Wisata Keren di Sleman

by novput

Sleman merupakan sebuah salah satu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, di Kabupaten Sleman ini juga memiliki daya tarik tersendiri akan panorama keindahan alam yang dimilikinya. Tak hanya akan kekayaan dan keindahan alamnya saja yang disajikan, bahkan juga berhasil untuk menarik perhatian parawisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Dan tak hanya itu, di Kabupaten Sleman juga menawarkan berbagai destinasi wisata, mulai dari wisata alam atau pun wisata budaya yang menarik dan tak boleh terlewatkan.

Tempat wisata di Kabupaten Sleman terbilang keren dan menarik perhatian parawisatawan. Berikut ada beberapa spot destinasi wisata keren yang ada di Sleman yang pastinya kalian akan terpana dan membuat liburan kalian menyenangkan.

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas wisata ketika kalian berlibur di Sleman, Yogyakarta. Lava Tour Merapi yaitu istilah untuk tour wisata di Kawasan yang terdampak erupsi di Gunung Merapi pada tahun 2010. Tour yang dimaksud saat ini yaitu tour dengan menggunakan mobil jenis jeep. Kegiatan tour meliputi kunjungan ke titik yang terkena dampak langsung erupsi dari Gunung Merapi.Lava Tour Merapi merupakan alternatif liburan yang lain dari liburan biasanya, tempat wisata ini dapat memacu adrenaline kalian.

image credit @ruddy_arka

Wisata Lava Tour Merapi dilaksanakan jasa pemandu dari komunitas jeep, ada banyak komunitas di lereng Gunung Merapi yang bisa kalian pilih. Jeep yang digunakan juga banyak bermacam-macam pilihan , ada Land Cruiser, Willys, Land Rover, hingga Hardtop. Dan rata-rata jeep dapat menampung hingga 4 orang penumpang orang dewasa.

Lokasi wisata Lava Tour Merapi berada di Kawasan Kaliurang, Kalikuning, Daerah Istimewa Yogyakarta. Fasilitas yang ada di Lava Tour Merapi juga sudah lengkap. Ada Toilet, area parkir, hingga Mushola dan Masjid dapat kalian temukan disini, ada juga warung-warung jajanan makanan maupun souvenir pun ada disini.

The Lost World Castle

Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, dan masih banyak lainnya. Wisata yang unik kalian juga bisa temui disini. Salah satunya yaitu The Lost World Castle, yang saat ini sedang populer dan digandrungi kawula muda. Untuk letak tempat wisata ini memang cukup jauh dari pusat kota dan terletak di Kawasan lereng Gunung Merapi. Untuk lokasi tepatnya di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Jawa Tengah, jaraknya ± 29km dari pusat kota.

Kawasan wisata ini didirikan untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata edukasi untuk parawisatawan yang berkunjung. Wisata The Lost World Castle memanfaatkan batu dari sisa erupsi Gunung Merapi beberapa waktu lalu sebagai bahan baku pembangunan. Walaupun tempat wisata ini tergolong berada dalam Kawasan rawan bencana, tetapi tidak mengurangi popularitas dari tempat wisata ini.

image credit @ikairmawatis

Salah satu yang menjadi daya tarik The Lost World Castle yaitu spot foto keren yang dapat memanjakan mata dan tak bisa menahan untuk mengabadikan moment liburan disana. Disini pemandangan alam lereng Merapi yang asri alami diberi sentuhan modern yang keren yang dapat membuat paduan spot wisata yang ikonik.

Untuk lokasi wisata ini, kalian dapat mengunjungi setiap harinya pada pukul 06:00-18:00 WIB, dan untuk biaya tiket masuk wisata The Lost World Castle, sebesar Rp 30.000,-/orang dan biaya parkir Rp 5.000,-/motor.

Di Kawasan wisata ini juga sudah tersedia fasilitas yang lengkap, seperti Mushola, area parkir, tempat makan, kamar mandi, toilet, serta ada penginapan dengan biaya yang terjangkau.

Merapi Park

Merapi Park merupakan salah satu tempat wisata yang dihadirkan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Taman bermain dengan taman yang tertata rapi dan terkesan sejuk, sangat cocok untuk kalian habiskan bersama keluarga ataupun sahabat tersayang. Taman bunga dengan bangku Panjang menjadi paduan yang sempurna untuk bercengkrama lepas tanpa terganggu dengan bisingnya lalu Lalang kendaraan. Wisata Merapi Park ini lokasinya terletak di bawah kaki Gunung Merapi kaliurang yang sejuk dengan panorama kaki gunung dan spot foto yang cantik dan menarik .

image credit @tikasutanti2

Di tempat wisata ini juga sudah disediakan bangku Panjang, gazebo, dan juga taman Bunga yang cantik dan indah, dan juga landmark yang terkenal seperti, Big Ben London, Pagoda, Kincir Angin Belanda, Menara Pisa, dan Menara Eiffel. Untuk kalian yang ingin berkunjung ke wisata Merapi Park ini, kalian bisa berkunjung pada saat sore hari karena cuacanya tidak terlalu panas, walaupun di Merapi Park ini berhawa sejuk tetapi tidak ada pepohonan yang rindang di spot landmark tersebut.

Untuk masuk dan menikmati wisata di Kawasan Merapi Park ini, kalian wajib membeli tiket masuk terlebih dahulu, untuk harga tiketnya kalian cukup membayar Rp 15.000,-/org dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000,-/kendaraan. Lokasi tepatnya wisata Merapi Park ini berada di Jalan Kaliurang km 25, Pakembinangun, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyarkarta.

Candi Ijo

Candi Ijo yaitu candi terletak paling tinggi di Yogyakarta dan menyuguhkan pesona alam serta budaya. Candi Ijo inilah yang membuat landasan Bandara Adisutjipto. Candi Ijo ini mulai dibangun pada saat abad ke-9, dan di sebuah bukit yang dikenal dengan Gumuk Ijo atau Bukit Hijau yang memiliki ketinggian sekitar 410 m diatas permukaan laut. Karena ketinggiannya, maka bukan hanya bangunan candi saja yang bisa dinikmati parawisatawan tetapi kalian juga dapat menikmati pemandangan alam dibawahnya yang berupa teras-teras seperti di daerah pertanian dengan kemiringan yang curam. Meski bukan daerah yang subur, tetapi pemandangan alam disekitar Candi Ijo sangat indah untuk dinikmati.

image credit @elishaorcarus

Lokasi wisata Candi Ijo ini berada di Yogyakarta, tepatnya berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Desa Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi Ijo ini berada sekitar 18 km jauhnya dari Kota Yogyakarta.

Untuk harga tiket masuk wisata Candi Ijo ini, sangat terjangkau kalian hanya membeli tiket masuk sebesar Rp 5.000,-/org dan Rp 10.000,-/org (untuk wisatawan asing) untuk biaya parkir kalian cukup membayar Rp 2.000,-/kendaraan motor. Dan untuk jam operasional wisata Candi Ijo ini dibuka setiap harinya mulai pukul 06:00 s/d pukul 17:30 WIB, disini juga kalian bisa sekalian menikmati sunset dari ketinggian.

You may also like

Leave a Comment