Wisata Menakjubkan Di Pulau Nias!!

by novput

Pulau Nias merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Sumatra, Indonesia dan berada dalam wilayah Provinsi Sumatra Utara. Pulau yangi merupakan pulau terbesar di antara gugusan pulau di pantai barat Sumatra, yang mayoritasnya dihuni oleh suku Nias. Di daerah ini memiliki objek wisata yang menarik, seperti rumah tradisional, berselancar, penyelaman, dan hombo batu (lompat batu).

Tak hanya keindahan panorama tradisi, kebudayaan, dan juga alamnya saja. Tetapi di Pulau Nias ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat wisatawan tertarik untuk menjelajahi beragam tempat wisata di Pulau Nias, dan ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Pulau Nias yang wajib kalian kunjungi ketika sedang berlibur di Pulau Nias.

  • Pulau Hinako
  • Pantai Tureloto
  • Pantai Gawu Soyo
  • Desa Bawomataluo

Pulau Hinako

Pulau Hinako merupakan salah lokasi yang banyak diburu oleh parawisatawan yang berada di Pulau Nias. Diantara banyaknya pulau di Pulau Nias, pulau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini, dan memiliki ombak yang besar dengan ketinggian 4-7 meter dan panjang hingga 200 meter yang membuat banyaknya turis mancanegara menjadikan tempat utamanya yang gemar surfing dan berkunjung ke pulau ini untuk dapat menikmati sensasi surfing. Kepulauan yang berada di Pulau Nias ini juga sering disebut Pulau terbesar yang sering dijadikan tempat utama untuk surfing, diving, dan snorkeling karena laut di pulau ini memiliki air yang sangat jernih dengan warna turquoise yang indah serta keindahan alam bawah lautnya yang sangat menakjubkan dengan bermacam terumbu karang serta biota laut.

Pulau Tureloto

Pantai Tureloto yang berada di Desa Balefadorotuho Kec Lahewa Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara. Pantai yang mempunyai pemandangan yang indah dan air pantai yang mempunyai kadar garam yang lumayan tinggi dan bisa membuat parawisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa mengapung diatas air tanpa harus berenang. Dan kelebihan lainnya yang ada di pantai ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan ikan dan gugusan karang indah dibawah laut. Di Pantai Tureloto ini memiliki air laut yang cukup tenang tanpa adanya ombak, dan juga banyak terdapat gugusan karang yang beragam yang ukurannya seperti otak, karena air lautnya yang sangat jernih yang dapat membuat ikan-ikan kecil di karang pun bisa langsung terlihat dengan jelas. Dan biasanya Pantai Tureloto ini akan ramai dikunjungi pada bulan Febuari hingga bulan September, karena air laut yang tenang dan pancaran sinar matahari yang tak begitu terik namun tetap bersinar dengan indah.

Pantai Gawu Soyo

Pink Beach yaitu sebuah pantai yang mempunyai keunikan karena pasirnya yang berwana pink dan terletak di Pulau Komodo menjadi salah satu pantai yang dapat menarik perhatian wisatawan. Namun, pantai yang mempunyai keunikan karena pasir pantainya yang berwarna pink atau merah ini juga dapat kalian temukan di salah satu pantai di Pulau Nias, Sumatera Utara. Yaitu Pantai Gawu SowoYang jaraknya sekitar 80 kilometer dari pusat kota, pantai ini masih terjaga keasriannya karena masih jarang wisatawan yang berkunjung ke Pantai Gawu Sowo ini. Pantai pasir merah ini konon, warna pink di pantai tersebut ditimbulkan berasal dari ular haria (ular naga versi masyarakat nias) yang di bunuh oleh Satria Laomomaru di Goa ular yang lokasinya berada di 8 kilometer dari Gawu Soyo, dan darah ular tersebut tumpah hingga ke Desa Ombolata Afulu dan abadi hingga saat ini. Tetapi siapa sangka dengan adanya cerita tersebut yang di percayai oleh warga setempat, di pantai ini mempunyai nuansa khas yang berbeda dengan jauhnya dari keramaian perkotaan dan keadaan kebisingan. Maka pantai ini sangat cocok untuk sedikit bisa meriklekskan pikiran. Dan jika pengunjung yang berkunjung ke pantai ini, sesampainya disana pengunjung akan disuguhkan dengan panorama indah yang ada di pantai ini. Untuk tiket masuknya tidak dikenakan biaya alias gratis, dan jam buka pantai ini dibuka selama 24 jam.

Desa Bawomataluo

Desa Bawomataluo yang terletak di Kecamatan Fanamaya, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Desa ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi jika sedang berkunjung ke Pulau Nias. Desa adat ini sangat terkenal seantero Sumatera Utara ini, dan desa adat ini berada diatas bukit yang telah ada sejak berabad-abad lalu hingga saat ini masih terpelihara dengan baik. Desa Bawomataluo ini merupakan pusat desa adat yang tersebar di Nias, dan desa ini sudah diperkirakan ada sejak abad ke-18 dan berada diketinggian 270 meter diatas permukaan laut. Jika wisatawan berkunjung ke desa ini, pengunjung akan disambut dengan tangga beton yang menyerupai punden berundak-undak, dan pada bagian tengah kompleks terdapat halaman yang terbuat dari susunan batu yang digunakan sebagai pelaksanaan upacara adat ataupun ritual. Di desa ini juga terdapat sebuah rumah kepala suku yang berarsitektur unik dan dan megah meski tradisional. Didesa ini juga terdapat beberapa jenis peninggalan tradisi megalitik, selain itu juga di Desa Bawomataluo ini juga terdapat meja batu berbentuk bulat yang ditopang oleh empat buah tiang batu berbentuk pilar dengan tinggi 134 cm dan diameter 120 cm, tak lupa dengan beberapa peninggalan lainnya yang terkenal seperti Batu Nitaruo Niwoli-woli dan batu segi empat pipih polos yang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di Desa Bawomataluo juga merupakan tempat lahirnya para pelompat dari Nias yang sangat populer, tradisi lompat batu atau warga lokal disana menyebutnya dengan Fahombo Batu, yang dilakukan oleh pemuda disana untuk menunjukkan bahwa pemuda tersebut sudah dianggap dewasa dan matang secara fisik.

You may also like

Leave a Comment