Wisata Edukasi Di Jakarta Yang Ramah Anak

by novput

Setelah menjalani rutinitas aktifitas pekerjaan, rasanya ingin sekali membawa keluarga serta anak-anak berekreasi ataupun hanya sekadar bermain di akhir pekan,akan tetapi musim liburan yang masih jauh membuat para orangtua tidak bisa mengajak anak-anaknya berlibur ke luar kota.

Bagi para orangtua yang tinggal di Jakarta tidak perlu khawatir lagi,karena di sekitaran Jakarta terdapat banyak pilihan wisata edukasi yang cocok untuk si kecil bermain. Berikut beberapa rekomendasi wisata edukasi di Jakarta yang tepat untuk berlibur di akhir pekan.

1.Kidzania

Kidzania merupakan salah satu wisata edukasi di Jakarta yang mengusung tema profesi. Disini anak-anak bisa memilih profesi yang mereka inginkan dan mereka jalani di masa depan. Para pengunjung bisa mengenakan kostum yang sesuai dengan profesi. Jangan takut anak-anak membuat kesalahan karena di setiap arena Kidzania akan didampingi oleh para professional.

image credit @psnovi

image credit @kidzaniajakarta

Di tempat wisata edukasi ini memiliki 4 tempat area utama seperti Airport, area ini diperuntukan untuk pintu masuk pesawat menuju ke Kidzania. Lalu yang kedua adalah pusat kota,disini terdapat berbagai macam aktifitas yang dilakukan. Area ketiga adalah area pinggiran yang terdapat berbagai macam pusat industri dengan berbagai macam jenis pabrik dan area yang terakhir adalah area balita,yang hanya boleh dimasuki oleh anak-anak berusia kurang dari 4 tahun.

Harga Tiket Masuk : Rp 50.000,- sampai Rp 250.000,-/org
Jam Buka : Weekday 09.00-16.00 WIB dan Weekend 09.00-20.00 WIB
Alamat : Sudirman Central Business District, Pacific Place Lt.6-601, Senayan Jakarta

2.Kebun Binatang Ragunan

Tempat wisata edukasi di Jakarta selanjutnya ada Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang ini adalah salah satu kebun binatang yang cukup popular di Indonesia. Cukup banyak wisatawan yang datang kesini,tidak hanya pengunjung lokal saja tetapi ada juga wisatawan dari luar kota maupun mancanegara yang datang berkunjung untuk melihat berbagai macam satwa

image credit @yfprnm

Tidak hanya belajar tentang satwa,para pengunjung juga bisa belajar tentang ciri-ciri hewan carnivora,omnivora dan herbivora. Serta belajar tentang flora yang ada di tempat ini.

Harga Tiket : Rp 3.000,- sampai Rp 4.000,-/org
Jam Buka : 07.00 – 16.00 WIB
Alamat : Jl.Harsono No.1 Ps.Minggu Ragunan

3. Planetarium

Tempat wisata edukasi di Jakarta yang ketiga adalah Planetarium. Planetarium adalah sebuah tempat bermain sambil belajar tentang benda-benda yang ada di langit.

Anak-anak bisa belajar tentang apa itu tata surya,planet,asteroid,bulan,matahari dan angkasa dan para pengunjung bisa menikmati pertunjukan teater bintang. Tujuan dibuatnya Planetarium ini adalah sebagai pusat pengetahuan masyarakat, untuk meningkatkan kualitas SDM dan sebagai layanan Pendidikan.

Harga Tiket Masuk : Rp 7.000,- sampai Rp 12.000,-/org
Jam Buka : 08.00-16.00
Alamat : Jl.Cikini Raya No.73 Cikini, Menteng Jakarta pusat

4.Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium merupakan aquarium indoor terbesar di Indonesia,dibawah naungan Taman Safari Indonesia dan bekerja sama dengan Aquaria KLCC Malaysia. Jakarta Aquarium ini terletak di atas lahan seluas 1hektare yang berada di Kawasan Neo Soho Mall.

Di Aquarium Jakarta ini para pengunjung dapat melihat berbagai macam hewan air maupun darat yang jumlahnya spesies. Jakarta Aquarium merupakan sebuah inovasi yang menggabungkan objek wisata edukatif serta pusat perbelanjaan. Aquarium ini memiliki 12 zona atraksi selain itu pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan 2000 satwa dari 600 satwa endemic Indonesia.

Harga Tiket Masuk : Rp 115.000,- sampai Rp 225.000,-/org
Jam Buka : 10.00-12.00 WIB
Alamat : Neo Soho Mall Lt.LG101-LGM101

5.Bricks 4 Kidz

Wisata Edukasi di Jakarta yang terakhir adalah Bricks 4 Kidz. Bricks 4 kidz ini merupakan tempat bermain sambil belajar. Disini para pengunjung anak-anak bisa bermain lego dan menyusunnya sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Lego sangat bagus untuk melatih kecerdasan otak anak. Dengan bermain lego,otak akan terangsang dan gerak motoric,kepekaan dan ketelitian juga akan terlatih.

Anak-anak juga bisa menemukan teman baru,pengalaman baru yang tentunya dibantu dengan bimbingan para mentor yang bertugas menjaga disana.

Harga Tiket Masuk : Rp 80.000,- sampai Rp 200.000,-/org
Jam Buka : Senin-Sabtu 09.00-18.00 WIB
Alamat :  Jl.Benda Raya No.5, Kemang – Jakarta Selatan 12560, Indonesia / Ruko
Galeri Niaga Mediterania II Jl. Pantai Indah Utara 2 Blok J, No. 8B Jakarta
Utara 14460

You may also like

Leave a Comment