariu :

  • Setiap Hari : 07:00 – 17:00 WIB

Fasilitas Penangkaran Rusa Cariu

Objek wisata ini juga sudah terdapat fasilitas umum yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut seperti Area Parkir, Musholla, dan Aneka Warung. Ada juga fasilitas hiburan yang tersedia seperti Area bermain anak-anak, Kolam renang, Spot foto, dan juga Bumi perkemahan.

Aktivitas Seru Di Penangkarang Rusa Cariu

Objek wisata Penangkaran Rusa Cariu merupakan lokasi pembiakan rusa yang berada di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor. Penangkaran Rusa Cariu ini sudah ada sejak tahun 1993 sebagai Kawasan konservasi dan penelitian dibawah pengelolaan Perum Perhutani. Namun baru dibuka sebagai Objek wisata sejak tahun 2003.

Penangkaran Rusa ini berdiri dilahan seluas 8.4 hektar, dan mampu menampung berbagai jenis rusa. Disamping itu sebagai lahan konservasi. Taman rekreasi ini juga telah berkembang menjadi Kawasan Objek wisata yang menawarkan beragam aktivitas rekreasi di alam yang terbuka dan cocok untuk keluarga.

  • Aneka Jenis Rusa

Penangkaran Rusa yang memiliki luas lahan seluas 8.4 hektar ini juga merupakan rumah bagi aneka rusa yang ada. Beberapa jenis diantaranya yaitu Rusa Totol, Rusa Timor, dan Rusa Bawean.

Di Kawasan Penangkaran ini juga berupa lahan terbuka dan berumput yang dikelilingi hutan. Beberapa jumlah semak-semak juga ikut menghiasi sudut yang ada di area ini. Untuk faktor keamanan, area ini juga dikelilingi oleh pagar untuk mencegah agar rusa-rusa tidak keluar dari Kawasan tersebut.

Dan para pengunjung pun bisa memasuki Kawasan penangkaran tersebut dengan melalui sebuah jalan layang yang terbuat dari kayu. Jalan yang menyerupai jembatan ini juga dibangun sebagai jalan untuk memasuki habitat rusa, yang tingginya sekitar 3-4 meter dari tanah.

  • Rusa-Rusa Bersahabat

Wisatawan yang berkunjung bisa turun ke lahan berumput yang langsung berinteraksi dengan rusa. Herwan Rusa yang ada di Penangkaran ini dikenal ramah dan tidak agresif, sehingga kalian tidak perlu takut untuk memberi makan langsung.

Pengunjung juga diperbolehkan membawa sayur untuk makanan rusa. Rusa-rusa tersebut biasanya diberi makan kacang Panjang atau ubi. Karena hewan ini sifatnya tenang, dan rusa sangat aman untuk dijadikan teman untuk berfoto bersama.

Tak jarang pula penangkaran ini dijadikan lokasi untuk foto pre-wedding. Rusa-rusa tersebut juga tidak segan jika didekati. Berkunjung dan berinteraksi langsung dengan rusa bisa menjadi sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengenali dunia hewan.

Waktu yang tepat untuk bertemu langsung dengan rusa-rusa ini biasanya adalah pukul 10:00 dan antara pukul 02:00 hingga pukul 16:00. Karena pada waktu ini, biasanya rusa-rusa keluar dari persembunyiannya untuk mencari makan.

  • Camping dan Outbound

Selain dijadikan sebagai lokasi wisata Penangkaran Rusa, Penangkaran Rusa Cariu ini juga menawarkan beragam aktivitas yang menarik dan bisa kalian coba bersama keluarga. Di Objek wisata ini juga memiliki lahan untuk berkemah dengan fasilitas yang lengkap.

Untuk lokasinya bisa menampung hingga 200 orang. Lahan ini juga cocok untuk area Outbound dan bisa untuk acara gathering bersama kerabat.

  • Area Bermain Anak

Untuk para pengunjung dari kalangan anak-anak. Penangkaran Rusa Cariu ini juga memiliki area bermain. Untuk lokasinya berdampingan dengan bumi perkemahan. Anak-anak juga bisa berenang dengan wahan permainan yang beragam.

  • Berburu Foto

Jika kalian berkunjung wisata ke Penangkaran Rusa Cariu, ada baiknya untuk mengabadikan moment untuk berfoto. Kalian bisa berfoto bersama rusa-rusa yang lucu, dan kalian juga bisa mencoba berbagai spot foto yang tersedia. Ada pula terdapat area selfie dengan berbagai instalasi yang menarik.

Bangku yang berbentuk aneka, serta hammock serta payung berwarna-warni adapula diantaranya. Di samping itu juga, panorama keindahan alam disekitar taman juga tak kalah menarik untuk menyalurkan hobi fotografi.

Penangkaran Rusa Cariu ini juga berada di Kawasan hutan yang asri, lengkap juga dengan aliran Sungai Cibeet yang mempesona. Pemandangannya yang indah juga bisa kalian dapatkan dari atas jembatan ketika kalian menyeberangi sungai.

You may also like

Leave a Comment