Wisata Di Kepulauan Selayar

by novput

Pulau yang terletak di Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Provinsi Sulewasi Selatan, Banyaknya spot wisata disana, salah satunya pantai-pantai cantik yang akan membuat candu para traveller karena panorama biota laut yang menakjubkan dan keindahan nuansanya. Maka, tak salah jika Selayar di Taka bonerate ini dijadikan salah satu destinasi wisata yang cukup populer. Karena tak hanya panorama keindahan lautnya saja, tetapi ada pula Objek wisata budayanya yang tak kalah indahnya.

Untuk kalian para traveller yang sedang berlibur ke Sulawesi Selatan, beberapa destinasi wisata di Selayar yang wajib kalian kunjungi :

  • Taman Nasional Taka Bonerate
  • Pantai Baloiya
  • Pulau Lantigiang
  • Pulau Bahuluang

Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, merupakan salah satu Kawasan yang mempunyai terumbu karang yang luasnya mencapai 220.000 hektar, yang menjadikan Kawasan ketiga terbesar di dunia.

Pada tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate ini telah dicalonkan ke UNESCO menjadi Situs Warisan Dunia. Sekiranya ada lima belas pulau yang terdapat di Taman Nasional Taka Bonerate ini, sehingga sangat indah untuk kegiatan snorkeling dan wisata bahari lainnya. Topografi di Kawasan ini juga sangat menarik dan unik, yang dimana terdiri dari gugusan pulau gosong karang dan rataan terumbu karang luas yang tenggelam.

Di Taman Nasional Taka Bonerate tak hanya dikenal dengan keindahan bawah lautnya, tetapi juga kearifan lokal penduduk yang ada disekitar Kawasan Taman Nasional.

Untuk kalian yang ingin masuk ke Kawasan Taman Nasional ini, kalian wajib membayar tiket masuk yang relatif cukup murah, yaitu berkisar Rp 2.500,-(untuk wisatawan lokal) dan Rp 20.000,-(untuk WNA).

Pantai Baloiya


Pantai Baloiya yang terletak di Desa Patikarya, Kec Bontosikuyu, yang juga merupakan salah satu objek wisata di Kepulauan Selayar. Objek wisata ini yang juga menyerupai seperti Tanah Lot Bali, meskipun panorama keindahan di Pantai Baloiya menyerupai Tanah Lot, akan tetapi di pantai ini belum menyediakan fasilitas penunjang untuk pengunjung, karena di pantai ini masih sangat asri, maka masih belum dikelola oleh pemerintah daerah setempat.

Karena adanya pemandangan batu ditengah pantai yang dibagian atasnya ditumbuhi tanaman asoka yang juga berlatar belakang pemukiman penduduk nelayan pesisir tradisional, yang menjadi daya tarik yang eksotis luar biasa dibagian bibir Pantai Baloiya.

Sementara itu juga pasir pantainya putih selembut salju yang terhampar luas disepanjang pesisir Baloiya, memungkinkan untuk pengunjung yang berkunjung untuk dapat berjemur dan menikmati terik panas matahari, tak hanya itu para pengunjung juga dapat melakukan aktivitas snorkeling, swimming, dan sunbathing.

Untuk masuk ke Kawasan Pantai Baloiya ini, kalian wajib membayar tiket sebesar Rp 10.000,- pada saat weekday maupun weekend.

Pulau Lantigiang

Pulau Lantigiang merupakan salah satu pulau yang tak berpenghuni yang berada di Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 10 herktar dan pulau ini hanya berjarak sekitar 15menit dari Pulau Jinato.

Pulau Lantigiang ini mempunyai air laut yang sangat bersih dan jernih dengan paduan biru tua dan hijau tosca. Di pulau ini memang kosong dan tak berpenghuni, maka untuk kalian para traveler yang ingin berkemah di pulau ini persiapkan perlengkapan untuk berkemah. Di Pulau Lantigiang ini juga memiliki pasir pantai yang putih dan halus.

Banyak pula aktivitas wisata yang dapat kalian lakukan di Pulau Lantigiang ini seperti diving, namun tak hanya itu kalian juga dapat menikmati indahnya sunrise dan sunset.

Maka untuk kalian yang sedang berlibur ke Sulawesi Selatan wajib untuk mengunjungi Pulau Lantigiang ini, karena memang sangat cocok untuk kalian yang ingin menghilangkan penat karena pekerjaan dan membutuhkan suasana yang tenang dan nuansa yang masih asri.

Pulau Bahuluang

Kepulauan Selayar memang sudah terkenal sampai ke telinga wisatawan mancanegara akan pesona keindahan alamnya, namun tak hanya berhenti disitu saja masih banyak pula Objek wisata lainnya, salah satunya adalah Pulau Bahuluang.

Objek wisata ini juga merupakan bagian dari indahnya Objek wisata di Kepulauan Selayar. Di Pulau ini juga sama dengan keindahan di Pulau lainnya yang terdapat di Kawasan Selayar ini, yaitu keindahan pesona bawah lautnya.

Pulau Bahuluang ini juga merupakan patahan karang yang terbawa arus lalu membentuk daratan kecil di lautan. Di pulau ini juga tak kalah cantiknya dengan objek wisata yang ada di selayar. Namun, untuk fasilitas di pulau ini memang masih menjadi hambatan untuk kalian jika berlibur ke pulau ini.

Di pulau ini juga mempunyai keunikan yaitu selalu berubah bentuknya setiap musim, meskipun belum ada penjelasan pasti mengapa pulau ini selalu berubah bentuk pada setiap musim, namun warga setempat memperkirakan karena ombak laut dan angin laut yang menjadi penyebabnya. Dan warga penduduk setempat juga mempercayai bahwa fenomena ini disebabkan oleh penunggu pulau ini yaitu gurita raksasa.

You may also like

Leave a Comment