Wisata Alam Kekinian di Banjarnegara

by novput

Banjarnegara merupakan sebuah Kabupaten yang letaknya berada di Jawa Tengah, Indonesia, di Kabupaten Banjarnegara ini memiliki sejuta pesona dan panorama keindahan alam yang indah menakjubkan dan masih ada beberapa tempat wisata yang tersembunyi, sehingga masih banyak yang belum mengetahui keindahan dan tempat wisata alam yang keren ada di Banjarnegara. Selain itu, di Banjarnegara memiliki spot foto yang instagramable dan kekinian.

Jika kalian mempunyai rencana untuk berlibur ke Banjarnegara, jangan khawatir di Kabupaten ini akan menawarkan beberapa destinasi tempat wisata yang wajib untuk kalian kunjungi. Karena selama ini di Kabupaten Banjarnegara jarang sekali terdengar tempat wisata yang keren dan menarik. Namun, ternyata di Banjarnegara ini juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan tak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata yang ada di Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan kota-kota besar lainnya.

Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata alam yang ada di Banjarnegara, dan wajib untuk kalian explore jika sedang berlibur ke Kabupaten ini.

Candi Arjuna

Candi Arjuna yang terletak di Kawasan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, merupakan salah satu Candi yang diperkirakan sebagai Candi tertua. Di tempat ini kalian tak hanya berwisata, namun kalian juga dapat belajar sejarah dan juga menikmati peninggalan pada zaman dahulu kala.

image credit @_puspitaasarii

Wisata di Candi Arjuna ini banyak sekali tempat dan spot-spot foto yang instagramable dan juga pemandangan bukit ataupun Candi itu sendiri.

Candi Arjuna sering sekali dikunjungi wisatawan pada saat akhir pekan maupun hari libur Panjang, teutama pada saat adanya Dieng Culture Festival yang juga dibarengi dengan pagelaran music Jazz dan pemotongan rambut gimbal.

image credit @asaliabayuuu

Untuk tiket masuk ke Kawasan Candi Arjuna ini, harga tiket masuknya relatif murah, kalian hanya merogoh kocek sebesar Rp 15.000,-/org (sudah termasuk ke Kawasan Sikidang) dan Rp 7.500,-/org (hanya untuk masuk ke Kawasan Candi Arjuna).

Jika kalian sedang berlibur ke Banjarnegara, Jawa Timur, wisata Candi Arjuna ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang ada disana.

Telaga Merdada

image credit @faisholrd

Telaga Merdada merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang ada di Banjarnegara, Jawa Tengah. Tempat wisata ini juga wajib kalian kunjungi ketika kalian sedang berlibur di Banjarnegara. Di Telaga ini juga memiliki panorama keindahan alam yang akan memberikan ketenangan bagi siapapun yang sedang berkunjung ke tempat ini. Air di Telaga Merdada ini juga sangat jernih dan di temani dengan panorama perbukitan hijau dan udara sejuk dipegunungan, dan dapat mengobati kepenatan akan pekerjaan.

image credit @ risknadila_

Kawasan wisata Telaga Merdada ini terletak di Dataran Tinggi Dieng, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Jalan terbaik untuk menuju lokasi wisata Telaga Merdada, kalian bisa melewati jalur utama Wonosobo-Dieng, dengan jarak sekitar ±28 km.

Obyek wisata ini memang sudah terkenal dengan wisata yang ekonomis, salah satunya yaitu Telaga Merdada Dieng.

Karena untuk membeli harga tiket masuk untuk menikmati panorama keindahan Telaga Merdada ini kalian cukup membayar biaya tiket retribusi sekitar Rp 5.000,-, dan untuk biaya tambahan lainnya seperti parkir kendaraan motor kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp.2.000,- dan untuk biaya parkir mobil sekitar Rp 5.000,-/kendaraan.

Obyek wisata Telaga Merdada ini dibuka setiap harinya mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Telaga Merdada ini mempunyai luas yang mencapai 25 hektar diatas ketinggian 2045 Mdpl, dan tempat wisata ini cocok untuk dijadikan tempat piknik ketika bersama keluarga maupun sahabat kalian.

Curug Pitu

image credit @curugpitu_official

Wisata Curug Pitu Banjarnegara Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang letaknya berada di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjaranegara, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Curug Pitu Banjarnegara Jawa Tengah ini juga merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.

Wisata Curug Pitu Banjarnegara Jawa Tengah ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk kalian kunjungi. Jika kalian sedang berada di kota Banjartengah sangat disayangkan jika kalian tidak mengunjungi Wisata Curug Pitu Banjarnegara Jawa Tengah ini, karena di Curug ini mempunyai panorama keindahan alam yang tidak ada duanya. Wisata ini juga sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan kalian, apalagi pada saat liburan panjang seperti hari libur nasional.

Wisata Curug Pitu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu, Curug ini mempunyai tujuh tingkatan air terjun dari atas ke bawah. Untuk mencapai keseluruhan tingkatan pengunjung harus berjalan kaki ke arah hulu ( ke atas) melewati jalan setapak sempit.

Untuk fasilitas yang ada di wisata Curug ini masih terbilang cukup minim, disana hanya ada fasilitas umum seperti toilet, kamar ganti, Mushola, warung makan.

Wisata Curug Pitu ini dibuka setiap harinya, dan buka selama 24 jam. Dan untuk kalian yang ingin masuk ke Kawasan wisata Curug Pitu ini, kalian akan dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup murah, hanya dengan Rp 5.000,- saja kalian bisa menikmati panorama keindahan alam dan kesejukkan dari suasana di Curug Pitu tersebut.

You may also like

Leave a Comment