Wisata Alam Pantai Santolo di Garut

by novput

Mungkin pantai ini masih terdengar sangat asing di telinga wisatawan. Namun, tidak untuk warga sekitar di kalangan Garut, Jawa Barat. Karena pantai ini termasuk salah satu pantai favorit bagi warga sekitar Garut dan sering dijadikan sebagai tujuan wisata, Objek wisata pantai ini adalah Pantai Santolo.

Pantai Santolo di Garut ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai primadona. Pantai yang memiliki bentang luas dengan hamparan pasir putih yang lembut dan bersih serta dikelilingi pula oleh beberapa deretan perbukitan.

Objek wisata Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet ini sering sekali disebut sebagai ‘surga tersembunyi’ dibagian selatan Garut. Pesona akan keindahan alam pantainya yang masih terasa alami karena kawasannya yang masih sangat rapi dan bersih. Pantai Santolo ini juga masih jarang ramai dikunjungi wisatawan dan itulah salah satu yang membuat suasana di Pantai Santolo terkesan masih sangat alami.

Pantai Santolo Garut ini selain dijadikannya sebagai salah satu tempat wisata yang ada di Garut. Namun, Pantai Santolo ini sebenarnya sudah lama menjadi tempat bersandar kapal nelayan dan perahu. Dengan banyaknya sumber daya alam laut yang terkandung dibawah lautnya, itulah yang menjadikan Pantai Santolo ini sebagai pusat kegiatan untuk para nelayan disetiap harinya.

Pantai Santolo memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan berlibur bersama keluarga. Selain dengan suasana pantainya yang cukup nyaman sebagai tempat untuk bersantai, di pantai ini juga sudah banyak tersedia wahana wisata air seperti perahu hingga banana boat.

Namun kalian juga tidak perlu khawatir, di pantai ini juga sudah tersedia restaurant yang menjual aneka macam hidangan seafood dengan citarasa khasnya yang dapat menggugah selera. Dan untuk kalian yang ingin menikmati syahdu-nya malam dengan iringan dari suara deburan ombak, disekitar Kawasan Pantai Santolo ini juga sudah tersedia banyaknya tempat penginapan atau hotel dengan biaya sewa yang cukup terjangkau.

Alamat & Rute ke Pantai Santolo Garut

Wisata pantai ini berlokasi di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk lokasinya dari pusat Kota Garut memang agak cukup jauh yaitu sekitar 90 Kilometer dan akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 sampai 3.5 jam. Jalan untuk menuju ke lokasi ini memang Sebagian besarnya agak sulit dilalui, terutama bagi pengguna kendaraan bermobil, diharapkan untuk berhati-hati karena jalan untuk menuju lokasi pantai ini sedikit berliku dan berlubang.

Sementara itu mengenai rute ke Pantai Santolo ini, kalian dapat menggunakan rute Ciwidey atau Ranca Bali. Khususnya bagi wisatawan yang datang dari arah Bandung, Rute Ranca Bali merupakan rute terbaik karena untuk kondisi jalannya cukup bagus.

Jam Buka Pantai Santolo Garut

Objek wisata Pantai Santolo ini dibuka setiap harinya selama 24 jam. Pengunjung pun dapat berkunjung pada saat malam hari.

Meskipun begitu, waktu terbaik untuk kalian berkunjung ke pantai ini adalah pada saat pagi hari hingga sore hari jika kalian ingin menunggu moment sunset di pantai ini.

Waktu Operasional Pantai Santolo Garut

Hari

Jam Operasional

Setiap Hari

24 Jam

Harga Tiket Masuk Pantai Santolo Garut

Untuk pengunjung yang ingin mengunjungi dan menikmati panorama keindahan alam dari pantai santolo ini, sebelumnya pengunjung akan diharuskan untuk membeli tiket masuk. Namun tak perlu khawatir, karena untuk harga tiket masuk ke pantai ini bisa dikatakan sangat murah. Dan tiket berlaku baik untuk dewasa ataupun anak-anak dan berlaku setiap harinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Santolo Garut

Jenis Tiket

Harga Tiket

Tiket Masuk

Rp 3.000,-/orang

Tiket Parkir Motor

Rp 2.000/motor

Tiket Parkir Mobil

Rp 5.000/mobil

Fasilitas di Pantai Santolo Garut

Objek wisata Pantai ini, selain menyediakan aneka wahana wisata, Pantai Santolo ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Fasilitas umum yang ada di Pantai ini yaitu seperti Area Parkir Kendaraan, Toilet, Kamar Bilas, Restaurant, Toko Souvenir, Saung, dan ada juga Penginapan.

Untuk penginapan yang ada di pantai ini juga sudah tersedia berbagai pilihan sesuai dengan fasilitasnya. Kalian bisa menyewa penginapan dengan budget minim mulai dari Rp 75.000,- hingga Rp 100.000,-/malamnya.

Penginapan ini selain telah menyediakan fasilitas yang cukup memadai termasuk kamar mandi, yang jaraknya lumayan cukup dekat dari bibir pantai.

Selain itu, jika kalian ingin bermalam dan menginap di penginapan yang sudah ada. Kalian dapat melihat dan menikmati keindahan dari Pantai Santolo dari dalam penginapan, karena penginapan tersebut dibuat langsung menghadap ke muka pantai.

Mitos dan Larangan di Pantai Santolo Garut

Mitos dengan keberadaannya sosok Nyi Roro Kidul yang dipercaya menjadi penunggu serta penguasa laut selatan yang membuat Pantai Santolo diselimuti mitos, larangan dan kesan yang angker.

Mitosnya di Pantai Santolo Garut ini, wisatawan lokal yang berasal dari luar Garut, dilarang untuk bermain ataupun berenang jika datang pada dua pekan sebelum puasa dan sesudah lebaran.

Mitos ini semakin diperkuat dengan seringnya kejadian adanya wisatawan dari luar Garut yang terseret ombak dan meninggal. Ada kejadian baru yang sangat memilukan, yaitu meninggalnya 8 orang wisatawan dari luar Garut yang pada saat berenang terseret ombak ganas di Pantai ini.

Oleh karena itu, wisatawan tetap dihimbau untuk berhati-hati pada saat berenang di Pantai Santolo Garut. Jika memang kondisi ombaknya sedang tinggi, maka sebaiknya untuk tidak berenang dan hindari aktifitas terlalu dekat dari bibir pantai.

Daya Tarik Pantai Santolo Garut

Walaupun adanya mitos ataupun larangan yang ada di Pantai ini, tidak menyurutkan minat wisatawan untuk berlibur ke pantai ini.

Karena selain berenang ataupun aktivitas diatas air, pantai ini juga masih ada banyak kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan.

Berikut ada beberapa aktivitas wisata di Pantai Santolo Garut, Jawa Barat :

Berperahu ke Pulau Sekitar Pantai Santolo Garut

Untuk masuk lebih jauh ke Kawasan Pantai Santolo ini, wisatawan dapat menyebrang menggunakan perahu nelayan. Pantai ini merupakan bagian dari perkampungan nelayan, sehingga mudah untuk menemukan perahu yang dapat disewakan disekitaran Objek wisata tersebut.

Untuk menaiki perahu nelayan setempat, wisatawan akan menikmati sensasi ombak pantai selatan yang menantang. Dari atas perahu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan birunya air laut sejauh mata memandang. Biota lautpun dapat diamati sambil menikmati akan panorama keindahan alam disekitar dan juga ditemani sejuknya pepohonan yang menghijau.

Dengan berperahu juga dapat mengajak wisatawan untuk berkeliling pantai dan menyebrang ke Pulau Santolo. Disana wisatawan dapat melihat jernihnya air laut yang dangkal dengan ombak yang cukup tenang. Dan ketika wisatawan Kembali menyusuri pantai ke arah penyebrangan, wisatawan akan menemukan gundukan karang yang besar.

Bermain Air dan Pasir di Pantai Santolo

Air laut yang bersih jernih serta pasir putih di Pantai Santolo ini dapat kalian nikmati dengan bermain air. Pengunjung pun dapat sekedar berbasah-basahan dan berkejaran dengan ombak.

Pantai Santolo ini tidak dapat digunakan untuk berenang dengan bebas. Maka dari itu pengunjung di himbau untuk berhati-hati dan tidak bermain air terlalu tengah laut. Adanya rambu-rambu peringatan yang di pasang dan ketika kunjungan wisatawan meningkat maka patroli juga lebih ditingkatkan.

Jembatan Gantung Pantai Santolo Garut

Di Objek wisata Pantai Santolo Garut ini memiliki Dermaga peninggalan masa kolonial Belanda disepanjang sekitar 100 meter. Di pantai ini juga terdapat sebuah jembatan gantung sebagai penghubung Pulau Santolo dengan Pulau Curugan. Kawasan jembatan ini selalu menjadi spot swafoto dan tempat aktivitas memancing bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai ini.

Tak hanya itu, di Kawasan panti ini juga terdapat stasiun peluncuran roket LAPAN (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional). Jika beruntung, wisatawan akan dapat menyaksikan peluncuran roket untuk keperluan antariksa dari dekat. Adanya muara Cilauteureun juga menjadi salah satu daya tarik Kawasan wisata ini.

Penyebutan Cilauteureun karena adanya air di muaranya mengalir bukan menuju laut melainkan Kembali ke daratan. Hal ini terjadi karena adanya cekungan karang yang membuat permukaan laut lebih tinggi. Konon, peristiwa tersebut hanya bisa ditemukan di Pantai Santolo dan di Perancis.

Sunrise & Sunset di Pantai Santolo Garut

Keindahan alam yang ada di Pantai Santolo Garut ini tak hanya menyajikan laut biru dan pasir putihnya saja. Di pantai ini juga wisatawan yang berkunjung dapat menikmati indahnya fajar menyingsing pada saat sunrise di pagi hari.

Selain dapat menikmati sunrise, di pantai ini kalian juga dapat memiliki keindahan momen sunset di senja hari. Santolo yang berasal dari kata Zon yang dibaca San dan Tulu, dalam Bahasa Belanda memiliki arti matahari tenggelam. Penyebutan ini karena dari tempat tersebut, wisatawan dapat menyaksikan keindahan matahari tenggelam dengan sangat jelas.

You may also like

Leave a Comment